Apakah Anda sedang mencari tahu contoh akta cerai Kristen? Pada artikel ini akan dibahas informasi tentang syarat mengurus akta cerai non muslim beserta prosedurnya. Perlu diketahui bahwa pengurusan akta cerai Kristen dan akta cerai muslim tempatnya berbeda.

Perceraian umat muslim dilakukan di Pengadilan Agama, dan akta cerainya juga diurus di Pengadilan Agama. Sedangkan bagi non muslim, perceraian dilakukan di Pengadilan Negeri, dan akta cerainya diurus di Dukcapil.

Perceraian dalam katolik juga demikian, yakni diurus di Pengadilan Negeri dan aktanya dikeluarkan oleh Dukcapil. Biasanya akta cerai bisa diurus setelah Putusan Pengadilan sudah keluar. Tanpa putusan pengadilan, akta cerai tidak bisa diterbitkan.

Contoh Akta Cerai Kristen Beserta Syarat Mengurusnya

Ketika Anda mendaftarkan perceraian tersebut ke Dukcapil, akan diminta beberapa dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut menjadi syarat untuk penerbitan akta cerai. Berikut dokumen yang diperlukan saat mengurus akta cerai bagi umat Kristen.

1. Salinan Putusan Pengadilan

Ketika mengurus akta cerai, Anda harus membawa Salinan Putusan Pengadilan yang asli. Artinya Salinan Putusan Pengadilan tersebut harus dibubuhi stempel pengadilan dan memiliki kekuatan hukum.

Jadi Anda tidak bisa membawa fotocopy nya saja, melainkan harus berstempel asli dari Pengadilan Negeri. Jika Anda sudah belajar cara mengurus perceraian Kristen, pastikan juga pelajari cara mengurus akta cerai tersebut. 

2. Surat Pengantar Asli dari Panitera

Selain salinan putusan pengadilan, Anda juga harus membawa surat pengantar asli dari Panitera. Panitera yang dimaksud di sini seperti Kepala Desa atau lurah, dan ditandatangani juga oleh Camat setempat.

Perceraian dalam Kristen tidak bisa dilakukan secara diam – diam, melainkan harus diketahui oleh kepada desa atau lurah. Dalam penerbitan akta cerai, surat pengantar dari panitera ini sifatnya wajib dan tidak boleh digantikan dengan yang lain. 

3. Foto Copy KTP Pasangan yang Bercerai

Dibutuhkan juga foto copy KTP dari pasangan yang bercerai, yakni fotocopy KTP suami dan KTP istri. Di beberapa Dukcapil, ada yang hanya meminta fotocopy KTP si pemohon, tetapi lebih baik disiapkan dua – duanya.

Pada contoh surat gugatan cerai agama Kristen biasanya disebutkan identitas penggugat dan tergugat. Oleh karena itu, Foto copy KTP ini diperlukan sebagai konfirmasi identitas. 

4. Foto Copy Kartu Keluarga dan Surat Nikah Asli

Setelah bercerai, tentu Kartu Keluarga dan Surat Nikah tidak berlaku lagi. Foto Copy Kartu Keluarga dan Surat Nikah Asli juga harus dibawa ke Dukcapil saat mengurus akta cerai. Contoh akta cerai Kristen ini nantinya sebagai pengganti surat nikah, karena memiliki kekuatan hukum.

Surat Nikah Asli akan disita, dan kartu Keluarga juga akan diubah statusnya. Biasanya pasangan yang sudah bercerai perlu membuat Kartu Keluarga yang baru. 

5. Surat Kuasa Asli/ bermaterai (jika pengambilan akta diwakilkan) 

Jika misalnya pihak yang bercerai tersebut berhalangan mengurus akta cerai, maka pengurusannya bisa diwakilkan. Akta cerai agama Kristen pengurusannya banyak dilakukan oleh pengacara. Hanya saja harus ada Surat Kuasa Asli atau bermaterai serta fotocopy KTP penerima kuasa tersebut.

Misalnya akta cerai diurus oleh pengacara Anda, maka pengacara tersebut harus membawa Surat Kuasa Asli (bertandatangan di atas materai). Jika Anda menggunakan jasa pengacara, biasanya biaya perceraian agama Kristen yang dibutuhkan lebih besar

Bagaimana Jika Akta Cerai Hilang?

Akta Cerai menjadi bukti bahwa pasangan suami istri sudah sah secara hukum untuk berpisah. Namun jika akta cerai tersebut hilang atau rusak, apakah masih bisa dibuat kembali?

Jika Anda masih mengingat nomor akta cerai tersebut, maka salinannya bisa diminta kembali ke Dukcapil. Tetapi jika nomor akta tidak diingat, apakah masih bisa dibuat salinannya? Dirangkum dari berbagai sumber, sebenarnya tidak ada aturan Undang – Undang yang mengatur hal tersebut.

Dukcapil bisa menerbitkan kembali akta hilang dengan beberapa syarat. Tentu syaratnya disesuaikan dengan syarat perceraian Kristen. Nantinya Anda bisa mendapatkan kutipan akta cerai baru dari Dukcapil tersebut.

Sebaiknya jika ingin menerbitkan kembali kutipan akta perceraian, tanyakan kepada Dukcapil tempat Anda terkait persyaratannya. Setiap Dukcapil menetapkan syarat yang berbeda, oleh karena itu lebih baik cari tahu informasinya terlebih dahulu.

Akta cerai memiliki kekuatan hukum tetap, oleh karena itu fungsinya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Contoh akta cerai Kristen bisa dipelajari terlebih dahulu sebelum Anda mengurus akta cerai tersebut ke Dukcapil.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.