Lagi mengurus surat kuasa pengambilan akta cerai ini harus lalui berbagai cara dan pastikan biayanya juga masuk akal sehingga lebih baik Anda ketahui sejak awal. Namun, soal mengurus dan mengambil akta cerai meskipun diwakilkan tidak akan sulit selama tau prosesnya.

Saat ini, Anda mungkin sedang berusaha untuk mengetahui bagaimana menulis surat kuasa dan cara mengambil akta cerai setelah proses sidang telah selesai. Namun, jangan lupa juga bahwa ini memakan waktu dan jangan sampai ketika sudah datang, tetapi kecepatan.

Bagi para majelis hakim, setelah proses persidangan selesai tidak berarti perceraian berakhir begitu saja. Masih ada beberapa berkas yang harus diperiksa lagi untuk akhirnya tahu akhir gugatan, tuntutan, dan bagaimana penyelesaian yang harus dilakukan kedua belah pihak.

Surat kuasa pengambilan ini sendiri bertujuan agar Anda tidak perlu hadir ke kantor agama langsung, melainkan bisa diwakilkan. Tetapi jangan lupa juga untuk memesan perwakilan Anda itu membawa dokumen yang diperlukan, serta biaya yang telah ditetapkan 

Cara Pengambilan Setelah Ada Surat Kuasa Pengambilan Akta Cerai

Jika Anda terpaksa harus diwakilkan oleh kerabat, maupun advokat yang menangani masalah perceraian sebelumnya karena satu dua hal, ini tetap saja bisa. Tetapi, yang paling penting di sini adalah menulis berdasarkan contoh surat kuasa pengambilan akta cerai yang ada.

Karena, para hakim pasti tidak akan mengingat siapa Anda. Maka dari itu, tulis surat kuasa dan tanda tangani, otomatis segala hal lainnya akan dilakukan langsung oleh pihak perwakilan. Namun, bagaimana cara agar mereka bisa mengambil akta cerai tersebut?

1. Jika Menggunakan Keluarga

Cara menentukan pengambilan akta cerai juga berdasarkan hubungan perwakilan dengan orang yang bercerai. Sebelu cara menceraikan istri nikah siri, pasti ada saja yang tahu sehingga mereka yang bertugas untuk datang ke kantor agama.

Mereka harus membawakan kartu keluarga sebagai bukti kekerabatan dan jangan lupakan identitas pribadi agar dan surat kuasa untuk mengambil akta cerai yang sudah pihak perwakilan dan yang diwakilkan tanda tangani sebelumnya di atas materai.

2. Jika menggunakan Jasa Layanan pengacara

Jika menggunakan jasa advokat, prosesnya juga tidak sama lagi. Anda bisa mengurus ini dengan bantuan advokat yang sebelumnya membantu urutan sidang perceraian Anda. Jadi, tulis surat kuasa itu berdasarkan nama dan posisi dia sebagai advokat.

Anda juga perlu melampirkan bukti bahwa advokat ini adalah yang menjadi pengacara saat sidang perceraian sedang berlangsung. Karena ketika berbeda orang, biasanya majelis hakim tidak akan menerima karena tidak mengerti seluk beluk masalah.

3. Ambil Nomor Antrian

Baik pengacara dan keluarga yang diminta untuk mengambil surat kuasa harus datang ke kantor langsung dan menunggu antrian. Biasanya juga tidak memakan waktu lama karena pengambilan akta hanya tinggal transaksi.

4. Pengambilan Akta Perceraian

Setelah sampai di urutan Anda, maka kini tinggal melakukan pembayaran. Biasanya Anda akan dibawa ke kantor III karena sini merupakan tempat proses cara isbat hukum nikah siri serta hal lain yang masih berkaitan dengan pernikahan dan perceraian.

Di kantor III ini juga Anda dibawa ke kasir dan diminta untuk selesaikan pembayaran. Biasanya seluruh biaya ini sudah ada perhitungan sendirinya. Jadi, ketika ditanya berapa lama proses perceraian hingga pengambilan akta, jawabannya tidak lama.

Biaya Pengambilan Akta Setelah Menulis Surat Kuasa Pengambilan Akta Cerai

Setelah semua hal Anda rasa telah disiapkan dengan mulus, maka biaya pengambilan akta cerai ini juga perlu Anda perhatikan. Apalagi jika Anda diwakilkan, maka harus ingatkan orang yang mewakilkan Anda itu untuk menyiapkan uang dengan jumlah demikian.

Biasanya, dari awal hingga akhir perceraian akan memakan biaya sebesar kurang lebih 650 ribu rupiah. 30 ribu untuk pendaftaran, dan proses yang memakan waktu 50 ribu. Sedangkan untuk pemanggilan saksi akan memakan dana sebesar 560 ribu. Jadi, jangan lupakan itu.

Tetapi jika semuanya sudah diproses di kesempatan sebelumnya, maka kira-kira biaya yang perlu disiapkan untuk pengambilan akta kelahiran saja ada di sekitar 50 ribu. Namun, ini juga bergantung daerah dan alasan cerai yang diterima hakim juga.

Mungkin Anda sudah paham seberapa besar pengaruh perceraian dalam hidup. Karena tidak semua orang bisa nyaman setelah berpisah dengan pasangan. Namun, Anda bisa minta diwakilkan dengan menulis surat kuasa pengambilan akta cerai.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.