Syarat perceraian Kristen berbeda dengan syarat perceraian untuk umat muslim. Perceraian non muslim, dalam hal ini termasuk Kristen diproses di Pengadilan Negeri. Oleh karena itu, umat kristiani yang ingin bercerai harus datang ke kantor Pengadilan Negeri setempat.

Perceraian tidak hanya menyangkut masalah hubungan pasangan suami istri, tetapi juga masuk ke dalam ranah hukum. Perceraian difasilitasi oleh negara lewat Pengadilan Negeri, dan bagi umat muslim lewat pengadilan Agama.

Pasangan yang pisah ranjang, atau tidak tinggal bersama, belum sah dikatakan bercerai jika surat cerainya tidak ada. Jika akta cerai sudah terbit, maka pasangan yang sudah bercerai tersebut bisa kawin dengan orang lain, tanpa melanggar hukum.

Syarat Perceraian Kristen yang Harus Dipenuhi

Ketika Anda melakukan gugatan cerai ke Pengadilan Negeri, akan diminta beberapa dokumen yang menjadi syarat perceraian tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut syarat mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Negeri.

1. KTP Penggugat

Bagi Anda yang belum tahu cara mengurus perceraian Kristen, sebaiknya pelajari terlebih dahulu ketentuannya. Sehingga Anda tidak bingung saat melakukan gugatan dan bisa menyiapkan seluruh dokumen dengan cepat.

KTP merupakan dokumen yang harus Anda siapkan. Dalam hal ini, Anda sebagai pihak penggugat harus melampirkan foto copy KTP. KTP tersebut diperlukan untuk identifikasi identitas. 

2. Buku Nikah Asli dan Foto Copy Buku Nikah

Selain KTP, buku nikah juga menjadi salah satu syarat perceraian agama Kristen. Buku nikah ini, harus dibawa yang asli beserta foto copy nya. Di dalam buku nikah terdapat data – data yang diperlukan pihak pengadilan. 

Dalam hal ini, buku nikah yang diperlukan adalah miliki pihak penggugat. Jika Anda sebagai penggugat, maka buku nikah asli dan fotocopynya perlu dilampirkan. 

3. Kartu Keluarga 

Dokumen selanjutnya yang dibutuhkan pada gugatan perceraian dalam Kristen adalah Kartu Keluarga. Foto copy kartu keluarga terbaru harus dibawa saat melakukan gugatan, karena dibutuhkan untuk konfirmasi data.

Jika sudah memiliki anak, maka fotocopy akta kelahiran anak juga perlu dilampirkan. Hal ini sangat penting, terutama jika Anda ingin memperjuangkan hak asuh anak nantinya.

4. Materai

Materai juga menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi. Perceraian dalam Katolik juga membutuhkan materia, karena materai ini nantinya dilampirkan pada surat gugatan, fotocopy surat nikah, dan dokumen lain.

Jumlah materai yang dibutuhkan tergantung pada jumlah dokumen terkait pada proses gugatan perceraian tersebut. 

5. Surat Izin Cerai Bagi PNS

Bagi PNS yang ingin mengajukan gugatan cerai ke pengadilan, masih ada syarat perceraian Kristen yang harus dipenuhi, yakni surat Izin cerai dari atasan. Surat ini dibutuhkan karena para PNS merupakan pejabat negara, sehingga tidak bisa semena – mena bercerai.

Nantinya ada beberapa dokumen lain yang harus dipersiapkan, bagi PNS yang ingin bercerai. Sebaiknya Anda simak contoh surat gugatan cerai agama Kristen agar, tahu dokumen penting apa yang harus dilampirkan saat melakukan gugatan. 

6. Surat Gugatan Cerai

Surat Gugatan cerai ini didapatkan di Pengadilan Negeri. Ketika Anda membuat gugatan, maka diberikan form surat gugatan yang harus Anda isi. Saat ini proses gugatan cerai sudah bisa dilakukan secara online, jadi Anda bisa mendownload form surat gugatan tersebut.

Di internet Anda bisa melihat contoh akta cerai Kristen beserta contoh dokumen yang perlu dipersiapkan. Bagi kebanyakan orang, perceraian merupakan hal baru, sehingga perlu melihat contoh – contoh suratnya serta bagaimana proses perceraian tersebut. 

Apakah Perceraian Butuh Pengacara?

Perceraian bukan lah hal yang diinginkan setiap orang dalam perkawinan, namun hal ini terkadang tidak bisa dielakkan. Oleh karena itu, banyak yang mencari tahu tentang syarat perceraiannya.

Pada beberapa kasus, perceraian kerap kali melibatkan pengacara atau kuasa hukum. Sebenarnya pasangan bisa secara mandiri melakukan perceraian di pengadilan, tetapi kebanyakan kasus perceraian disertai dengan perselisihan antar pasangan.

Pengacara dibutuhkan agar putusan hakim tidak merugikan salah satu pihak. Tentu jika menggunakan pengacara, biaya perceraian agama Kristen jadi bertambah. Hanya saja, beberapa orang memang membutuhkan bantuan pengacara.

Kehadiran pengacara bisa memastikan hak Anda sebagai penggugat atau tergugat akan terpenuhi. Dalam hal pembagian harta misalnya, pengacara bisa membuat posisi Anda semakin kuat untuk mendapatkan bagian yang layak.

Tentu perlu tidaknya kehadiran pengacara ini tergantung pada keputusan setiap pasangan. Jika Anda terlalu sibuk atau kurang paham terkait syarat perceraian Kristen, sebaiknya gunakan pengacara agar prosesnya jadi lebih mudah.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.