Membahas perceraian erat kaitannya dengan pembagian harta bersama atau harta gono gini, dalam pembagian harta gono gini pasangan suami istri akan mendapatkan pembagian seperdua dari total harta yang dimiliki selama masa perkawinan. Kasus yang menjadi sorotan disini yaitu bagaimana pembagian harta gono gini jika istri menggugat cerai suami?

Pembagian Harta Gono Gini Jika Istri Menggugat Cerai

Pembagian harta gono gini sebenarnya bisa diselesaikan atas kesepakatan kedua belah pihak melalui perjanjian pranikah, tetapi pada kenyataannya banyak pasangan yang tidak memiliki perjanjian pranikah terutama dalam pembagian harta bersama. 

Agar pembagian harta bersama adil dan tidak memberatkan salah satu pihak, pembagian harta gono gini akan diselesaikan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku, hukum yang berlaku ini mengacu kepada hukum agama, hukum adat dan hukum-hukum lainnya.

Untuk pembagian harta gono gini jika istri menggugat cerai suami, akan diberikan kebebasan dalam hal pembagian besar harta bersama Namun, jika dalam penyelesaiannya tidak mendapatkan jalan keluar pengadilan melalui putusan hakim berhak memberikan kewenangan dalam pembagian harta gono gini sesuai dengan kondisi dari pasangan bercerai tersebut. 

Hukum Jika Istri Meminta Cerai Tetapi Suami Tidak Mau

Hak istri yang menggugat cerai suami boleh saja asalkan disertai syarat dan alasan yang jelas, dan tidak akan ada konsekuensi istri menggugat cerai suami jika alasan yang diberikan pihak istri diterima oleh pengadilan. Hal ini tentu tidak akan berdampak kepada pembagian harta gono gini jika istri menggugat cerai suami, pembagian harta gono gini akan dibagi secara merata sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Namun, kemungkinan besaran pembagian masih dapat ditentukan oleh putusan hakim, jika pada proses sidang perceraian terdapat alasan-alasan yang kuat untuk membagi harta bersama sesuai dengan kondisi pasangan yang bercerai.

Pembagian harta gono gini jika istri menggugat cerai tetap akan dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum, walaupun pada kenyataannya hakim akan mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan lain, dengan alasan agar pembagian harta gono gini adil dan tidak memberatkan salah satu pihak.

Gunakan Layanan Justika Untuk Mendapat Saran Hukum

Perceraian memang permasalahan yang sangat rumit, tidak semua orang atau pasangan mampu menyelesaikan perceraian seorang diri. Dengan demikian, bantuan dan saran hukum sangat diperlukan agar permasalah perceraian terselesaikan dengan semestinya. 

Justika bersama Advokat dan Pengacara Andal profesional, akan membantu Anda menangani kasus perceraian. Anda akan mendapatkan saran hukum langsung dari pengacara pilihan yang berpengalaman dalam bidang perceraian, melalui Layanan Perceraian Pengacara profesional Justika akan membantu Anda terkait semua permasalahan tentang perceraian Anda. 

Baca Juga:

Konsultasikan Tanpa Malu Perihal Pembagian Harta Gono Gini Jika Istri Menggugat Cerai Melalui

Layanan Konsultasi Chat

Anda bisa mendapatkan layanan konsultasi hukum secara mudah dan dengan harga terjangkau. Kunjungi laman ini, lalu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan di kolom chat. Selanjutnya, lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Dalam waktu singkat, sistem secara otomatis akan mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Jika diperlukan tindakan yang tidak dapat diakomodasi melalui fitur chat, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Melalui layanan ini, Anda dapat berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Anda pun dapat berdiskusi dan berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Diskusi akan berlangsung selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah ini.