Perceraian memang menjadi suatu hal yang tak pernah diinginkan terjadi pada semua keluarga. Akan tetapi masalah yang bertubi-tubi membuat orang ingin segera bercerai walaupun tak memiliki biaya untuk menyewa pengacara. Tenang saja, karena ada cara urus surat cerai sendiri tanpa perlu menggunakan pengacara sebagai berikut:

Menyiapkan Berkas-berkas yang Dibutuhkan

Cara yang pertama adalah menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan oleh pengadilan. Ada beberapa berkas yang harus dipersiapkan seperti KTP, buku nikah, fotokopi KK, akta kelahiran anak, dan lain sebagainya.

Jika Anda juga ingin menuntut harta gono-gini pun juga diperlukan dukungan berkas-berkas lain seperti BPKB, STNK, sertifikat tanah, dan berkas pendukung lainnya. Semuanya harus disiapkan dengan baik agar tidak perlu bolak-balik ke pengadilan.

Daftarkan Gugatan Cerai ke Pengadilan

Selanjutnya Anda bisa mendaftarkan gugatan secara langsung ke pengadilan baik dengan cara online maupun offline. Nantinya Anda bisa datang ke pengadilan agama atau pengadilan negeri sesuai dengan agama dan juga wilayah Anda masing-masing.

Untuk mendaftarkannya Anda nanti akan dibimbing oleh pihak pengadilan untuk sistem perceraian tersebut. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu jika menginginkannya.

Buat Surat Gugatan Cerai Sesuai dengan Kronologi Masalah

Cara urus surat cerai yang berikutnya adalah Anda diminta untuk membuat surat gugatan cerai. Nantinya di sana Anda harus mengisi formulir yang berisi berbagai informasi Anda beserta pasangan. Oleh karena itu, Anda harus tahu biodata pasangan secara lengkap.

Pada proses ini Anda diharuskan untuk menuliskan berbagai alasan mengenai gugatan cerai tersebut agar bisa dikabulkan oleh pihak pengadilan. Pastikan bahasanya mudah dimengerti dan juga rinci sehingga alasannya bisa menjadi kuat.

Siapkan Uang untuk Biaya Proses Perceraian

Untuk melakukan persidangan cerai itu bukanlah hal yang mudah sebab diperlukan biaya yang cukup besar. Sebelum melangsungkan sidang cerai, Anda harus membayar uang panjar perkara yang dibayarkan di awal.

Uang itu digunakan dari mulai awal hingga akhir proses perceraian. Apabila nanti uangnya kelebihan setelah dihitung maka akan dikembalikan. Begitu juga sebaliknya jika uangnya kurang maka Anda wajib menambahkannya.

Ikuti Proses Persidangan

Cara yang terakhir adalah ikuti proses persidangan dari awal hingga akhir. Ajaklah pasangan untuk ikut berpartisipasi dalam sidang agar proses bisa cepat selesai. Jika pasangan tidak datang di setiap sidang maka yang pasti waktu perceraian akan menjadi lebih lama. Tak hanya itu saja, biaya menjadi membengkak karena digunakan untuk memanggil berkali-kali.

Begitulah cara urus surat cerai sendiri tanpa ada pendampingan dari pihak kuasa hukum atau pengacara. Permasalahan rumah tangga Anda akan selesai walaupun tidak membayar pengacara yang mahal. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Baca Juga: 3 Cara Mengurus Surat Cerai Online

Konsultasi Proses Perceraian melalui Justika

Jika Anda sudah cukup memahami cara-cara mengurus perceraian sendiri tanpa pengacara, dan membutuhkan layanan untuk membuat surat gugatan cerai, Justika menyediakan layanan tersebut. Cara mengaksesnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka layanan Pembuatan Surat Gugatan Cerai Justika
  2. Klik tombol “Pesan Dokumen”
  3. Anda akan diarahkan menuju Whatsapp dan Admin kami akan membantu anda untuk proses selanjutnya
  4. Setelah proses administrasi selesai, Mitra Advokat Justika akan mulai membantu proses pembuatan surat gugatan cerai anda

Walaupun proses perceraian sangat memungkinkan untuk Anda urus sendiri, seringkali juga terdapat hambatan yang mempersulit Anda menjalani proses tersebut. Jika Anda memperlukan konsultasi hukum terkait proses perceraian Anda, Anda dapat mengkonsultasikan hal tersebut via Justika secara online dengan mudah dan terjangkau. Anda cukup melakukan langkah berikut:

  1. Masuk ke layanan Konsultasi via Chat Justika.com
  2. Ceritakan permasalahan yang Anda hadapi dalam proses perceraian Anda di kolom chat
  3. Lakukan pembayaran sesuai instruksi yang tersedia
  4. Dan, dalam 5 menit sistem akan mencarikan konsultan hukum profesional yang mengetahui jawaban pertanyaan anda
  5. Selanjutnya konsultan hukum akan memberikan jawaban dan solusi terhadap masalah yang Anda hadapi

Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.