Surat Kuasa Ahli Waris ini biasanya berisikan mengenai keterangan pewaris dan ahli waris. Surat ini bertujuan untuk menentukan ahli waris secara sah berdasarkan hukum, sehingga juga dapat mencegah penyalahgunaan wewenang tersebut. Sehingga melihat contoh surat kuasa ahli waris kematian ini menjadi penting jika Anda sudah memiliki anak.

Beberapa Hal yang Perlu Dilakukan

Dalam membuat surat kuasa ahli waris, sebenarnya bisa dibantu dengan menyewa seorang pengacara maupun mengurusnya sendiri. Tak sedikit juga yang memilih untuk membuat surat kuasa tersebut sendiri. Nah inilah beberapa hal yang harus dilakukan sebelum membuat surat kuasa ahli waris kematian yaitu:

  1. Memahami Aturan Hukum yang Berlaku
    Sebelum anda membuat surat kuasa sendiri ini, pastikan untuk memahami aturan hukum yang sedang berlaku. Karena biasanya terdapat perbedaan pada setiap negara, apalagi jika anda memiliki keturunan yang berasal dari luar negeri.
  2. Menunjuk Ahli Waris Secara Jelas
    Dalam menetapkan ahli waris ini juga lebih diperhatikan banyaknya penerima. Anda juga dapat menetapkan mekanisme dalam checking, tabungan, akun pasar saham maupun sertifikat deposito dan obligasi yang ada.
  3. Menguraikan Keterangan Sedetail Mungkin
    Dalam surat tersebut pastikan juga untuk melihat terlebih dahulu contoh surat kuasa ahli waris kematian agar dapat memahami bahasa yang tepat yang sering digunakan. Anda bisa mencantumkan nama kuasa yang anda percayai, jelaskan juga mengenai dimana bisa mendapatkan surat wasiat tersebut.

Cara Membuat Surat Kuasa Ahli Waris

  1. Menyiapkan Berkas-Berkas Persyaratan
    Dalam membuat surat kuasa ini, anda juga harus menyiapkan beberapa berkas untuk melengkapi persyaratan. Seperti Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga pewaris, surat keterangan penguburan, surat nikah pewaris, KTP istri dan anak dan akta lahir dari ahli waris.
  2. Menyiapkan Surat Pernyataan Ahli Waris
    Setelah berkas-berkas di atas terpenuhi, maka anda dapat menyiapkan surat pernyataan ahli waris. Di dalam surat tersebut terdapat beberapa hal yang harus dilengkapi seperti keterangan pewaris yang terdiri dari hari, tanggal dan lokasi meninggal.

    Kemudian dilengkapi dengan alamat lengkap dari pewaris sebelum meninggal, nama istri/ suami dan anak pewaris. Selanjutnya juga jumlah pembagian harta yang akan diberikan kepada ahli waris. Setelah semua sudah lengkap surat tersebut bisa di tanda tangani oleh semua ahli waris dengan tambahan materai dan tanda tangan saksi juga.
  3. Surat Pengantar RT/RW Setempat
    Langkah berikutnya yaitu meminta surat pengantar dari RT/RW setempat yang kemudian akan dilanjutkan ke kantor Kelurahan maupun Kecamatan.

    Tentunya dari contoh surat kuasa ahli waris kematian tersebut lebih menjelaskan maksud dari surat kuasa ahli waris kematian. Seperti mengambil tabungan, sertifikat tanah atas nama pewaris, dll.

Konsultasi Mengurus Surat Kuasa Ahli Waris di Justika

Hal lain yang tidak mudah dalam mengurus hak waris adalah mengetahui bagaimana untuk mengurus surat kuasa ahli waris sebagai bukti pembagian harta waris dengan adil dan benar.

Di Justika, ada tiga layanan yang dapat membantu Anda menghitung pembagian waris dengan mudah, yaitu

1. Konsultasi via Chat

Walau anda telah memahami bagaimana cara mengurus surat kuasa ahli waris kematian, ada baiknya anda juga mengkonsultasikan hal tersebut kepada konsultan hukum terpercaya untuk menghindari konflik atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Saat berkonsultasi, konsultan hukum akan menanyakan secara detail situasi waris anda, sehingga anda akan mendapat gambaran situasi atau hal-hal apa saja yang dapat terjadi secara hukum dari situasi waris yang anda.

Mengikuti perkembangan teknologi, berkonsultasi hukum sudah tidak perlu lagi harus datang ke kantor pengacara. Semua dapat dilakukan secara online semudah dengan chat seperti di Justika. Anda dapat berkonsultasi dengan konsultan hukum profesional yang telah biasa mengurus waris dengan cara mudah dan terjangkau melalui langkah berikut:

  1. Masuk ke dalam layanan Konsultasi via Chat Justika
  2. Ceritakan situasi waris anda di kolom chat
  3. Lakukan pembayaran sesuai instruksi yang tersedia
  4. Dan, dalam 5 menit sistem akan mencarikan konsultan hukum profesional yang telah biasa mengurus situasi waris seperti yang anda miliki

Justika juga menyediakan layanan lainnya dalam bentuk analisis hak waris dan kalkutalor waris.

2. Layanan Analisis Hak Waris

Dengan menggunakan layanan ini, Anda akan mendapatkan saran yang rinci dari konsultan hukum yang berpengalaman melalui konsultasi dan pengecekan detail hak waris.

Langkah-langkah menggunakan Layanan Analisis Hak Waris:

  1. Isi kondisi waris Anda untuk dianalisis konsultan sebelum konsultasi dimulai
  2. Pilih jadwal konsultasi sesuai kebutuhan
  3. Dapat link chat untuk konsultasi langsung membahas hak waris

3. Kalkulator Waris Islam

Dengan layanan Kalkulator Waris Islam, Anda dapat menghitung otomatis pembagian waris secara transparan, akurat, dan sesuai dengan syariat dan UU yang berlaku di Indonesia hanya dengan mengisi form di dalamnya.

Sistem perhitungan Kalkulator Waris Islam di Justika berlandaskan Kompilasi Hukum Islam (KHI) yang merupakan landasan hukum yang berlaku dan umum digunakan di pengadilan agama di Indonesia.

Selain itu, terdapat fitur tambahan lainnya, yakni Anda dapat berkonsultasi dengan para ahli di bidang waris, yaitu konsultan hukum maupun ustadz secara online.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah ini.