Contoh surat cerai merupakan hal yang mesti Anda ketahui saat ingin mengajukan gugatan perceraian. Surat cerai adalah sebuah surat pernyataan yang dibikin baik oleh seorang istri maupun seorang suami yang mengajukan tuntutan pada pasangan masing masing.

Didalam contoh surat cerai sendiri harus terdapat pengakuan jika kedua pihak sudah setuju untuk memutuskan hubungan mereka atau berpisah secara hukum maupun agama..Proses perpisahan memanglah bisa diwakili oleh kuasa hukum atau advokat yang sudah dipilih. 

Namun, surat cerai  ini masih tetap harus buat terlebih dahulu oleh pihak yang mengajukan tuntutan tersebut. Bila ingin mengajukan pisah, Anda wajib mengetahui beberapa hal yang mesti terdapat dalam contoh surat cerai berikut ini.

Hal Hal yang Harus Terdapat di dalam Contoh Surat Cerai

1. Judul Surat

Hal pertama yang wajib ada dalam contoh surat cerai adalah nama surat. Judul dan nama surat ini penting untuk menjelaskan maksud dan tujuan dari surat pernyataan tersebut.

2. Identitas Istri Atau Suami Sebagai Pihak Pertama:

Pihak yang menginginkan perceraian terjadi adalah pihak pertama dalam contoh surat cerai ini. Dalam point yang satu ini, pihak pertama wajib mencantumkan identitas sedetail mungkin sesuai dengan yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk.

3. Identitas Pihak Kedua

Pihak kedua adalah pihak yang wajib menjawab tuntutan cerai yang dilayangkan kepadanya. Sehingga identitas penerima tuntutan cerai pisah harus ditulis sedetail mungkin.

4. Isi Surat Cerai

Pada bagian isi dalam contoh surat cerai sendiri berisi mengenai pengakuan jika ke-2 faksi setuju untuk berpisah.

5. Penutup: 

sisi penutup dapat berisi pengakuan yang lain.

6. Saksi-Saksi

Pada bagian ini contoh surat cerai sendiri  memberikan sebagian orang saksi pada proses perpisahan guna memperkuat argumen dari alasan perceraian terjadi.

7. Meterai:

Tambahkan tanda-tangan dan materai dalam surat cerai tersebut.

Contoh Surat Cerai yang Baik dan Benar

1. Contoh Surat Cerai

SURAT PERNYATAAN CERAI

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:

Pihak I

Nama:___

Umur:____

Agama:____

Pekerjaan:___

Alamat:____

Dalam hal ini disebut Pihak I yang meminta cerai.

Pihak II

Nama:_____

Umur:_____

Agama:_____

Pekerjaan: ____

Alamat:______

Dalam hal ini disebut Pihak II yang memberi cerai.

Pada hari ini____, kami menyatakan yang sebenar-benarnya, di hadapan para saksi-saksi bahwa kami telah bersepakat untuk berpisah dalam menjalani hidup berumah tangga, berdasarkan kemauan kami berdua tanpa ada unsur pemaksaan dari pihak mana pun.

Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan sebenar-benarnya secara sadar dan dalam keadaan sehat jasmani maupun rohani.

____, ______

Pihak I                                  Pihak II

______                                    ______

Saksi-saksi:

  1. _______
  2. _______
  3. _______

2. Contoh Surat Pernyataan Cerai

SURAT PERNYATAAN CERAI

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan dengan sesungguhnya bahwa.

Sebagai Pihak I

Nama:______

Tempat, Tanggal Lahir:______

Agama:______

Pekerjaan:_______

Alamat:______

Sebagai Pihak II

Nama:______

Tempat, Tanggal Lahir:_____

Agama:______

Pekerjaan:______

Alamat:_______

Bahwa dengan ini kedua belah pihak, sepakat untuk bercerai atau mengakhiri hubungan sebagai suami istri dan atau kedua belah pihak tidak lagi memiliki hubungan dalam bentuk apapun juga. Terkecuali hubungan dengan Anak Kandung.

Oleh karena itu kedua belah pihak mengakui surat pernyataan ini sebagai bukti cerai yang sah sesuai dengan ketentuan Hukum yang berlaku.

Demikian surat pernyataan ini dibuat atas kerelaan dan kesadaan kedua belah pihak tanpa ada paksaan dari siapa pun untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Yang Membuat Pernyataan

Pihak I                                            Pihak II

(Nama & TTD)                       (Nama & TTD)

Konsultasi Proses Perceraian melalui Justika

Jika Anda sudah cukup memahami proses perceraian perkawinan campuran, dan membutuhkan layanan untuk membuat surat gugatan cerai, Justika menyediakan layanan tersebut. Cara mengaksesnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka layanan Pembuatan Surat Gugatan Cerai Justika
  2. Klik tombol “Pesan Dokumen”
  3. Anda akan diarahkan menuju Whatsapp dan Admin kami akan membantu anda untuk proses selanjutnya
  4. Setelah proses administrasi selesai, Mitra Advokat Justika akan mulai membantu proses pembuatan surat gugatan cerai anda

Walaupun proses perceraian sangat memungkinkan untuk Anda urus sendiri, seringkali juga terdapat hambatan yang mempersulit Anda menjalani proses tersebut. Jika Anda memperlukan konsultasi hukum terkait proses perceraian Anda, Anda dapat mengkonsultasikan hal tersebut via Justika secara online dengan mudah dan terjangkau. Anda cukup melakukan langkah berikut:

  1. Masuk ke layanan Konsultasi via Chat Justika.com
  2. Ceritakan permasalahan yang Anda hadapi dalam proses perceraian Anda di kolom chat
  3. Lakukan pembayaran sesuai instruksi yang tersedia
  4. Dan, dalam 5 menit sistem akan mencarikan konsultan hukum profesional yang mengetahui jawaban pertanyaan anda
  5. Selanjutnya konsultan hukum akan memberikan jawaban dan solusi terhadap masalah yang Anda hadapi

Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.