Non disclosure agreement merupakan perjanjian kontrak rahasia yang mengikat antara perusahaan dengan karyawannya. Karena, sifatnya tersembunyi maka, pegawai dilarang keras menyebarluaskan kepada siapa saja bahkan, sampai mereka berhenti.

Bisa dikatakan jangka waktu dari kesepakatan tersebut berlaku sejak mereka membubuhkan paraf sampai perjanjian berakhir. Semua informasinya tidak boleh sampai lainnya tahu Jika, tidak ingin berurusan dengan hukum.

NDA ini sendiri juga diatur dalam pasal 1320 KUH Perdata. Dimana, syarat membuat non disclosure agreement adalah sebuah kesepakatan mengenai sesuatu tetapi, masih dalam jalur legal atau halal.

Isi dari perjanjian ini secara otomatis akan batal bila, dalam kesepakatan tersebut dilakukan untuk barang haram atau produk yang dilarang oleh negara. Asalkan tidak melanggar hal ini maka semuanya sah.

Alasan Mengapa Non Disclosure Agreement Itu Penting

Ada beberapa alasan mengapa NDA tersebut dikatakan cukup penting dan harus dilakukan oleh berbagai perusahaan. Perlu diketahui bahwa, setiap informasi pasti mempunyai sebuah nilai berharga bahkan, lebih dari sebuah surat.

Maksudnya seperti ini, saat informasi penting terdengar oleh orang lain. Mereka bisa saja, menggunakannya sebagai salah satu upaya membangun perusahan tandingan. Sebenarnya, sah saja tetapi, cukup merugikan.

Karena, ide tersebut bukan bukan mereka yang membuatnya, tetapi langsung digunakan begitu begitu saja. Seharusnya, Anda mendapatkan hasil dari ide yang disebut dengan royalti, sayangnya semua itu tidak sama sekali.

Untuk mudah memahaminya coba lihat contoh non disclosure agreement berikut ini. Ada seorang karyawan pintar mendesain sebuah buku. Setelah, diterima akhirnya, Anda mendapatkan sebuah ilmu baru, sangat dirahasiakan.

Cukup berbahaya bila dilihat atau ditiru oleh perusahaan lain. Untuk itulah NDA tersebut digunakan. Sebagai pelindung dari ide itu sendiri. Sayangnya, gagasan tersebut sifatnya umum. Jadi, sulit untuk mendapatkan pengakuan dengan paten.

Dengan kata lain fungsi non disclosure agreement adalah melindungi berbagai inovasi terbaik yang diciptakan oleh sebuah perusahaan atau berbagai produk terbaru sampai laporan keuangan serta berbagai stock barang.

Karena, sifatnya mengikat diharapkan seluruh elemen dalam perjanjian tersebut tidak berniat untuk melanggar sama sekali. Perlu diingat , ada konsekuensi tersendiri bila kedua belah pihak pada akhirnya menerjang kesepakatan tersebut.

Sanksi yang Diberikan Bila Melanggar NAD

Dalam perjanjian tersebut sudah diatur melalui pasal 17 UURD. Dimana, saat keduanya melanggar dengan sengaja atau tidak maka, hukumannya dua tahun kurungan penjara paling lama, selain itu ada juga denda.

Maksimalnya adalah Rp300 juta. Apakah setelah perjanjian itu selesai mereka boleh membocorkan informasi ini? Jawabannya tidak, tetapi kondisinya bukan jadi kesepakatan kontrak lagi merupakan sebuah etika dan norma.

Walau dalam berbisnis, sepertinya dua kata tersebut tidak ada. Namun satu poin penting yang harus diketahui adalah etika dan norma itu akan kembali ke diri Anda sendiri dalam bentuk sama.

Surat Dalam Perjanjian Larangan Pengungkapan Informasi

NDA ini sendiri mempunyai form khusus. Dimana, kedua belah pihak harus saling sepakat satu sama lain. Isi dalam surat itu berisi hak dan kewajiban antara karyawan serta perusahaan.

Termasuk nilai serta objeknya juga harus ditulis secara terperinci beserta, jangka waktunya. Kondisi tersebut tidak lepas dari jenis jenis non disclosure agreement. Dimana, salah satunya ada non mutual.

Untuk mudah memahaminya, coba simak contoh berikut. Roy mendapatkan jabatan baru di bidang data. Ternyata pekerjaannya menuntut kerahasiaan tingkat tinggi. Tidak boleh ada yang tahu sama sekali.

Oleh karena itu, NDA tersebut diperlukan untuk mengikat Roy agar menjaganya dengan baik. Walaupun kenyataannya perjanjian ini sebenarnya bukan merugikan sama sekali. Berbeda bagi perusahaannya.

Jadi, cukup menjaga rahasia saja maka, semuanya akan aman. Bahkan, kepercayaan didapatkan bila sehingga, mampu memberikan penilaian cukup bagus. Hal itu akan berdampak positif bagi Roy, bukan?

Hampir setiap perusahaan mempunyai surat tersebut untuk ditandatangani oleh kedua belah pihak. Hanya saja, karyawan kurang memahami karena, pengeluarannya sendiri bisa dikatakan untuk berbagai keadaan khusus, sesuai kapasitasnya

Perlu diketahui, sebelum membubuhkan tanda tangan tersebut. Harus dibaca terlebih dulu secara terperinci, mulai dari isi, waktu, sampai sanksi melanggar. Agar non disclosure agreement ini tidak menjebak Anda sendiri nantinya.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.