Pada dasarnya Islam tidak atur secara rinci mengenai harta bersama maupun pembahasan apakah istri siri bisa mendapatkan hak harta gono gini ?, Baik dalam Al-Qur’an atau Hadits. Dalam kitab fiqih kuno pun juga tidak ditemukan ulasan mengenai pembahasan harta bersama. 

Dalam masalah ini ulama berlainan opini mengenai harta bersama, ada opini yang menjelaskan tidak ada harta bersama di antara suami dan isteri, dan ahli hukum Islam lainnya memiliki pendapat jika satu hal yang mustahil bila Islam tidak atur mengenai harta bersama, dan hal yang lain kecil-kecil saja ditata dengan detail dan terhitung dalam ruang cakup ulasan hukum Islam.

Lantas, Apakah Istri Siri Bisa Mendapatkan Hak Harta Gono Gini ?

Tidak ada ketentuan yang pasti mengenai harta bersama dalam Alqur’an atau hadits, mengilhami beberapa Pakar Fiqih di Indonesia membuat atiran dalam Gabungan Hukum Islam. Penataan mengenai harta kekayaan dalam perkawinan tertera dalam pasal 85-97 KHI. 

Penataan mencakup ada harta bersama tidak tutup peluang ada harta punya masing-masing dalam perkawinan, tanggungjawab suami isteri dalam jaga harta, posisi harta bersama bila terjadi perpisahan karena kematian dan paling akhir Pasal 97 yang atur jika bahwa janda atau duda pisah masing-masing memiliki hak seperdua dari harta bersama sejauh tidak ditetapkan lain dalam kesepakatan perkawinan. Namun untuk Apakah Istri Siri Bisa Mendapatkan Hak Harta Gono Gini ? hal ini belum dijelaskan lebih lanjut pada aturan tersebut

Kesepakatan Harta Saat Nikah Siri

Di dalam Pasal 45 s/d Pasal 52 memberi hak ke masing-masing pihak untuk melangsungkan kesepakatan saat sebelum perkawinan dilaksanakan. Dengan kesepakatan ini diharap menegaskan posisi harta dalam perkawinan.

Kesepakatan itu bisa mencakup percampuran harta individu, pembelahan harta pencarian masing-masing serta penentuan wewenang masing-masing untuk melangsungkan ikatan hipotik atas harta individu dan harta bersama atau mungkin harta syarikat sejauh hal tersebut tidak berlawanan dengan hukum Islam.

Undang-Undang No 1 Tahun 1974 mengenai Perkawinan atur mengenai pembagian harta gono gini, jika harta bersama bisa dipisah menurut ketetapan hukum semasing. Dan KHI juga mengatur jika harta bersama dipisah menjadi dua. Tetapi, beberapa pihak bisa lakukan persetujuan mengenai bagaimana pembagiannya. 

Apa dipisah sama rata atau dipisah berdasar jatah masing-masing pihak dalam mendapat harta. Namun perundang-undangan yang berjalan di Indonesia juga mengatur jika tiap harta yang didapat selama saat perkawinan dijadikan harta bersama tanpa membandingkan siapakah yang bekerja atau mendapat harta itu dan tercatat atas nama siapa, sepanjang harta itu bukan harta bawaan, hadiah atau peninggalan dan atau mungkin tidak ada kesepakatan perkawinan dalam soal pemilikan harta bersama. 

Akan tetapi, jika berkaitan dengan pernikahan siri, tentu saja bukan domain hukum dari keberlakuan Undang-Undang No 1 Tahun 1974 mengenai Perkawinan tetapi hanya cuman satu kesepakatan perserikatan keperdataan di antara Suami dan Istri saja. 

Karena bukan domain hukum dari keberlakuan Undang-Undang Perkawinan, karena itu langkah dan proses dalam pertanyaan apakah istri siri bisa mendapatkan hak harta Gono Gini bisa dilaksanakan lewat proses perantaraan atau perundingan antara Suami dan Istri dengan kontribusi kuasa hukum atau keluarganya sendiri. Hal ini juga bisa menjawab pertanyaan Apakah Istri Siri Bisa Mendapatkan Hak Harta Gono Gini yang kerap ditanyakan oleh banyak pihak terkait

Langkah dan proses seorang istri siri dapat memperoleh hak harta Gono Gini dikerjakan jika lewat kontribusi kuasa hukum dengan proses usaha non-litigasi yang artinya Apakah Istri Siri Bisa Mendapatkan Hak Harta Gono Gini bisa dilakukan di luar usaha hukum instansi peradilan. bahkan juga terbuka peluang untuk dikerjakan satu usaha hukum perdata karena ada tuntutan di pengadilan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah ini.