Ingin tahu cara menulis surat kuasa dengan melihat contoh surat kuasa pengambilan akta cerai yang lengkap? Ini adalah satu hal wajib untuk Anda bisa diwakilkan untuk pengambilan akta cerai yang sifatnya sangat penting itu. Jadi, apa saja yang wajib ada di dalam sana?

Kami berani jamin bahwa Anda pasti tidak asing lagi dengan istilah surat kuasa. Apalagi jika Anda sudah berumur lebih dari 20 an tahun, dan memiliki banyak pekerjaan yang berkaitan dengan surat menyurat atau membutuhkan kontribusi pihak ketiga untuk urusan tertentu.

Keperluan menulis surat ini juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Apalagi surat kuasa ini sifatnya untuk menjadi bukti akan diwakilkannya seseorang dengan orang yang lain. Jadi, bagi yang ingin menulis surat kuasa juga perlu memperhatikan banyak aspek dominan.

Jika Anda berhalangan menghadiri semua urutan sidang perceraian, maka Anda perlu diwakilkan saja. Apalagi jika datang hanya untuk mengambil akta cerai. Ini masih boleh untuk diwakilkan selama ada buktinya. Tetapi, harus ingat juga surat kuasa ini ada jenisnya.

Jenis-jenis Contoh Surat Kuasa Pengambilan Akta Cerai

Seperti banyak hal di sektor pengadilan. Ada berbagai jenis surat kuasa yang akan diterima oleh hakim jika Anda menulisnya berdasarkan surat kuasa pengambilan akta cerai yang lengkap dan isinya berbobot. Agar Anda bisa membedakannya, pastikan tahu jenisnya.

Singkatnya, ada 2 jenis surat kuasa yang salah satu diantaranya adalah yang diminta oleh pengadilan perceraian. Yang pertama adalah surat kuasa khusus. Seperti namanya, kata khusus ini menerangkan bahwa perwakilan ini datang dengan tujuan yang tertentu saja.

Orang yang diwakilkan meminta seorang perwakilan, yang bisa jadi mewakilkannya, hanya untuk satu dua hal di pengadilan. Misalnya untuk menyelesaikan biaya pengambilan akta cerai, atau yang lainnya. Lebih dari itu, dia tidak memiliki wewenang untuk hal yang lain.

Sedangkan jenis surat kuasa satu lagi adalah surat kuasa umum. Di surat kuasa ini, orang yang akan mewakilkan seseorang itu memiliki kuasa terhadap semua hal yang sedang diurus oleh orang yang diwakilkan.

Penerima surat kuasa ini memiliki kuasa yang tidak terbatas. Jadi, jika Anda tidak bisa ikuti berapa lama proses perceraian, Anda dapat diwakilkan oleh perwakilan. Tinggal Anda pilih saja mau diwakilkan secara sepenuhnya atau hanya beberapa aktivitas perceraian saja.

Selain itu, saat Anda mau menulis sebuah surat kuasa juga harus berdasarkan kaca mata hukum agar hasilnya nanti tidak membingungkan. Maka dari itu, banyak komponen atau unsur yang wajib ada di dalam surat kuasa perceraian dan ini juga perlu Anda tahu.

Yang Harus Ada pada Contoh Surat Kuasa Pengambilan Akta Cerai

Setelah tahu dua jenis surat kuasa yang biasanya wajib diperhatikan sebelum memberi kuasa Anda kepada orang lain, maka perlu tahu juga apa saja yang harus ada saat menulis surat kuasa. Ini bertujuan agar surat ini serta alasan cerai yang diterima hakim itu berkesan.

Jadi, saat ini menulis sebuah surat kuasa setelah tahu cara menceraikan istri nikah siri ini juga berguna untuk membedakan mana sebuah surat kuasa umum atau khusus. Jadi, unsur yang wajib ditulis oleh orang yang diwakilkan ke dalam surat kuasa secara umum antara lain:

1. Judul “Surat Kuasa” 

2. Tanggal Surat Kuasa ditulis

3. Nomor surat kuasa (Jika ditulis dalam kedinasan atau organisasi)

4. Data Pemberi Kuasa (Nama Lengkap, NIK sesuai KTP, Tempat dan Tanggal Lahir, Alamat sesuai identitas)

5. Data Penerima Kuasa (Nama Lengkap, NIK sesuai KTP, Tempat dan Tanggal Lahir, Alamat sesuai identitas)

6. Bentuk wewenang yang diberikan kepada penerima kuasa (dari cara isbat hukum nikah siri atau setelahnya saja)

7. Jangka waktu berlakunya surat kuasa

8. Menuliskan alasan kenapa menulis berdasarkan contoh dan mengapa minta untuk diwakilkan

9. Jelaskan kekerabatan Pemberi kuasa dan penerima kuasa

10. Tanda tangan

Setelah menulis ini semua, tidak ada lagi yang mengganggu jadwal padat Anda. Tetapi, pastikan bahwa orang yang diminta untuk menjadi perwakilan itu yang sudah dikenali baik. Jika sudah memastikan itu, Anda bisa lihat contoh surat kuasa pengambilan akta cerai kepadanya.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.