Perceraian adalah berakhirnya suatu pernikahan. Saat suami dan istri tak lagi memiliki keinginan untuk melanjutkan pernikahannya dalam waktu yang lebih lama, mereka bisa memohon ke otoritas terkait dalam hal ini pengadilan agama untuk melakukan cara mengurus perceraian secara legal. Namun untuk menolak gugatan di perlukan beberapa cara menggugurkan gugatan cerai suami yang akan di bahas pada artikel berikut ini. Sudah ada di banyak negara yang memiliki hukum dan aturan mengenai perceraian termasuk di Indonesia.

Gugatan Cerai Suami

Gugatan cerai dari pihak suami itu di katakan sebagai permohonan cerai talak oleh suami yang di daftarkan di pengadilan agama. maka sebenarnya suami itu bukan gugat akan tetapi permohonan.. bagi kamu seorang istri yang sedag kebingungan atas permohonan cerai yang dilakukan oleh suami tapi kamu seorang istri tidak mau di ceraikan tentu bertanya-tanya bagaimana menggugurkan gugatan cerai suami.

Cara Menggugurkan Gugatan Cerai Suami

Cara menggugurkan gugatan cerai suami itu tidaklah mudah dan tidak juga tergolong sulit. Pada dasarnya cara menggugurkan gugatan cerai di perlukan gugatan yang dilayangkan oleh suami ke pengadilan terlebih dahulu. Suami juga memerlukan beberapa alasan-alasan yang tergolong cukup kuat demi dapat melakukan permohonan cerai. Dengan begitu, bila alasan suami tersebut tidak memenuhi syarat perceraian, pengadilan atau hakim bisa menerima maupun menolak alasan perceraian tersebut.

Lantas Bagaimana Cara Menggugurkan Gugatan Cerai Dari Suami?

Sebelum mengetahui Cara menggugurkan gugatan cerai dari suami, diperlukan beberapa alasan terlebih dahulu yang melandaskan gugatan cerai tersebut dilayangkan. Setelahnya, anda dapat menganalisa kembali. Atas dasar tersebut, jika alasan yang digunakan oleh suami tidak cukup kuat, maka anda sebagai istri dapat melakukan perlawanan terhadap alasan-alasan yang diajukan oleh suami,

Cara Mencabut Gugatan di Pengadilan Agama

Pencabutan gugatan yang belum diperiksa di pengadilan mutlak menjadi hak penggugat dan tidak memerlukan persetujuan tergugat, yang dilakukan dengan cara:

  1. Pencabutan dilakukan dengan surat.
    • Ditujukan dan disampaikan kepada ketua pengadilan.
    • Berisi penegasan pencabutan gugatan. Pencabutan yang dilakukan dengan lisan pada prinsipnya tidak sah dan harus ditolak. Akan tetapi, dapat juga dibenarkan dengan syarat.
    • Pencabutan dilakukan di depan ketua pengadilan atau panitera.
    • Atas pencabutan itu, dibuat akta pencabutan yang ditandatangani penggugat dan ketua pengadilan/panitera, dengan tujuan agar tercipta dan terbina kepastian hukum (legal certainty) sekaligus menjadi bukti tentang kebenaran pencabutan.
  2. Ketua pengadilan menyelesaikan administrasi yustisial atas pencabutan.
    • Dalam hal panggilan sidang belum disampaikan kepada tergugat, ketua pengadilan cukup memerintahkan panitera mencoret perkara dari buku register.
    • Jika panggilan sidang sudah disampaikan kepada tergugat, tindakan administrasi yustisial yang mesti diselesaikan ketua pengadilan atau majelis ialah:
      1. Memerintahkan juru sita menyampaikan pemberitahuan pencabutan kepada tergugat.
      2. Pemberitahuan pencabutan dapat disampaikan pada hari sidang yang ditentukan.
      3. Memerintahkan panitera melakukan pencoretan perkara dari buku register.

3. Jika tergugat menyetujui pencabutan gugatan, maka majelis hakim harus:

  • Menerbitkan putusan atau penetapan pencabutan, yang mengakibatkan penyelesaian gugatan (perkara) menjadi bersifat final, yakni sengketa antara penggugat dan tergugat berakhir.
  • Memerintahkan pencoretan perkara dari register atas alasan pencabutan.

Itu tadi beberapa cara menggugurkan gugatan cerai suami dengan mudah di pengadilan. Anda dapat melakukan prosedur dan langkah langkah tersebut demi membatalkan gugatan cerai yang di layangkan kepada Anda.

Baca juga: Contoh Surat Gugatan Cerai Terbaru

Mengetahui Gambaran Biaya Perceraian melalui Justika

Untuk mendapatkan gambaran pasti biaya yang perlu dikeluarkan, anda dapat langsung menanyakan hal tersebut dengan konsultan hukum tepercaya di Justika.

Sebagai platform konsultasi hukum online, Justika menyediakan puluhan konsultan hukum profesional yang dapat anda tanyakan terkait tata cara dan biaya mengurus perceraian. Termasuk menanyakan gambaran biaya menggunakan pengacara.

Salah satu cara mudah dan terjangkau untuk menanyakan hal tersebut adalah menggunakan Layanan Konsultasi via Chat di Justika dengan langkah sebagai berikut:

  1. Masuk ke layanan Konsultasi via Chat justika.com
  2. Tulis pertanyaan tentang biaya perceraian di kolom chat
  3. Lakukan pembayaran sesuai instruksi yang tersedia
  4. Dan, dalam 5 menit sistem akan mencarikan konsultan hukum yang sudah pernah mengurus perceraian dan mengetahui berapa biaya perceraian

Selain itu, dengan menggunakan Justika anda juga dapat mengetahui gambaran biaya pasti terkait biaya pembuatan surat gugatan cerai. Cukup dengan mengakses laman Layanan Pembuatan Surat Gugatan Cerai via Justika, di sana sudah tertera nominal biaya pembuatan untuk dokumen tersebut.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.