Pada beberapa kasus perceraian, sering kali dilakukan dengan cara terburu-buru karena ingin cepat selesai. Akan tetapi, yang namanya terburu-buru pasti hasilnya tidak baik, salah satunya adalah persyaratan yang kurang atau tidak lengkap. Penting sekali menyiapkan syarat urus surat cerai dahulu sebelum melakukan tindakan sebelumnya agar:

Permohonan Perceraian Bisa Segera Diurus oleh Pihak Pengadilan

Pertama, agar permohonan Anda bisa segera diurus oleh pihak pengadilan. Jangan anggap bahwa yang cerai itu sedikit ya… Ada banyak pasangan di luar sana yang juga ingin mengurus perceraian sehingga siapa yang cepat maka ialah yang akan diurus terlebih dahulu.

Jika syarat urus surat cerai itu saja Anda tak bisa memenuhinya dengan maksimal, bagaimana pihak pengadilan akan mengurusnya untuk Anda? Siapa yang memiliki berkas paling lengkap maka ialah yang akan didaftarkan terlebih dahulu,

Jadi, sebelum berniat mendaftarkan perceraian sebaiknya cari berbagai jenis berkas yang menjadi syarat terlebih dahulu. Anda bisa mencarinya di internet, tanya kepada jasa pengurus perceraian, atau konsultasi ke pihak pengadilan secara langsung.

Anda Tidak Bolak-balik dari Rumah ke Pengadilan dan Sebaliknya

Berikutnya adalah agar Anda juga hemat tenaga, Proses perceraian itu bukanlah hal yang sebentar dan mudah dilakukan melainkan harus melewati proses yang sangat panjang. Oleh karena itu jika dari persyaratannya saja sudah tidak lengkap maka Anda harus bolak-balik dari rumah ke pengadilan atau sebaliknya.

Catat betul-betul apa saja syarat dari dokumen dan biasakan untuk menelitinya sebelum berangkat. Jika perlu, sertakan kopian dalam jumlah yang lebih dari 1 agar nantinya jika dimintai lagi sudah ada dokumennya.

Ya, ada banyak sekali hal-hal yang harus diurus seperti perceraian itu sendiri, harta gono-gini, dan juga hak asuh anak. Di mana persyaratannya itu mirip-mirip sehingga dibutuhkan salinan dokumen yang jumlahnya lebih dari satu.

Tidak Boros dan Lebih Hemat

Masih berkaitan dengan poin di atas bahwa dengan Anda menyiapkan persyaratannya dengan baik maka tak perlu bolak-balik ke pengadilan. Jadinya, Anda juga tak akan boros khususnya dari segi transportasi.

Ya, jika Anda punya alat transportasi pribadi mungkin tak akan masalah. Tapi, bagaimana jika Anda tak memilikinya? Pasti akan sangat kesulitan bukan?

Oleh karena itu, perhatikan baik-baik dokumen apa saja yang harus dipersiapkan. Lindungi dokumen dari hujan, angin, makanan, dan lain-lain. Gunakan wadah dokumen yang anti air dan pastikan aman hingga sampai di tangan pihak pengadilan agama atau pengadilan negeri. Itulah beberapa keuntungan ketika Anda memilih untuk menyiapkan syarat urus surat cerai sebelum melakukan serangkaian proses perceraian. Selanjutnya Anda bisa mendapatkan akta cerai dengan lebih mudah, cepat, dan tidak berbelit-belit.

Baca Juga: Cara Mengurus Surat Cerai dengan Cepat


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.