Sebelum memutuskan bercerai, pahami dulu rincian biaya perceraian agama Kristen. Ketika melakukan gugatan cerai ke Pengadilan Negeri, ada biaya yang harus dibayarkan, baik oleh pihak penggugat maupun pihak tergugat.

Jangan dikira, proses perceraian hanya menyangkut putusnya ikatan suami istri, tetapi ada unsur hukum dan keagamaan di dalamnya. Setiap pasangan pasti tidak ingin pernikahannya berakhir dengan perceraian, namun hal ini terkadang tidak bisa dihindarkan.

Perceraian dalam Katolik misalnya tidak pernah diizinkan, tetapi namanya manusia selalu mempertimbangkan solusi terbaik untuk kehidupan. Terkadang, bercerai menjadi pilihan terbaik, tidak hanya bagi kedua belah pihak, tetapi juga bagi keluarga.

Sebelum Anda memutuskan untuk bercerai, pahami terlebih dahulu bahwa membuat gugatan cerai terkadang membutuhkan biaya besar. 

Perkiraan Biaya Perceraian Agama Kristen 

Besarnya biaya dalam proses perceraian sebenarnya relatif, dan dalam setiap kasus perceraian, biaya yang diperlukan berbeda – beda. Di bawah ini, beberapa hal yang membutuhkan biaya ketika mengurus perceraian di Pengadilan Negeri.

1. Biaya Untuk Panjar Perkara

Ketika Anda membuat gugatan cerai ke pengadilan, maka perlu membayarkan biaya panjar perkara terlebih dahulu. Pastikan Anda paham cara mengurus perceraian Kristen sehingga mudah mengetahui besaran biaya panjar yang dibutuhkan. 

Di setiap Pengadilan Negeri, biaya panjarnya juga berbeda – beda. Hal – hal yang membutuhkan biaya meliputi, biaya pendaftaran, biaya proses, biaya panggilan pemohon, biaya panggilan termohon, biaya redaksi, dan juga biaya materai.

Biasanya dalam hal panggilan pemohon dan panggilan termohon merupakan bagian yang menguras paling banyak biaya. Jika proses persidangan lama, maka dibutuhkan semakin banyak biaya. Perceraian dalam Kristen membutuhkan banyak proses dan memakan biaya.

Jumlah panjar yang diminta bisa saja masih kurang atau lebih. Jika panjar kurang, maka setelah putusan pengadilan dibuat, Anda harus membayar kekurangannya. Jika ternyata sisa, maka sisa biaya akan dikembalikan kepada Anda.

2. Biaya Pencatatan Perceraian atau Akta Cerai

Setelah putusan hakim dibuat, maka masih ada biaya yang harus dikeluarkan yakni biaya pencatatan perceraian. Salah satu syarat perceraian Kristen adalah harus memiliki akta cerai dan akta ini dikeluarkan oleh Catatan Sipil.

Jadi dalam proses pencatatan tersebut ada biaya administrasi yang dikeluarkan. Biaya pencatatan ini biasanya tidak besar, karena hanya menyangkut biaya administrasi saja. Jadi nantinya surat putusan dari Hakim dibawa ke Catatan Sipil agar didaftarkan dan dibuat akta cerainya.

Jika Anda butuh, maka contoh akta cerai Kristen bisa diminta kepada Catatan Sipil. Nantinya akta cerai tersebut akan diberikan kepada setiap pihak yang bercerai untuk digunakan sebagaimana mestinya. 

3. Biaya Tambahan Pengadilan

Ketika gugatan cerai tersebut diproses ke pengadilan, maka ada juga biaya perceraian untuk agama Kristen yang harus dikeluarkan. Biaya yang dimaksudkan adalah biaya pendaftaran perkara, materai, biaya administrasi, biaya redaksi, dan biaya panggilan. 

Biasanya biaya pengadilan ini diambil dari biaya panjar yang sudah disiapkan sebelumnya. Namun dalam proses persidangan, bisa saja biaya panjar tidak mencukupi. Misalnya ketika putusan hakim dibuat, pihak tergugat melakukan banding, maka diperlukan biaya lagi. 

Ada baiknya Anda cermati contoh surat gugatan cerai agama Kristen sehingga mendapatkan gambaran terkait besarnya biaya yang diperlukan. Semakin panjang proses pengadilan biasanya biayanya semakin besar. 

4. Biaya Pengacara

Kebanyakan dalam kasus perceraian melibatkan kehadiran pengacara, oleh karena itu, biaya pengacara juga perlu dimasukkan ke dalam biaya perceraian agama Kristen. Biaya pengacara juga sifatnya relative, tergantung pengacara mana yang Anda minta.

Jika perceraian dilakukan secara baik – baik tanpa permasalahan berarti, mungkin pengacara tidak dibutuhkan. Tetapi kebanyakan perceraian dibumbui konflik, sehingga kehadiran pengacara diperlukan. Pengacara bisa membuat Anda mendapatkan hak selama persidangan.

Beberapa pengacara ada yang meminta jasa mulai dari jutaan rupiah hingga puluhan juta. Jadi hal ini sangat bergantung pada kesepakatan Anda dengan pengacara tersebut. Ada baiknya lakukan riset harga terlebih dahulu ketika memilih pengacara.

Bisakah Perceraian Dilakukan Secara Gratis?

Jika orang yang bercerai tersebut termasuk warga tidak mampu maka bisa mendapatkan keringanan biaya dalam mengurus perceraian. Atau bahkan warga tidak mampu tersebut bisa mengurus surat cerai secara gratis.

Untuk bisa mendapatkan keringanan ini, maka harus ada bukti berupa SKTM atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh kepada desa atau dari kelurahan. Besarnya biaya perceraian agama Kristen bergantung pada proses sidang, dan juga status mampu tidaknya pihak yang bercerai tersebut.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.