Mau tahu bagaimana menyampaikan alasan cerai yang diterima hakim perceraian dan bisa lolos dari pertanyaan yang terlalu banyak? Karena sering kali, dalam persidangan kasus cerai, pertanyaan yang disampaikan itu terkadang membuat kita semakin takut dan ragu.

Membahas tentang perceraian memang tidak ada habisnya. Mulai dari biaya pengambilan akta cerai hingga alasan yang bisa disampaikan kepada hakim untuk diterima sebagai salah satu yang masuk akal. Sehingga ini cukup menggambarkan betapa rumitnya masalah ini.

Akan tetapi, ini juga harus dilakukan dengan serius. Orang yang mengalami masalah dalam rumah tangganya juga harus diselesaikan sebagaimana mestinya. Jadi, penyampaian alasan nanti juga harus berdasarkan suatu kejadian yang nyata dan jangan dibuat sembarang.

Karena jika ketahuan, risikonya sendiri yang perlu Anda hadapi. Bukan tanpa alasan, ini berarti Anda melakukan cara isbat hukum nikah siri ataupun yang sah secara tidak benar. Dan jika sudah terjadi demikian, proses persidangan nanti akan jauh lebih ribet lagi.

Apa Saja Alasan Cerai yang Diterima Hakim

Sebelum masuk ke ruang persidangan atau sedang mengajukan perceraian di kantor agama, salah satu hal yang wajib dilakukan adalah penyampaian alasan. Karena jika tidak ada alasan yang menjadi latar belakang, surat kuasa pengambilan akta cerai diterima atau tidak.

Berdasarkan surat gugatan yang banyak diterima, ada beberapa alasan yang masuk akal dan pastinya akan diterima jika benar terjadi demikian. Tetapi jika ternyata alasannya itu palu, soal berapa lama proses perceraian akan semakin panjang. Jadi, alasannya adalah:

1. Salah satu pihak melakukan Kekejaman atau Penganiayaan berat

Seperti biasa, penganiayaan atau bentuk kekejaman lain dalam rumah tangga sudah termasuk ke ranah KDRT. Sehingga ini pastinya akan ditegakkan dan mendapat hukuman bagi pihak pelakunya. Apalagi sampai membahayakan pihak lain.

2. Setelah Perkawinan Berlangsung, Salah satu pihak mendapat hukuman penjara 5 tahun atau lebih

Alasan bercerai yang diterima seorang hakim juga ada yang berkaitan dengan penjara. Jika salah satu pihak, suami atau istri, mendapat hukuman penjara selama 5 tahun atau lebih, maka boleh saja mengajukan cerai, tetapi cukup jarang karena alasan ini.

3. Meninggalkan Selama 2 Tahun Berturut-Turut tanpa izin

Cara menceraikan istri nikah siri juga dapat dilakukan ketika mereka sudah meninggalkan Anda selama 2 tahun berturut-turut tanpa izin dari Anda. Ini akan langsung diterima hakim dan proses perceraian akan dilakukan secepat mungkin.

4. Melakukan Perbuatan Zina

Jika salah satu pihak ketahuan melakukan perjudian, menjadi pemabuk, hingga perbuatan zina lainnya, maka sebagai pihak korban dalam rumah tangga itu bisa saja langsung melaporkan dan ini menjadi salah satu alasan cerai yang paling sering.

5. Suami Melanggar Sighat Taklik-Talak

Ketika suami melanggar sighat taklik-talak, yang mana ini menjadi tradisi dari agama Islam, ini juga menjadi salah satu alasan yang dapat Anda sampaikan. Karena ini pasti merupakan alasan cerai yang diterima hakim karena perbuatan sang suami itu.

6. Mendapat Cacat Badan karena Tidak dapat Menjalankan Kewajibannya

Anda pastinya sering melihat kondisi dimana seseorang mendapat perlakuan kekerasan karena tidak dapat memenuhi permintaan. Ketika sudah ada bukti kekerasan yang dilakukan, maka proses persidangan juga pastinya akan diurus.

7. Rumah Tangga yang tidak Rukun

Apa yang terjadi dalam rumah tangga mungkin tidak bisa diketahui semua orang. Sebelum melihat contoh surat kuasa pengambilan akta cerai, biasanya akan disampaikan dulu apa saja kondisi rumah tangga, apa berjalan rukun atau tidak.

8. Tidak Menafkahi Selama 3 Bulan

Masalah nafkah juga merupakan salah satu alasan bercerai. Biasanya, masalah nafkah ini adalah kewajiban seorang suami. Namun ketika tidak diberikan sebagaimana mestinya, maka bisa jadi sebuah masalah persidangan.

9. Pertengkaran yang Terlalu Sering

Pertengkaran memang merupakan salah satu hal biasa dalam rumah tangga. Namun ketika sudah masuk ke tahap yang tidak normal atau keseringan, ini bisa menjadi salah satu agenda dalam urutan sidang perceraian karena bisa jadi menjadi bahaya.

Melakukan perceraian itu mungkin adalah satu hal yang sifatnya privasi. Tidak semua orang ingin memberi tahu apa alasan mereka bercerai. Tetapi, ada beberapa alasan yang dapat disampaikan karena termasuk ke dalam alasan cerai yang diterima hakim pengadilan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.