Angka perceraian di Indonesia semakin tinggi tiap tahunnya. Hal ini menjadikan jasa pengacara semakin banyak juga. Bahkan ada beberapa kantor pengacara yang menetapkan paket all in untuk pengurusan perceraian hingga pendampingan gugatan. Dalam paket tersebut sudah termasuk biaya pengacara hak asuh anak.

Mengajukan Gugatan Dengan Pengacara Lebih Menguntungkan

Untuk mengurus sebuah perceraian sebenarnya pihak yang bercerai bebas menggunakan pengacara atau tidak. Bedanya adalah jika menggunakan pengacara maka anda sebagai klien tidak perlu pusing atau repot lagi untuk mengurus perceraian. Namun tentu saja ada konsekuensinya yaitu Anda harus membayar biaya jasa pengacara. Belum lagi jika Anda mengajukan gugatan hak asuh anak maka ada biaya pengacara hak asuh anak.

Berbeda jika anda mengurus perceraian tanpa pengacara. Jika mengurus perceraian tanpa pengacara maka tidak ada biaya tambahan yang perlu dikeluarkan. Anda hanya perlu membayar biaya panjar perkara serta biaya persidangan. Namun tentu saja hal ini akan merepotkan dan memakan waktu.

Kapan Perlu Menggunakan Pengacara

Pilihan untuk menggunakan pengacara atau tidak kembali kepada masing-masing. Bagi Anda yang tidak memiliki budget lebih namun memiliki waktu yang banyak maka tanpa menggunakan jasa pengacara ada sudah bisa mengurus perceraian hingga diterbitkannya akta cerai anda nanti.

Namun lain cerita bagi Anda yang sibuk, menggunakan jasa pengacara merupakan pilihan yang tepat karena anda tidak perlu dipusingkan dalam pengurusan dokumen serta menghadiri sidang perceraian. Cara mengurus surat cerai tanpa sidang juga memang mengharuskan menggunakan pengacara sebagai perwakilan ada di persidangan nanti.

Terlebih bagi Anda yang ingin mengajukan gugatan seperti hak asuh anak atau harta gono gini maka sebaiknya gunakan jasa pengacara.

Dengan menggunakan jasa pengacara maka kemungkinan untuk terjadinya kesalahan pembuatan dokumen gugatan atau hal-hal teknis serta administratif lainnya bisa dihindari. Terlebih jika anda adalah orang yang tidak mengerti hukum sama sekali maka sebaiknya gunakan jasa pengacara ketika anda ingin mengajukan gugatan termasuk gugatan hak asuh anak.

Ketika kedua orang tua bercerai dan memiliki anak yang masih dibawah umur, maka proses hak asuh anak akan didasarkan oleh Undang-Undang dan peraturan yang berlaku. Lebih lengkapnya Anda bisa melihat melalui laman ini.

Biaya Pengacara Hak Asuh Anak

Untuk biaya pengacara hak asuh anak nilainya memang cukup beragam. Setidaknya Anda harus mempersiapkan 20 hingga 100 juta rupiah untuk menggunakan jasa pengacara hingga memenangkan kasus. Namun kembali lagi biaya tersebut tergantung dari kerumitan perkara. Lokasi serta nama besar dari pengacara juga akan mempengaruhi nilai atau tarif dari biaya sewa pengacara. 

Biaya pengacara hak asuh anak biasanya sudah ikut dengan biaya pengurusan perceraian. Namun terkadang ada beberapa orang yang menyiasati dengan hanya menggunakan pengacara untuk mengajukan gugatan saja. Tentunya hal ini dilakukan untuk menghemat biaya. Ada juga yang menggunakan pengacara hanya sebatas untuk memasukkan dokumen gugatan atau perkara. Apapun pilihannya kembali kepada individu masing-masing dan sebaiknya sesuaikan dengan budget dan waktu yang anda miliki saat ini. 

Layanan Konsultasi Chat Justika Seputar Hak Asuh Anak

Justika juga menyediakan layanan dalam bentuk chat yang bisa Anda gunakan untuk berkonsultasi seputar masalah hak asuh anak dalam perceraian. Anda bisa mengujungi laman ini dan tanyakan masalah yang sedang dihadapi pada kolom chat. Selanjutnya bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi. Sistem nantinya akan membantu mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi Via Telepon

Jika layanan chat kurang mengakomodasi kebutuhan Anda, Justika menyediakan layanan konsultasi via telepon yang bisa Anda manfaatkan. Dengan layanan ini, Anda bisa mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum lebih mudah dan efektif melalui telepon selama 30 atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Via Tatap Muka

Selain telepon dan chat, Anda juga dapat berdiskusi dan berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika secara lebih leluasa lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Lama diskusi sekitar 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.