Biaya cerai ghaib untuk setiap daerah tentunya berbeda-beda. Hal ini dilihat dari biaya operasional dari setiap daerah tersebut. Untuk masing-masing daerah, Anda dapat melihatnya di website resmi Pengadilan Agama.

Kali ini kami akan membahas mengenai biaya yang akan Anda keluarkan pada proses perceraian satu ini di daerah Jakarta Pusat. Biaya ini dapat dijadikan acuan untuk semua daerah lainnya.

Sebab, biaya yang dikeluarkan tidak akan jauh dari biaya tersebut. Jika Anda diminta untuk membayar biaya yang jauh lebih tinggi untuk cerai ghaib, maka sebaiknya melaporkan kepada pihak terkait. 

Dikhawatirkan Anda mengalami penipuan dan pemerasan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui banyaknya biaya yang dibutuhkan pada setiap proses perceraian. Biaya yang akan kami sampaikan tidak termasuk dengan biaya kuasa hukum.

Biaya kuasa hukum akan ditanggung oleh penggugat. Oleh sebab itu Anda harus teliti dalam memahami rincian biaya tersebut. Berikut ini adalah rincian biaya yang akan Anda keluarkan saat melakukan proses ini.

Biaya Cerai Ghaib untuk Gugatan

Gugatan dalam perceraian secara ghaib diajukan oleh seorang istri yang telah ditinggalkan oleh suaminya dalam waktu lama. Selama ditinggal tersebut, keberadaan suami tidak diketahui sama sekali.

Sang suami bahkan tidak pernah menghubungi istrinya dan tidak memberikan hak untuk keluarganya. Terutama nafkah berupa biaya hidup. Sehingga pihak istri merasa dirugikan dalam pernikahan tersebut.

Sebelumnya, Anda harus memahami syarat gugat cerai ghaib terlebih dahulu agar memahami apa saja yang harus dipersiapkan. Selain itu, dengan memahami syarat Anda juga akan lebih mudah dalam memulai proses hukumnya.

Berikut ini adalah rincian biaya yang harus Anda keluarkan jika melakukan gugatan secara ghaib:

  1. Biaya pendaftaran gugatan sebesar Rp.30.000.
  2. Biaya administrasi penyelesaian perkara (BAPP) sebesar Rp.50.000.
  3. Panggilan pemohon dan tergugat, sebanyak 2 kali pertemuan untuk penggugat dan 3 kali untuk tergugat adalah Rp.350.000. Jadi, satu kali pertemuan memerlukan biaya Rp.70.000.
  4. Panggilan untuk bermediasi antara penggugat dan tergugat adalah Rp.140.000. Dengan rincian masing-masing untuk penggugat dan tergugat adalah Rp.70.000.
  5. Biaya materai Rp.6000 atau menggunakan yang Rp.10.000.
  6. Biaya hak redaksi Rp.5000.
  7. Biaya tambahannya saat alamat tergugat ghaib adalah Rp.70.000.

Jadi, total yang harus Anda keluarkan dalam proses perceraian ini adalah Rp.656.000. Jika pada prosesnya terjadi kekurangan, maka pihak pengadilan agama akan melakukan konfirmasi untuk biaya tambahan tersebut.

Jika ternyata biaya yang dikeluarkan masih tersisa, maka sisa uang tersebut akan dikembalikan kepada penggugat. Namun, apabila dalam waktu 180 hari sisa uang tersebut tidak juga diambil, maka akan dimasukkan ke dalam kas negara.

Baca juga: Contoh Gugatan Cerai Ghaib Pastikan Anda Memahaminya

Biaya Cerai Ghaib untuk Talak

Cerai talak adalah perceraian yang diajukan oleh pihak suami kepada istri. Hal ini dilakukan jika saat masa pernikahan, istri pergi dalam waktu yang cukup lama dan keberadaannya tidak diketahui sama sekali.

Biaya yang dikeluarkan untuk gugatan dan talak terdapat perbedaan. Jika dibandingkan dengan gugatan, bahkan lebih mahal karena ada tambahan pertemuan antara tergugat dan penggugat.

Jika pada contoh gugatan cerai ghaib pertemuan penggugat hanya 2 kali dan tergugat hanya 3 kali, maka lain halnya dengan cerai talak. Sebab, pertemuan penggugat pada cerai talak adalah 3 kali dan tergugat sebanyak 4 kali.

Maka, tidak heran jika biayanya lebih mahal. Berikut ini adalah rincian biaya yang harus Anda siapkan untuk proses perceraian ini:

  1. Biaya pendaftaran perceraian Rp.30.000.
  2. Biaya Administrasi Penyelesaian Perkara (BAPP) Rp.50.000.
  3. Panggilan penggugat 3 kali dan tergugat 4 kali dengan masing-masing panggilan Rp.70.000, maka total semuanya adalah Rp.490.000.
  4. Pemanggilan penggugat dan tergugat untuk bermediasi sebanyak 1 kali pertemuan dan biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp.140.000.
  5. Biaya materai Rp.600 atau materai Rp.10.000.
  6. Hak redaksi Rp.5000.
  7. Biaya tambahan untuk perceraian ghaib adalah Rp.70.000.

Maka, total yang harus Anda keluarkan untuk perceraian talak ini adalah Rp.800.000. Jika masih ada perkara lain yang akan Anda bawa dalam persidangan, maka terdapat biaya tambahan tergantung dari jumlah perkara.

Biaya yang masih tersisa akan dikembalikan kepada penggugat. Jika dalam waktu 180 hari sisa uang tersebut tidak diklaim, maka akan masuk ke kas negara. Perlu kami ingatkan bahwa biaya cerai ghaib di setiap daerah mungkin saja berbeda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.