Biaya dispensasi nikah menjadi informasi penting sebelum Anda memutuskan pengajuan tersebut. Dalam setiap perkara di pengadilan, biaya menjadi salah satu hal penting yang perlu diketahui.

Biaya tersebut nantinya digunakan untuk administrasi dan keperluan selama proses pengajuan. Dispensasi nikah atau kawin sendiri dilakukan ketika ada pasangan yang masih berusia di bawah 19 tahun hendak menikah.

Seperti yang diketahui bahwa menurut UU No 16 Tahun 2019, usia minimal pernikahan baik laki-laki maupun perempuan adalah 19 tahun. Namun pada kasus tertentu boleh dilakukan dispensasi pernikahan.

Aturan hukum dispensasi nikah tercantum pada Perma No 5 Tahun 2019. Pada sumber hukum tersebut, sudah lengkap dijelaskan mengenai syarat hingga prosedurnya. Selama tidak menyalahi aturan, maka pernikahan bisa dilangsungkan.

Pihak yang melakukan pengajuan bukan calon mempelai, melainkan orang tua pasangan tersebut. Pengajuan juga bisa diwakilkan oleh advokat tapi tetap harus atas perintah orang tua atau wali pasangan.

Pada perkara satu itu, terdapat biaya yang harus Anda keluarkan. Biasanya di setiap pengadilan, khususnya Pengadilan Agama biayanya sama di seluruh wilayah indonesia. Meski demikian ada biaya lain-lain.

Baya lain-lain merupakan biaya diluar kebutuhan untuk pengadilan. Pada pembahasan ini kami akan membahas keduanya. Berikut ini adalah rincian biaya yang diperlukan untuk dispensasi pernikahan.

Biaya Dispensasi Nikah di Pengadilan

Biaya pokok yang harus Anda keluarkan untuk keperluan pengadilan sudah dihitung oleh pihak terkait. Sehingga, Anda hanya perlu membayarnya saja. Tapi, Anda juga akan diberi rincian untuk apa saja biaya tersebut.

Dalam setiap pengadilan, besar kecilnya biaya bisa dipengaruhi oleh radius tempat tinggal Anda. Semakin jauh tempat tinggal, maka akan semakin mahal biaya yang dikeluarkan.

Sebab, radius tempat tinggal akan mempengaruhi biaya pemanggilan atau pemberitahuan. Selain radius, jumlah pemohon juga mempengaruhi biaya cara mengajukan dispensasi nikah.

Seperti yang diketahui bahwa, pengaju dalam perkara ini dapat dilakukan oleh orang tua mempelai. Jika yang mengajukan bapak atau ibu saja, maka biayanya lebih murah. Berbeda jika yang mengajukan Bapak dan Ibu.

  1. Biaya Secara Total 

Berikut ini adalah biaya dispensasi nikah yang harus dikeluarkan berdasarkan radius:

  • Radius I : Rp335.000 / 1 pemohon dan Rp515.000 / 2 pemohon.
  • Radius II : Rp355.000 / 1 orang pemohon dan Rp555.000 / 2 orang pemohon.
  • Radius III : Rp395.000 / 1 orang pemohon dan Rp635.000 / 2 orang pemohon. 
  • Radius IV : Rp455.000 / 2 orang pemohon dan Rp755.000 / 2 Orang pemohon.
  1. Rincian Biaya

Uang tersebut kemudian akan digunakan untuk keperluan administrasi, seperti:

  • Biaya pendaftaran pengajuan : Rp.30.000
  • Biaya redaksi : Rp.10.000
  • Surat panggilan pertama : Rp. 20.000
  • Pemberitahuan putusan : Rp.10.000
  • Biaya ATK/Administrasi : Rp.75.000
  • Biaya panggilan : Radius I Rp.90.000, Radius II Rp.100.000, Radius III Rp.120.000, dan Radius IV Rp.150.000.

Biaya di atas adalah biaya panjar yang masuk juga ke dalam syarat dispensasi nikah. Jika terdapat kelebihan dalam hal biaya, maka kelebihan tersebut akan dikembalikan. Apabila dalam waktu 6 bulan tidak diambil, maka masuk kas negara.

Biasanya setiap pengadilan memiliki tarif yang sama, tapi terkadang ada juga yang berbeda. Hal ini tergantung dari kebijakan pengadilan yang Anda pilih.

Biaya yang Dikeluarkan untuk Keperluan Lain-lain

Selain biaya inti yang harus dibayarkan kepada pengadilan, tidak menutup kemungkinan Anda juga akan mengeluarkan biaya lain-lain. Yang dimaksud biaya lain-lain adalah biaya yang tidak terduga tapi masih berkaitan dengan proses tersebut. Berikut adalah rincian biaya lain-lain yang pasti Anda butuhkan:

  1. Biaya Mencetak dan Fotocopy Dokumen

Pada proses pengajuan dispensasi pernikahan, ada berbagai dokumen yang yang harus diserahkan. Tujuannya adalah untuk pendaftaran secara administratif dan menganalisis pengajuan.

Dokumen yang dibutuhkan di antaranya adalah surat permohonan dispensasi, dan berbagai dokumen terkait data diri calon mempelai. Contoh surat dispensasi nikah dapat Anda unduh di website resmi pengadilan.

Pastikan Anda menggunakan format terbaru dan sesuai. Agar nantinya pengajuan tidak ditolak dan harus mengulang kembali.

  1. Biaya Transport

Biaya transport juga menjadi biaya lain-lain yang paling banyak dibutuhkan. Anda memerlukan ongkos atau uang bensin untuk mengurus proses dispensasi nikah. Apa lagi jika jaraknya cukup jauh.

Biaya yang dikeluarkan pastinya tidak sedikit. Maka, biaya transport juga patut diperhitungkan agar bisa mempersiapkan biaya tersebut.Dalam pengajuan dispensasi pelaksanaan pernikahan, terdapat hal-hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah biaya dispensasi nikah yang harus dibayarkan ke pengadilan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.