Contoh kasus perceraian wni dengan wna saat ini sedang ramai di perbincangkan. Perceraian adalah putusnya sebuah tali hubungan antara suami dengan istri melalui proses hukum yang sedang berlaku di negara.

Sudah sering kasus tersebut tersorot media dan ramai di medsos sehingga kabarnya membuat public terheran heran. Kenapa harus dinikahi jika akhirnya harus bercerai? Terlebih jika ada satu pihak yang dirugikan.

Apa yang menjadi pemicu perceraian wna di Indonesia tidak lain adalah nafsu. Sebuah riwayat mencatat bahwa kebanyakan perpisahan didasari dengan nafsu. Makan, intim, dan keamanan adalah beberapa contoh nafsu yang jadi pemicunya.

Nafsu untuk selalu mendapat makan. Nafsu untuk selalu menikmati hubungan intim. Dan nafsu untuk selalu merasakan keamanan dalam hidup. Mungkin terlihat manusiawi namun jika terlalu besar akan jadi boomerang pribadi.

Penyebab Sulitnya Melakukan Gugatan Perceraian 

Mengurus perceraian bukanlah hal yang mudah seperti kasus perceraian antara wna dengan wni karena harus memakai tata cara yang berlaku. Anda akan menemukan banyak sekali problematika mengurus berkas hingga sidang.

Untuk itu diperlukan pengetahuan yang banyak supaya bisa mengetahui kenapa seseorang mengalami kesulitan saat mengajukan gugatan cerai. Sehingga ketika ada masalah tertentu dan ingin melakukannya bisa langsung diproses dengan cepat.

Hukum yang mengatur cara mengajukan cerai beda negara di Indonesia kini semakin ketat dalam mengawasi perceraian. Jika sepasang suami istri bercerai, ada sederet berkas yang harus diurus secara tuntas dulu.

Istri tidak bisa menggugat cerai suami jika istri tidak memegang kartu keluarga. Suami juga tidak bisa menggugat cerai istri apabila tidak punya KTP aktif. Ini baru beberapa contoh berkas saja.

Masih banyak berkas lain yang biasanya menjadi sebuah dilema perpisahan antara sepasang suami istri. Jika pasangannya adalah wna dan wni, maka ada lebih banyak berkas yang harus diurus ketika bercerai.

Contoh Kasus Perceraian WNI dengan WNA

Salah satu contohnya adalah perceraian antara selebgram Dellu Uye (Indonesia) dan Courtney (Australia) yang terpaksa harus bercerai setelah menikah di tahun 2018 lalu. Ini adalah contoh perceraian wna dengan wni.

Dellu Uye bercerai dengan Courtney dikarenakan perbedaan bahasa menyebabkan kurangnya pemahaman dalam berkomunikasi. Bahkan kultur dan budaya juga jadi penyebab dari perbedaan yang berujung perceraian tersebut.

Jika dihubungkan dengan penyebab perceraian seperti tadi sudah diuraikan, pada kasus Dellu Uye ini adalah kebutuhan akan keamanan. Mungkin salah satunya merasa tidak aman jika terus salah paham dalam berkomunikasi.

Dari kasus Dellu Uye kita bisa mengambil sebuah pelajaran mengenai berapa lama proses perceraian dengan WNA. Karena Dellu Uye dan Courtney harus menunggu enam bulan sampai proses perceraian mereka selesai.

Ada banyak sekali kasus perceraian wna dengan wni, yang memperdebatkan perkara perdata apalagi jika pasangan suami istrinya beda negara. Secara umum perdata memang memerlukan berkas data lebih banyak.

Pada dasarnya kasus cerai yang menyangkut perkara perdata perkawinan campuran itu biasanya cukup sulit untuk diselesaikan jika kedua belah pihak sama-sama ingin menang sendiri.

Cara Mengatasi Contoh Kasus Perceraian WNI dengan WNA

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan untuk meminimalisir cerai antara WNA dengan WNI dan beberapa diantaranya adalah memperbaiki ekonomi, memperbaiki hubungan pada tuhan, dan perbaiki keilmuan self improvement.

Jadi ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan kasus perceraian beda kewarganegaraan. Untuk lebih jelasnya akan kami kupas selengkapnya tentang solusinya di bawah ini:

  1. Memperbaiki ekonomi tentu akan memperbesar kemungkinan untuk tetap bertahan hidup. Dengan perekonomian tumbuh semakin baik, maka akan lebih mudah untuk tetap hidup sehat dan bugar.
  2. Kemudian dengan memperbaiki hubungan pada tuhan akan membuat emosi kita jadi membaik dan jika emosi sudah membaik maka pertengkaran atau cekcok akan sulit untuk terjadi antara pasangan suami istri.
  3. Perbaiki keilmuan tentang self improvement juga jadi salah satu solusi untuk terhindar dari kasus cerai karena masing masing pasangan yang ilmu self improvementnya kuat akan lebih mudah menerima keadaan.

Itulah kenapa memahami beberapa kasus tersebut sangat penting sekali Karena dengan mengetahui informasi tentang contoh kasus perceraian wni dengan wna bisa dijadikan pelajaran yang terbaik untuk Anda dengan masalah serupa.

Tanyakan Mengurus Perceraian Tanpa Malu melalui Justika

Dengan menggunakan Justika, anda tidak perlu merasa malu atau tidak enak untuk bertanya mengenai mengurus perceraian. Selain itu, anda dapat menanyakannya langsung ke pengacara via online tanpa perlu tatap muka jika diperlukan.

Semua ini dapat anda lakukan menggunakan Layanan Konsultasi via Chat di Justika. Dengan layanan ini anda dapat menanyakan berapa biaya pengacara hingga bertanya detail biaya-biaya di luar dari jasa pengacara yang biasanya harus dikeluarkan saat mengurus perceraian, misal seperti biaya dokumen dan lain sebagainya.

Untuk berkonsultasi via chat di Justika caranya mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke layanan Konsultasi via Chat Justika
  2. Tuliskan pertanyaan anda tentang biaya perceraian di kolom chat
  3. Lakukan pembayaran sesuai instruksi yang tersedia
  4. Dan, dalam 5 menit sistem akan mencarikan konsultan hukum profesional di bidang perceraian
  5. Selanjutnya konsultan hukum akan memberikan jawaban dan gambaran mengenai biaya perceraian

Dengan begitu, anda dapat mengetahui dan menentukan apakah anda mau menggunakan pengacara atau mengurusnya sendiri. Di dalam layanan chat tersebut pun anda dapat meminta saran dan pendapat lain.

Kemudian, jika anda telah mengetahui gambaran biaya pengacara dan anda butuh layanan untuk membuat surat gugatan cerai, Justika juga menyediakan layanan tersebut. Cara menggunakannya sebagai berikut:

  1. Buka layanan Pembuatan Surat Gugatan Cerai Justika
  2. Klik tombol “Pesan Dokumen”
  3. Anda akan diarahkan menuju Whatsapp dan Admin kami akan membantu anda untuk proses selanjutnya
  4. Setelah proses administrasi selesai, Mitra Advokat Justika akan mulai membantu proses pembuatan surat gugatan cerai anda

Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah ini.