Lagi harus mengurus masalah lain sementara bingung soal berapa lama proses perceraian di dalam pengadilan itu berlangsung? Atau proses sidang perceraian berapa kali? Umumnya, proses persidangan untuk cerai ini cukup memakan waktu. Tetapi ini dilakukan untuk membuat seluruh masalah menjadi jelas.

Dalam sebuah hubungan, sangat sedih jika harus dibawa ke tahap perpisahan. Hubungan yang telah dibangun itu harus selesai karena beberapa masalah yang tidak kita pikirkan sebelumnya. Apalagi bagi pasangan yang sudah sampai ke tahap lebih lanjut, pernikahan.

Seorang pasangan bisa saja memiliki masalah hingga membuat mereka harus tahu cara menceraikan istri nikah siri, maupun yang sudah legal. Di sisi lain, ada yang tidak ingin berada di tahap ini terlalu lama sehingga urusan perceraian diharapkan bisa dengan cepat selesai.

Sayangnya, proses perceraian akan memakan waktu yang cukup lama agar Anda dan pasangan dapat mendapat maksud dan tujuan masing-masing yang mungkin belum banyak diketahui. Tetapi, seberapa lama proses persidangan perceraian akan berlangsung?

Mengetahui Berapa Lama Proses Perceraian

Sebelum melaksanakan cara isbat hukum nikah siri, kita mungkin telah mempelajari banyak apa risiko dan seberapa lama perceraian itu akan dilangsungkan prosesnya. Tetapi untuk menjawab pertanyaan tersebut, yang dapat kami sampaikan soal waktunya itu relatif.

Ada banyak upaya penyelesaian yang harus dilakukan untuk menghapus segala perselisihan antara suami dan istri hingga pada saat perceraian nanti dapat hidup tanpa rasa dendam ke pihak lain. Lantas, jika relatif, apa saja proses dan urutan sidang perceraian tersebut?

1. Proses Mempelajari Surat Gugatan

Yang pertama akan dilakukan oleh pengadilan agama atau pengadilan negeri saat memproses kasus perceraian adalah mempelajari surat gugatan. Dan soal lama proses cerai ini dilangsungkan pada proses ini adalah sekitar 30 hari.

Pengadilan agama akan meminta waktu dari yang bersangkutan untuk memahami surat gugatan dan memeriksa segala jenis kelengkapan atau tidak. Waktu 1 bulan itu bisa saja semakin cepat, tergantung dengan surat kuasa pengambilan akta cerai.

2. Proses Sidang

Setelah gugatan itu diperiksa dan dianggap semua telah memenuhi syarat, hakim akan memanggil para penggugat dan tergugat untuk hadir di sidang. Ini juga tidak hanya memakan berapa lama proses perceraian selama 1 hari saja, tetapi tergantung.

Yang kami maksudkan tentang tergantung itu adalah soal jumlah kasus atau pelanggaran yang dilakukan oleh salah satu pihak. Bahkan terkadang, ada sesi debat khusus antara keduanya berdasarkan gugatan yang masing-masing kirimkan.

3. Pemanggilan Saksi

Agar semua semakin jelas dan alasan cerai yang diterima hakim itu masuk akal, mereka akan melakukan pemanggilan saksi yang mungkin bisa menambah argumen. Pemanggilan saksi ini juga biasanya memakan waktu karena kendala alamat.

Jadi, hingga proses datangnya saksi dan selesai persidangan, biasanya lama prosesnya tahap ini ada di 2-3 hari. Saksi ini bisa meliputi anak yang sudah berusia cukup, atau tetangga yang menjadi saksi mata ketika ada pelanggaran.

4. Proses Hakim Memahami Gugatan

Setelah semua berlangsung, saksi yang sudah didatangkan, hingga adanya surat bukti lainnya, selanjutnya hakim akan mencoba memahami seluruhnya berdasarkan contoh surat kuasa pengambilan akta cerai yang mungkin sudah ada dari pasangan lain.

Untuk menentukan putusan, hakim tidak pernah bersikap ceroboh. Mereka lebih memilih memakan waktu yang lama daripada nantinya gugatannya tidak sesuai. Apalagi jika sudah sampai di fase hak asuh anak atau harta yang dibagikan.

Berdasarkan pasal 29 ayat 1 sampai 3, lama prosesnya dan pemeriksaan gugatan tersebut bisa memakan waktu hingga 6 bulan. Setelah itu, baru sidang yang menentukan dan akta keluar akan diproses untuk diambil Anda.

5. Proses Pembayaran

Setelah gugatan itu resmi keluar, ada satu lagi tahap yang harus dilewati. Penggugat dan tergugat harus membayar biaya pengambilan akta cerai. Namun, tidak berarti Anda dapat langsung mengambilnya setelah sidang selesai.

Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk mencetak hingga mengurutkan semua data itu ada di 3 hingga 4 hari tergantung kondisi pengadilan. Ketika sudah selesai, nantinya Anda akan diberi tahu dan Anda memiliki bukti tidak terikat di pernikahan lagi.

Setelah melihat segala rangkaian kegiatan yang akan dihadapi ketika memutuskan untuk bercerai, lama waktu yang perlu dipersiapkan itu mungkin cukup lama. Jadi, ketika ditanya soal berapa lama proses perceraian, kami mungkin akan menjawab sekitar 7 bulan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.