Contoh surat gugatan cerai agama Kristen perlu dipahami terlebih dahulu sebelum melakukan gugatan cerai ke Pengadilan Negeri. Melalui contoh tersebut, Anda bisa mendapatkan pedoman yang tepat tentang tata cara membuat gugatan.

Pengadilan Negeri merupakan fasilitas hukum yang disediakan oleh negara bagi masyarakat non muslim yang ingin bercerai. Dengan adanya akta cerai maka perceraian sudah memiliki kekuatan hukum. 

Sehingga jika haknya tidak bisa diganggu. Contoh akta cerai Kristen bisa dilihat untuk memahaminya. Perceraian harus diproses di Pengadilan Negeri dengan tujuan agar pihak penggugat. 

Sehingga tergugat mendapatkan hak yang sama menurut hukum. Dalam agama, memang hal ini juga diatur, namun sebagai warga negara pasangan suami istri yang memutuskan untuk berpisah harus memiliki payung hukum. 

Tata Atau Alur Perceraian Dalam Agama Kristen

Sebelum melihat contoh surat gugatan cerai agama Kristen, sebaiknya cermati terlebih dahulu alur perceraian Kristen. Ketika pasangan non muslim memutuskan untuk bercerai, maka ada jalur hukum yang harus ditempuh. 

Jadi perceraian tersebut tidak bisa berdasarkan keputusan pasangan suami istri saja, tetapi harus melalui jalur hukum. Berikut ini alur perceraian dalam Kristen yang perlu diikuti.

1. Mengajukan Gugatan Cerai Ke Pengadilan Negeri Kediaman Tergugat

Hal pertama yang harus dilakukan dalam cara mengurus perceraian Kristen adalah mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Negeri. Dalam hal ini, Pengadilan Negeri yang dimaksud, bukan Pengadilan Negeri tempat Anda tinggal, melainkan Pengadilan di kediaman tergugat.

Misalnya jika kediaman istri atau suami Anda merupakan Kalimantan Selatan, maka gugatan diajukan ke Kantor Pengadilan Negeri Kalimantan Selatan. Jika tergugat sudah bermukim di luar negeri, maka gugatan diajukan ke tempat perkawinan didaftarkan sebelumnya. 

2. Pemeriksaan Gugatan Atau Persidangan

Gugatan perceraian dalam Katolik maupun agar Kristen tidak bisa dikabulkan begitu saja. Ada proses pemeriksaan gugatan yang dilakukan secara hukum. Nantinya persidangan akan dilakukan, untuk mengetahui apakah alasan bercerai rasional atau tidak.

Biasanya pihak pengadilan mengusahakan agar pasangan melakukan mediasi. Jika jalur mediasi tidak bisa ditempuh, maka persidangan akan dilakukan. Dalam contoh gugatan cerai untuk agama Kristen hal ini memang tidak disebutkan, namun alasan menggugat perceraian biasanya harus disebutkan.

3. Pembacaan Putusan Sidang

Setelah proses sidang dilakukan, maka hakim akan membuat keputusan. Ketika putusan sidang sudah dibacakan, berarti proses sidang perceraian sudah selesai. Dalam putusan tersebut biasanya dibacakan siapa pihak yang harus membayar biaya persidangan.

Perlu Anda ketahui bahwa ketika membuat gugatan cerai, dibutuhkan biaya perceraian agama Kristen. Biaya ini ada yang harus dibayar di muka, dan ada biaya yang perlu dibayar setelah persidangan berakhir. 

4. Pendaftaran Akta Cerai Ke Pegawai Pencatat atau Catatan Sipil 

Setelah putusan sidang dibuat, maka surat nikah sudah tidak berlaku lagi. Biasanya dalam mengajukan gugatan, surat nikah asli harus disertakan juga sebagai bagian syarat perceraian kristen. Pengganti akta nikah tersebut adalah akta cerai.

Akta cerai ini tidak dikeluarkan oleh Pengadilan Negeri, melainkan oleh bagian Catatan Sipil. Jadi setelah putusan hakim keluar, Anda perlu mendaftar ke pegawai pencatatan. Akta cerai tersebut nantinya bisa digunakan untuk berbagai keperluan. 

Contoh Surat Gugatan Cerai Agama Kristen

Format surat gugatan cerai pada umumnya sama, karena di dalam surat gugatan tersebut, informasi yang perlu dicantumkan adalah data diri penggugat, serta tujuan membuat gugatan. Untuk lebih jelasnya, berikut contoh surat gugatan cerai tersebut.

Kalimantan Selatan, 15 Desember 2025

Kepada YTH,

Ketua Pengadilan Negeri Kalimantan Selatan

di tempat

Perilah : Gugatan Cerai

Dengan Hormat 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Budi Ronaldo

Jenis Kelamin : Laki – Laki

TTL : Jakarta, 10 Januari 1984

Agama : Kristen Protestan

Pekerjaan : Wiraswasta

Alamat KTP : Jl… Jakarta Pusat

Alamat Domisili : Jl…, Jakarta Selatan

Selanjutnya Disebut Sebagai PENGGUGAT

Bermaksud Mengajukan Gugatan Cerai di Pengadilan Negeri Kalimantan Selatan, terhadap Istri

Nama : Sumiati

TTL : Banjarmasin, 25 Agustus 1988

Agama : Kristen Protestan

Di atas hanyalah contoh gugatan cerai untuk agama Kristen dengan format sederhana. Sebenarnya tidak ada format gugatan cerai bisa berbeda – beda. Karena yang paling utama dalam gugatan tersebut adalah informasi data penggugat, tujuan surat, dan data tergugat.

Pada beberapa kasus, isi surat gugatan dibuat detail meliputi alasan menggugat dan yang lainnya. Jika Anda masih bingung terkait format atau contohnya, lebih baik minta bantuan pengacara. Dalam perceraian, penggugat maupun tergugat bisa menggunakan jasa pengacara.

Biasanya di kantor Pengadilan Negeri, disediakan juga format atau contoh surat gugatan cerai agama Kristen tersebut. Anda bisa langsung mengisi format surat yang telah disediakan. 


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.