Hal yang wajib Anda ketahui tentang pembagian harta gono gini yaitu, pembagian harta gono gini cerai mati tanpa anak. Bisa dikatakan salah satu dari pasangan meninggal dunia, dan selama pasangan tersebut masih hidup belum dikaruniai seorang anak. Harta bersama atau harta gono gini yaitu harta yang diperoleh pada masa perkawinan. Bagaimana penjelasan mengenai pembagian harta gono gini cerai mati?

Pembagian Harta Gono Gini Cerai Mati Tanpa Anak

Menurut ketentuan Mahkamah Agung dalam Pasal 96 dan Pasal 97 KHI ketika salah satu pasangan meninggal terlebih dahulu, harta gono gini akan menjadi hak untuk pasangan yang masih hidup. Pasangan yang masih hidup memiliki hak untuk menggunakan dan mengelola harta bersama untuk keperluan hidupnya. 

Jika memiliki seorang anak dan masih berusia dibawah umur, maka harta tersebut selayaknya dipakai untuk kepentingan anak. Harta gono gini bisa diwariskan kepada anak sebagai harta asal anak tersebut. Ketika seorang janda cerai mati selama belum menikah lagi, maka harta gono gini sepenuhnya dapat digunakan untuk keperluan hidupnya. 

Pembagian harta gono gini cerai mati tanpa anak ketika seorang janda atau duda masih memiliki harta yang berkecukupan, maka pembagian harta gono gini akan dibagikan kepada kerabat janda atau duda dengan jumlah sama besar. Pembagian harta gono gini cerai mati tanpa anak sebenarnya tidak ada ketentuan khusus dalam pembagiannya, selama masih disepakati oleh pihak yang memiliki hak atas harta bersama tersebut.

Menurut putusan Mahkamah Agung yang mengatur mengenai hukum cerai mati, pihak-pihak yang dapat menggugat atas pembagian harta gono gini hanya pada anak atau suami atau istri yang ditinggalkan. Adapun acuan dalam pembagian harta gono gini akan berlandaskan hukum agama, hukum adat dan hukum-hukum yang telah disepakati oleh pihak pemilik harta.

Pembagian Harta Gono Gini Cerai Mati Dalam Islam

Mengenai pembagian harta gono gini cerai mati tanpa anak, yang perlu Anda ketahui ketentuan pembagian harta bersama menurut Inpres No. 1 Tahun 1991 tentang penyebarluasan Kompilasi Hukum Islam. 

  1. Pembagian harta gono gini atau harta bersama karena pasangan meninggal atau cerai mati, harta tersebut akan menjadi hak pasangan hidup lebih lama.
  2. Pembagian harta gono gini atau harta bersama untuk seorang suami atau istri yang menghilang tanpa kejelasan, maka pembagiannya harus ditangguhkan hingga mendapatkan kepastian kematian yang hakiki secara hukum dan putusan pengadilan agama.

Pembagian harta gono gini cerai mati tanpa anak sebenarnya bisa saja diatur dalam perjanjian pranikah untuk menghindari gugurnya harta gono gini, namun jika seorang pasangan tidak memiliki perjanjian pranikah, maka ketentuan dan penjelasan ini dapat menjadi acuan pembagian harta bersama.

Baca Juga: Cara Pembagian Harta Gono Gini Sesuai Dengan Ketentuan Hukum

Konsultasikan Tanpa Malu Kepada Justika

Anda bisa mengkonsultasikan tanpa malu mengenai masalah hukum dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan Konsultasi Tatap Muka.

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Dengan Konsultasi via Telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.