Syarat Pengambilan Akta Cerai

Banyak orang yang masih mempertanyakan, untuk apa akta cerai tersebut? Karena pada dasarnya akta cerai merupakan salah satu akta sebagai bukti jika sudah bercerai. Anda bisa mendapatkan akta cerai ini di pengadilan agama sekitar. Salah satunya adanya penerbitan dan perlindungan terhadap status pernikahan yang telah diputuskan bercerai dari pihak istri maupun suami. 

Dalam hal ini, pasti dikeluarkan akta cerai sebagai bukti hukum yang sangat sah untuk membuktikan bahwa keduanya telah sepakat untuk bercerai. Tetapi ada satu permasalahan pada praktik penyerahan dan pengambilan akta cerai seperti belum terbitnya akta cerai. Untuk hal ini, biasanya akan diberikan beberapa syarat pengambilan akta cerai. 

Kesulitan lain yang terjadi adalah, saat salah satu pihak sedang berada di luar daerah untuk mendapatkan informasi dan pengajuan permohonan bantuan dari pengadilan lain mengenai masalah akta cerai ini. Hal itu dapat ditangani melalui aplikasi elektronik akta cerai yang dapat membantu untuk mendapatkan informasi mengenai akta tersebut. 

Mengenal Elektronik Akta Cerai

Elektronik akta cerai merupakan suatu aplikasi berbasis webiste yang mempunyai fungsi untuk menampilkan menu pelayanan dan pengecekan status penerbitan, bantuan pengiriman dan validasi akta cerai. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan user interface yang dapat menjadikan website ini lebih dinamis sehingga dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. 

Ada beberapa menu yang terdapat pada website elektronik akta cerai ini yang terdiri dari pengecekan akta cerai, validasi akta cerai dan permohonan bantuan pengiriman akta cerai. Untuk mengakses website ini, tentunya dibutuhkan koneksi internet dan mengetikan alamat pada situs aplikasi elektronik akta cerai tersebut. 

Ada beberapa menu yang dapat diakses pada website tersebut. Beberapa menu diantaranya, menu pelayanan dan akses aplikasi e-TaRa, menu pengecekan akta cerai ini dibuat bagi pihak yang ingin mengetahui kepastian akta cerai. Menu validasi akta cerai untuk mencocokkan nomor akta cerai dan nomor seri akta cerai yang telah diterima oleh pihak yang benar, dan menu permohonan bantuan pengambilan akta cerai. dengan adanya aplikasi berbasis online tentang elektronik cerai, maka dapat memudahkan masyarakat untuk mengambil surat kuasa pengambilan akta cerai.

Selain itu, jika ingin mengambil akta cerai pada pengadilan, maka dibutuhkan beberapa syarat pengambilan akta cerai yang wajib untuk dibawa.

Sebagai catatan penggunaan e-TaRa hanya dapat dilakukan di website resmi Pengadilan Agama Purwodadi, sehingga untuk akses penggunaan e-TaRa belum tersedia di seluruh Pengadilan Agama Indonesia.

Syarat Pengambilan Akta Cerai

Untuk dapat mengambil akta cerai pada pengadilan agama, kamu perlu membawa beberapa persyaratan yang telah ditetapkan.

  1. Menyerahkan nomor perkara yang sudah diterima pada pihak berwenang,
  2. Menyerahkan KTP asli serta fotokopi KTP
  3. Membayar biaya PNBP atau penerimaan negara bukan pajak sebesar Rp10.000

Cukup mudah untuk mendapatkan akta cerai dan akan diterbitkan jika telah mengajukan beberapa syarat pengambilan akta cerai tersebut.

Baca Juga Artikel Lainnya:


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.