Bagi Anda yang ingin mengurus perceraian jangan lupakan satu hal, yaitu biaya pengambilan akta cerai. Di sini, ada biaya tertentu yang wajib dibayarkan kepada pekerja di kantor pengadilan agama setelah membantu kasus. Juga, ada hukum atas retribusi biaya itu.

Salah satu barang yang wajib diterima setelah selesai mengurus proses perceraian adalah mengambil akta cerai. Ini merupakan sebuah bukti yang dikeluarkan oleh pejabat yang bertugas di ranah ini serta dokumen ini juga yang menjadikan bukti status yang berbeda.

Sebelumnya mungkin Anda dan pasangan berstatus “Sudah Menikah”, tetapi dengan adanya akta perceraian, maka sudah menjadi janda dan duda untuk waktu tertentu. Jika tidak bisa langsung ambil, maka bisa menulis surat kuasa pengambilan akta cerai dan diwakilkan.

Untuk mengurus perceraian sendiri sebelum masuk ke tahap pembayaran, ada beberapa urutan sidang perceraian yang harus dilalui. Pengadilan agama terlebih memiliki banyak mekanisme dan syarat autentik untuk bisa diwakilkan atau Anda sendiri yang datang.

Mekanisme Sebelum Masuk ke Tahap Biaya Pengambilan Akta Cerai

Sebelum Anda bisa mengetahui harganya dan bisa selesaikan pengambilan akta, ada beberapa proses yang juga harus dilalui. Lembaga birokrasi telah memiliki catatan untuk membuat seseorang bisa selesaikan proses ini jika sudah melewati tahap awal soal identitas.

Anda akan diminta untuk menyerahkan identitas, hingga contoh surat kuasa pengambilan akta cerai jika Anda merupakan perwakilan. Dari sini juga, Anda diwajibkan untuk mengisi beberapa lembar formulir yang di dalamnya akan diminta persetujuan terhadap syarat.

Petugas akan melakukan verifikasi juga tentang kehadiran Anda dan mencatatnya di buku Register. Karena sebelumnya, sering kali urusan perceraian diganggu oleh orang yang bukan semestinya sehingga menambah waktu soal berapa lama proses perceraian seseorang.

Soal biaya ambil akta cerai juga masih jauh dari tahap ini. Sebagai seseorang yang diwakilkan atau orang yang terlibat dalam perceraian itu langsung, Anda akan diberikan kutipan akta perceraian yang perlu diketahui sehingga ketika dijelaskan nanti paham.

Dari sini juga, Anda bisa sampaikan lagi maksud dan tujuan Anda datang ke tempat itu dan meminta agar segalanya dapat diurus segera. Jika memungkinkan, Anda juga bisa memberikan alasan cerai yang diterima hakim untuk mempercepat proses pengerjaan.

Biaya Pengambilan Akta Cerai di Pengadilan Agama

Setelah Anda melewati segala tahap itu, seluruh dokumen dan berkas yang telah diserahkan akan ditelaah lagi dan masuk ke proses kerja. Sehingga Anda wajib tunggu hingga berkas tersebut sudah lengkap, dan baru bisa masuk ke tahap cara isbat hukum nikah siri.

Menurut pasal 79A UU 24/2013, segala proses pengerjaan dan penerbitan perceraian itu tidak akan dipungut biaya. Karena menurut UU Nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi daerah, jasa itu sudah disediakan oleh pemerintah untuk kepentingan pribadi.

Segala aktivitas tentang biaya ambil akta cerai di pengadilan atau kantor urusan agama itu adalah gratis dan merupakan wewenang daerah setempat. Tetapi, Anda perlu tahu juga bahwa terkadang ada satu dua hal yang mewajibkan kita mengeluarkan uang.

Di lain sisi, ada peraturan presiden nomor 53 tahun 2008 yang menjelaskan bahwa pengambilan akta cerai setelah lewati cara menceraikan istri nikah siri akan dibiayai sebesar 10 ribu rupiah. Namun untuk biaya aktanya, akan dikali sebesar 300 rupiah per lembar.

Jika akta cerai Anda itu memiliki 20 lembar dari awal hingga akhir, maka biayanya akan ditambah lagi sebesar 6 ribu. Namun, ini cukup masuk akal mengingat banyak yang perlu diurus oleh sebuah kantor agama dan dirasa tidak masalah mengeluarkan uang segitu.

Meskipun banyak PERDA hingga Perpres yang sudah menetapkan biayanya, Anda juga tidak boleh membawa uang. Anda tidak akan bisa mengambil akta itu jika uang masih belum cukup. Kami sarankan, amankan 50 ribu untuk urutan sidang perceraian lainnya.

Akta cerai merupakan satu dokumen yang wajib disimpan agar nantinya tidak disalahgunakan. Menurut banyak orang, untuk mengambil akta cerai itu ada biayanya. Sedangkan menurut peraturan, biaya pengambilan akta cerai itu gratis, jadi jaga-jaga saja.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.