Penting bagi Anda untuk mengetahui seluk beluk mengenai surat talak cerai agar tidak melakukan kesalahan dalam proses pembuatannya. Seperti kita ketahui surat ini tidak hanya memiliki nilai di mata hukum tetapi juga dari segi agama. Akan sangat berbahaya apabila proses pembuatannya itu secara asal saja. 

Jadi penting bagi Anda untuk mengetahui seluk beluk di dalamnya karena surat ini akan diperlukan bagi pasangan yang ingin bercerai. Perceraian sendiri terjadi karena beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Jadi sebelum keluarnya putusan cerai maka kedua belah pihak akan melakukan mediasi di mana jika tidak menemukan jalan keluar maka baru mengambil jalan cerai. 

Jadi baik Anda yang bekerja di bidang hukum maupun pasangan yang sudah menikah wajib mengetahui mengenai surat talak. Karena ketika melakukan kesalahan bisa memberikan efek terhadap hasil akhir putusan yang didapatkan. 

Apa Itu Talak?

Sebelum Anda mencari informasi mengenai surat talak maka wajib mengetahui apa itu talak dalam Islam. Apalagi kata yang satu ini sudah tidak asing tetapi masih banyak orang yang tidak mengetahui arti dari kata tersebut. Talak sendiri merupakan salah satu bentuk pemutusan ikatan perkawinan karena beberapa hal yang mengakibatkan pasangan tersebut tidak bisa melanjutkan kehidupan rumah tangga. 

Talak yang diakui secara hukum negara adalah ketika diucapkan oleh suami di pengadilan agama. Apabila talak yang dilakukan di luar pengadilan maka hukumnya sah secara agama tetapi tidak untuk hukum negara. Jadi pasangan tersebut tidak memiliki ikatan pernikahan lagi tetapi belum memiliki putusan hukum. 

Jadi jika ingin sah dimata negara maka salah satu berkas yang harus dilengkapi adalah surat pernyataan talak. Banyak juga yang bertanya apakah proses penjatuhan talak ini harus berurutan yaitu dimulai dari talak 1 kemudian 2 dan 3. Karena ada banyak juga orang bertanya apakah tidak boleh langsung memberikan talak 3. 

Namun berdasarkan beberapa hadits menunjukkan bahwa ketika seseorang langsung menjatuhkan talak 3 maka sebenarnya hal tersebut tergesa-gesa dan tidak sesuai dengan aturan Islam di mana harus menjatuhkan 2 kali talak dan melakukan 2 kali rujuk.

Jenis-Jenis Talak

Sebenarnya talak ini terdiri dari beberapa jenis yaitu talak satu, dua, dan tiga.  Pastinya terdapat juga cara rujuk talak 1 apabila Anda sudah mengucapkannya. Jadi apabila Anda telah mengucapkan talak 1 dan talak 2 sebenarnya memiliki kesempatan untuk rujuk kembali tetapi dengan cara tertentu. Cara rujuknya juga sangat sederhana sehingga tidak perlu menikah seperti di awal.

Karena hanya perlu mengucapkan kata “saya kembali kepada kamu” dan disaksikan oleh dua orang saksi maka pasangan ini masih bisa melanjutkan pernikahan mereka. Namun ketika suami menjatuhkan talak tiga maka perempuan tersebut tidak halal lagi baginya sehingga sudah bercerai. 

Bahkan perempuan tersebut tidak halal lagi bagi laki-laki tersebut sebelum perempuan itu menikah dengan laki-laki lain. Tentunya untuk cara rujuk talak 2 sama seperti talak 1. Jadi apabila Anda telah menjatuhkan talak tiga kepada istri maka proses selanjutnya tidak semudah seperti talak 1 dan 2. 

Apa Itu Surat Talak?

Surat permohonan cerai talak merupakan salah satu pernyataan tertulis dari pihak suami yang diberikan ketika mengajukan tuntutan ke pengadilan agama pada saat bercerai dengan istrinya. Jadi ketika suami mengajukan surat ini maka akan berlaku sebagai pemohon atau penggugat sedangkan istri akan menjadi termohon atau tergugat. 

Jadi sudah pasti surat ini merupakan salah satu berkas penting ketika melakukan pengajuan gugatan cerai. Apalagi nantinya ketika sudah mengajukan surat talak cerai ini maka pengadilan agama akan memproses penyelesaian perkara tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Baik secara hukum negara maupun hukum agama.

Cara Membuat Surat Talak

Apabila Anda ingin cerai talak tiga sekaligus dan mau membuat surat ini maka berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sehingga bisa membuat surat talak yang tepat. Apalagi di dalam surat ini terkandung beberapa poin penting sehingga tidak boleh melakukan kesalahan sekecil apapun itu. 

Selain itu surat permohonan ini sebenarnya bisa diubah sesuai dengan kebutuhan asal tidak merubah bagian posita dan petitum. Bahkan jika memang harus ada perubahan maka harus atas persetujuan dari termohon. Jadi berikut beberapa hal yang harus terkandung di dalam surat ini yaitu:

  1. Nama surat
  2. Identitas pihak pertama yaitu suami dan kedua yaitu istri
  3. Isi surat pernyataan cerai talak
  4. Terdapat posita atau fakta kejadian dan fakta hukum
  5. Terdapat petitum yaitu hal-hal tuntutan berdasarkan dengan posita
  6. Bagian penutup
  7. Saksi-saksi
  8. Tanda tangan yang sah di atas materai

Oleh sebab itu semua poin ini harus dilengkapi pada surat talak cerai Anda. Jadi apabila ada poin yang berkurang atau tidak ada maka sudah pasti surat tersebut tidak sah. Namun jika Anda telah menjatuhkan talak 1 dan cara rujuknya maka surat ini tidak diperlukan kecuali Anda telah menjatuhkan talak tiga. 

Cara Mengajukan Gugatan Cerai

Ketika apabila Anda bertanya mengenai hukum talak tiga dalam keadaan marah maka di mata agama sudah sah Anda bercerai walaupun pada saat menjatuhkan talak tersebut tidak ada saksi yang melihatnya. Bahkan mayoritas dari ulama 4 mazhab sepakat mengatakan bahwa hukumnya juga sah.

Apabila Anda sudah melakukan hal ini maka harus tahu bagaimana cara mengajukan gugatan cerai. Jadi pertama Anda harus mengajukan permohonan atau gugatan ke pengadilan agama. Jadi pengadilan agama yang harus Anda tuju adalah di bawah wilayah tempat tinggal istri. 

Apabila istri telah meninggalkan kediaman tersebut tanpa adanya izin suami maka permohonan harus dilakukan di pengadilan agama yang daerah hukumnya berada di kediaman suami. Nantinya kedua belah pihak bisa didampingi oleh pengacara yang berfungsi untuk mengurus perkara tersebut. 

Kemudian baik pemohon maupun termohon akan dipanggil oleh pihak pengadilan agama untuk menghadiri sidang. Pada tahap pertama hakim akan mencoba mendamaikan kedua belah pihak secara pribadi. Apabila tidak berhasil maka akan melakukan mediasi, apabila tidak berhasil juga maka hakim akan melanjutkan perkara dengan membacakan surat permohonan talak tersebut. 

Karena itulah ketika membuat surat ini tidak boleh melakukan kesalahan sekecil apapun. Apalagi ketika ingin mengajukan permohonan cerai ini maka baik suami maupun istri harus melakukan pertimbangan yang matang. Kecuali jika telah memberikan talak 1 di mana hukum talak 1 dan cara rujuknya jauh lebih mudah 

Oleh sebab itu inilah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai surat ini, jadi apabila Anda tidak mampu membuatnya maka bisa mencontoh surat talak cerai yang banyak tersedia di internet atau bisa menyerahkannya kepada pihak yang ahli yaitu pengacara Anda.

Mengurus Surat Gugatan Cerai Secara Online di Justika

Membuat surat gugatan cerai membutuhkan fokus dan waktu yang tidak mudah terutama ketika tengah menghadapi permasalahan perceraian. Untuk itu, ada baiknya anda menggunakan layanan hukum yang menyediakan jasa permohonan pembuatan surat gugatan cerai, salah satunya melalui Justika.

Dengan menggunakan layanan pembuatan surat gugatan cerai melalui Justika, Anda akan dituntun menyampaikan alasan perceraian disertai dasar hukum agar dapat memberikan gambaran kepada hakim.

Empat langkah mudah menggunakan layanan pembuatan surat gugatan cerai di Justika sebagai berikut:

  1. Buka layanan Pembuatan Surat Gugatan Cerai dari web brower Anda
  2. Klik tombol “Pesan Dokumen”
  3. Anda akan diarahkan menuju Whatsapp dan Admin kami akan membantu Anda untuk proses selanjutnya
  4. Setelah proses administrasi selesai, Mitra Advokat Justika akan mulai membantu pembuatan surat gugatan cerai Anda

Konsultasikan Dahulu Jika Belum Yakin

Saat membahas mengenai perceraian, seringkali orang yang mengajukan terlalu tersulut emosinya sehingga tidak mampu berpikir dengan jernih. Untuk itu, disarankan bagi anda yang masih ragu terkait mengurus masalah perceraian agar berkonsultasi dahulu dengan konsultan hukum terpercaya.

Anda dapat berkonsultasi di Justika dengan mudah dan terjangkau menggunakan layanan Konsultasi via Chat. Di sana Anda dapat menjelaskan dahulu detail permasalahan Anda dan konsultan hukum terpercaya akan memberi saran dan pendapat hukum untuk membantu penyelesaiannya.

Dengan begitu, Anda akan mendapat gambaran apakah perceraian itu diperlukan atau masih ada langkah lain yang dapat dilakukan.

Nah, itulah cara mengurus surat cerai yang harus Anda ketahui untuk melancarkan semua prosesnya. Akan tetapi saran kami adalah carilah jalan lain untuk berdamai khususnya Anda yang masih memiliki anak kecil. Akan tetapi, jika perceraian sudah menjadi jalan paling akhir, kami doakan semoga seluruh proses yang dilalui dapat berjalan dengan lancar.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.