Beberapa waktu belakangan ini contoh surat laporan perselingkuhan banyak dicari oleh orang-orang. Terjadinya perselingkuhan adalah hal yang biasa di dalam rumah tangga. 

Namun jika dilihat secara hukum, hal ini tentu sudah melanggar prinsip pernikahan itu sendiri. Ketika terjadi perselingkuhan di dalam rumah tangga, tentu saja hal ini akan berdampak besar ketahanan dari rumah tangga itu sendiri. 

Terlebih lagi jika perselingkuhan itu dibarengi dengan perzinahan. Karena ini masuk delik aduan, kondisi ini bisa dipidanakan. Namun hanya pasangan resmi yang bisa melakukannya.

Unsur Pelaporan Perselingkuhan yang Harus Terpenuhi

Ketika Anda melaporkan perselingkuhan kepada pihak kepolisian, tentu saja ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Pertama pahami terlebih dahulu landasan hukum mengenai perselingkuhan itu sendiri. 

Setelahnya baru Anda memahami unsur unsur atau contoh surat laporan perselingkuhan sebagai bahan pembelajaran. Menurut R. Soesilo seorang pakar hukum, hanya perselingkuhan dengan perzinahan saja yang bisa dibawa ke ranah hukum pidana. 

Hal ini mengacu pada undang undang Pasal 284 KUHP tentang perselingkuhan dan perzinahan. Dimana yang dianggap zina adalah terjadinya persetubuhan dengan penetrasi alat kelami dari kedua pasangan selingkuh.

Apabila tidak dilakukan syarat pelaporan perselingkuhan penetrasi alat kelamin satu sama lain, maka ini tidak masuk ke dalam kategori perzinahan. Namun beberapa pakar lainnya beranggapan kalau perselingkuhan saja juga masuk ke dalam ranah pidana. 

Karena mengacu pada pasal 45 UU no 23 tentang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga. Perselingkuhan ini masuk ke dalam kategori kekerasan secara psikis. 

Namun untuk melakukan pelaporan pidana, korban harus membawa bukti pemeriksaan psikiatri terkait kondisi kejiwaannya. Apabila memang terjadi dampak terhadap kejiwaan korban akibat perselingkuhan tersebut, maka hukum pidana bisa dikenakan.

Contoh Surat Laporan Perselingkuhan yang Sesuai

Ketika Anda melaporkan kasus perselingkuhan dan perzinahan ini kepada Sentra Layanan Kepolisian Terpadu, tentu saja polisi akan langsung melakukan penyelidikan setelahnya. Di dalam surat laporan tersebut tentu saja ada beberapa unsur penting yang harus Anda pahami.

  1. Judul Surat tersebut adalah Surat Tanda penerimaan Laporan / Pengaduan
  2. Kemudian di bawahnya ada nomor surat pengaduan itu sendiri.
  3. Setelahnya adalah biodata pelapor
  4. Kemudian data terlapor
  5. Landasan undang-undang perselingkuhan

Kemudian tanda tangan dari pihak kepolisian dan terlapor. Kurang lebih prosedurnya dan contoh penulisannya sama saja dengan kasus pidana lain seperti pencurian, kekerasan, pasal mengganggu rumah tangga orang lain dan lain sebagainya. 

Namun keistimewaan dari delik aduan satu ini adalah hanya pasangan sah saja yang bisa melaporkannya. Berikut ini contoh surat laporan tentang perselingkuhan yang bisa Anda jadikan referensi

Model B

Tanda Bukti Lapor

Nomor Surat : 123456/abcde/FGH

Berdasarkan Laporan Polisi Nomor : ……. hari ….. tanggal …… pukul …… Dengan ini diterangkan bahwa :

1. Nama : …..

2. Tempat/Tgl Lahir : …..

3. Pekerjaan : …..

4. Alamat : …..

5. No. Telp /Fax : …..

6. Telah melapor di : …..

7. Waktu kejadian : …..

8. Tempat kejadian : …..

9. Perkara : Perzinahan dan atau kekerasan psikis dalam rumah tangga

10. Terlapor

Terlapor 1

Nama : …..

Jenkel : …..

umur : …..

pekerjaan : …..

alamat : …..

Terlapor 2

Nama : …..

Jenkel : …..

umur : …..

pekerjaan : …..

alamat : …..

Telah melaporkan : TP Perzinahan dan atau kekerasan psikis dalam rumah tangga pasal 284 KUHP dan atau Pasal 45 UU No. 23 Tahun 2004 tentang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga

Tanda tangan pelapor Tanda Tangan dan Cap Aparat Kepolisian

Model B1

Surat Tanda Penerimaan Laporan / Pengaduan

Nomor : STPL / abcd / A / I / abcdefgh

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa pada hari ….. tanggal ….. pukul ….. telah melapor ke Sentra pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Kota …… mengaku bernama :

1. Nama : …..

2. Tempat dan tanggal lahir : …..

3 Jenis kelamin : …..

4. Pekerjaan : …..

5. Agama : …..

6. Alamat : …..

7. Kewarganegaraan : …..

8. Pendidikan terakhir : …..

9. Nomor telepon / HP : …..

10. Nomor NIK : …..

Berdasarkan laporan Polisi No. …………… tanggal ……

Melaporkan Tentang : Perzinahan

Tanggal kejadian : …..

tempat kejadian : …..

Korban : Pelapor

Terlapor : 

1. 

2. 

Kerugian : …..

Surat tanda penerimaan laporan / pengaduan ini diperlukan untuk penyelidikan

Demikian surat tanda penerimaan laporan / pengaduan ini dibuat dengan sebenarnya.

Tanda Tangan Pelapor Tanda Tangan dan Cap Pihak Kepolisian ketika Anda hendak melakukan pelaporan, pastikan untuk mempertimbangkan secara penuh konsekuensi yang akan didapatkan nantinya. Pahami terlebih dahulu contoh surat laporan perselingkuhan di atas sebelum Anda sendiri yang memilikinya.

Konsultasikan Masalah Perselingkuhan Dengan Justika

Perselingkuhan bisa menjadi faktor terjadinya perceraian. Untuk itu Anda bisa bertanya mengenai permasalahan perselingkuhan hingga pembuatan surat laporan perselingkuhan bersama Justika.

Layanan Konsultasi Chat

Anda bisa mendapatkan layanan konsultasi hukum secara mudah dan dengan harga terjangkau. Kunjungi laman ini, lalu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan di kolom chat. Selanjutnya, lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Dalam waktu singkat, sistem secara otomatis akan mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Jika diperlukan tindakan yang tidak dapat diakomodasi melalui fitur chat, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Melalui layanan ini, Anda dapat berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Anda pun dapat berdiskusi dan berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Diskusi akan berlangsung selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah ini.