Contoh surat ahli waris sebidang tanah dapat digunakan sebagai panduan untuk membuat asli. Apalagi tergolong rumit dan berbeda dari dokumen lain. Terlebih fungsinya juga besar terutama pada proses jual beli.

Jika saat transaksi tidak dilengkapi dokumen tersebut, maka legalitas kurang terpercaya. Hasilnya kesulitan menjual aset properti tanah tersebut. Bahkan bisa saja mendatangkan masalah yang berbeda lagi.

Untuk menghindari masalah ini, Anda dapat memahami mengenai berbagai macam hal dari penerima harta tersebut. Termasuk tahu tentang cara pembuatan agar bisa menyiapkan dokumen, pengantar dan sebagainya.

Poin penting lainnya yang wajib dipahami yaitu soal hukum menempati rumah warisan. Apalagi kalau asetnya juga berupa bangunan di atasnya. Maka nilai aset peninggalan orang tua tersebut nilainya lebih tinggi.

Pahami Mengenai Hak Penerima Ahli Waris

Surat tanah peninggalan yang belum diurus harus segera dipersiapkan dengan baik. Bahkan sebelum sang pewaris meninggalkan dunia sebelum keluarga lainnya. Kalaupun sudah terlanjur, masih dapat diurus orang lain.

Anda sebelumnya harus memahami terlebih dahulu mengenai golongan ahli waris. Terutama yang memiliki hak atas peninggalan orang tua tersebut. Umumnya bisa berupa anak, janda atau duda, kakek, nenek dan saudara.

Tapi umumnya bisa terjadi masalah apabila orang yang meninggal tidak memiliki keluarga waris utama. Misalnya tidak memiliki anak atau saudara. Nantinya dapat dialihkan menuju salah satu dari keluarga kandung.

Tapi masalah seperti ini pun tetap harus melewati prosedur hukum yang cukup panjang. Terutama supaya tidak terjadi penggelapan atau penyelewengan dari pihak lain. Apalagi sampai terdapat masalah kejahatan.

Proses pembuatan surat tanah peninggalan yang biasa mungkin akan memakan sedikit waktu. Tapi jika sifatnya berupa pengalihan, bahkan dapat memakan waktu beberapa tahun. Terlebih kalau terdapat gugatan dari keluarga.

Langkah Pembuatan Surat Tanah Untuk Peninggalan

Sebelum Anda membuat contoh surat ahli waris sebidang tanah maupun aslinya, harus mengetahui syarat dokumen yang dibutuhkan. Tentu cukup sederhana karena hanya membutuhkan pihak pemerintahan terdekat saja.

1. Siapkan Berkas

Dalam proses permohonan surat tanah warisan, pastinya diwajibkan untuk siapkan berkas. Tentu untuk saat ini masih sederhana yaitu berupa Fotocopy KK, KTP, buku nikah sampai surat kematian.

Apalagi salah satu dari dokumen ini belum dilengkapi, maka prosesnya tidak dapat dilanjutkan. Usahakan terdapat juga tambahan dokumen lain jika dibutuhkan. Terutama kalau terdapat kondisi tertentu muncul.

2. Buat Pengantar

Kalau berkas awalnya sudah siap, maka tinggal buat pengantar. Pertama berasal dari RT/RW yang ditambah lagi dengan surat kuasa. Nantinya harus ditambahkan dengan materai 6000 dan ditandatangani saksi.

Selanjutnya, harus mengurus surat keterangan ahli waris dari kelurahan. Hal ini juga ditujukan untuk sekali lagi mengecek kesiapan semua berkas. Setelah itu formulir segera diberikan dan harus diisi lengkap.

3. Menunggu Fatwa Waris

Proses selanjutnya yaitu tinggal menunggu fatwa waris telah dikeluarkan. Pastikan salah satu ahli waris tidak mau tanda tangan atau lainnya sudah selesai. Apalagi dibutuhkan saksi untuk pembuatan surat tersebut.

Pemerintah akan segera menghubungi Anda untuk mengambil dokumen tersebut. Pastinya terdapat biaya administratif tersendiri bagi setiap pemohon. Jumlahnya sudah terdapat langsung dalam pasal 90 ayat (2) UU Peradilan Agama.

Contoh Surat Ahli Waris Sebidang Tanah

Jika Anda sudah menyiapkan syarat-syarat penetapan ahli waris, maka bisa segera menjual aset tersebut. Baik hanya berupa tanah ataupun ditambah dengan bangunan. Nilai jualnya juga akan jauh lebih tinggi.

Sementara itu kalau mau disiapkan dalam kebutuhan masa depan, dapat disimpan. Tentu sesuai dengan kesepakatan bersama dari penerima waris lainnya. 

Dalam proses pembuatan berdasarkan contoh harus berdasar dari sumber resmi. Terutama mengenai format sampai apa saja data yang harus disisipkan. Begitu juga mengenai legalitas atau keresmian dokumen tersebut.

Surat tanah warisan tidak dapat dipalsukan sama sekali data atau isinya. Bahkan sang pemalsu bisa memperoleh ganjaran hukuman berat apabila melakukannya. Tidak jarang terkena jerat hukum pihak keluarga.

Dalam menghindari pembuatan dokumen surat salah, maka direkomendasikan menyewa layanan kuasa Hukum. Sekarang sudah banyak tersebar dan tarifnya tidak mahal. Meski begitu ampuh menyelesaikan masalah waris keluarga.

Jika terdapat masalah saat proses pembuatan, tidak ada salahnya meminta bantuan kuasa Hukum terpercaya. Baik berasal dari LSM atau pribadi. Pasti bisa membuat contoh surat ahli waris sebidang tanah asli.

Baca Juga: Contoh Surat Jual Beli Tanah Ini Wajib Anda Ketahui!

Layanan Justika Untuk Membantu Permasalahan Hak Waris

Justika memiliki layanan yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu permasalahan hak waris. Mulai dari perhitungan analisis hak waris, kalkulator untuk menghitung pembagian harta warisan hingga layanan chat yang bisa digunakan untuk permasalahn yang lebih kompleks.

1. Layanan Analisis Hak Waris

Layanan analisis hak waris ini bisa membantu Anda agar bisa mendapatkan saran yang lebih rinci dari konsultan hukum dan membantu mendapatkan pengecekan detail hak waris. Berikut langkah-langkahnya:

1. Isi kondisi waris Anda untuk dianalisa konsultan terlebih dulu sebelum berkonsultasi.

2. Pilih jadwal untuk berkonsultasi sesuai dengan kebutuhan.

3. Nantinya Anda akan mendapatkan link chat untuk berkonsultasi secara langsung.

2. Kalkulator Waris Islam

Layanan kalkulator waris Islam ini membantu Anda dalam menghitung secara otomatis pembagian harta waris secara akurat, transparan dan sesuai dengan syariat serta UU yang berlaku. Anda hanya perlu mengisi form yang sudah disediakan.

Anda tidak perlu khawatir karena sistem perhitungan dari Justika sudah berlandaskan Kompilasi Hukum Islam (KHI) yang merupakan landasan hukum yang berlaku dan digunakan di pengadilan agama Indonesia.

Selain itu juga ada fitur tambahan dimana Anda bisa berkonsultasi secara langsung dengan pada ahli dibidang waris.

3. Konsultasi Via Chat

Jika Anda memiliki permasalahan harta warisan yang lebih kompleks, maka konsultasi via chat akan sangat membantu. Anda bisa berkonsultasi lebih dalam mengenai permasalahan tersebut dengan advokat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Masuk pada layanan konsultasi via chat dari Justika.

2. Ceritakan masalah Anda yang berkaitan dengan warisan pada kolom chat.

3. Lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang diberikan.

4. Hanya dalam 5 menit sistem akan membantu mencarikan konsultasn hukum waris yang sesuai untuk mengatasi permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.