Setiap perusahaan yang ingin mendatangkan tenaga kerja asing, harus mengetahui prosedur contoh surat permohonan RPTKA. Ini merupakan dokumen wajib yang harus disiapkan jika ingin menggunakan tenaga kerja asing dalam kegiatan usahanya.

RPTKA merupakan dokumen perencanaan penggunaan tenaga kerja asing yang harus disiapkan oleh perusahaan jika ingin mendatangkan TKA. Dokumen atau surat perizinan ini dikeluarkan oleh Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI dengan masa berlaku 1 (satu) tahun.

Untuk meningkatkan kualitas produktivitas, Indonesia mulai memakai prosedur penggunaan tenaga kerja asing profesional. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga ahli atau tenaga profesional dalam bidang tertentu yang tidak mampu diisi oleh tenaga kerja Indonesia.

Meskipun penggunaan tenaga kerja yang berasal dari luar negeri telah diperbolehkan, akan tetapi dalam penggunaannya dibutuhkan proses pengajuan permohonan RPTKA yang tidak mudah. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari penggunaan tenaga kerja asing yang terlalu banyak.

Untuk perusahaan atau pemberi kerja yang ingin mendatangkan tenaga kerja asing, berikut panduan serta contoh surat permohonan RPTKA. Penting untuk dipahami agar tidak melanggar hukum dan aturan ketenagakerjaan di Indonesia.

Panduan Pengurusan Permohonan RPTKA

Permohonan RPTKA dilakukan oleh perusahaan yang ingin mendatangkan tenaga kerja asing dalam kegiatan usahanya. Dalam proses ini, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan termasuk mempersiapkan persyaratan permohonan RPTKA.

Berikut ini ulasan lengkap tentang prosedur dan syarat permohonan RPTKA secara online :

  1. Persyaratan Permohonan Ijin Kerja Tenaga Kerja Asing
  1. RPTKA yang sudah disetujui oleh Menteri atau pejabat yang berwenang
  2. Dana kompensasi penggunaan TKA untuk semua tenaga kerja asing yang dipekerjakan
  3. Polis asuransi TKA paling sedikit 6 bulan
  4. Mendaftarkan program Jaminan Sosial Nasional untuk TKA
  5. Menyiapkan  tenaga kerja pendamping untuk TKA
  6. Memberikan pendidikan serta pelatihan untuk tenaga kerja pendamping
  7. Memberikan  TKA fasilitas  pelatihan Bahasa Indonesia 
  8. Prosedur Pengurusan  Permohonan RPTKA

Sebelum lanjut pada contoh surat permohonan RPTKA, berikut prosedur pengurusan permohonan penggunaan TKA :

  1. Registrasi di laman tka-online.kemnaker.go.id untuk mendapatkan nomor antrian online  pendaftaran RPTKA
  2. Melengkapi formulir pendaftaran RPTKA
  3. Unggah dokumen persyaratan 
  4. Verifikasi akun RPTKA dan tunggu diberikan jadwal wawancara online
  5. Pengesahan RPTKA

Prosedur di atas tidak berlaku untuk cara perpanjangan dan perubahan pengesahan RPTKA. Untuk informasi lebih lanjut tentang prosedur permohonan perpanjangan dan perubahan pengesahan RPTKA Anda bisa cek langsung di laman Depnakertrans RI.

Jika persyaratan permohonan telah lengkap, proses pengajuan penggunaan RPTKA sebenarnya tidak membutuhkan waktu lama. Akan tetapi jika ada syarat yang tidak dilengkapi, bisa dipastikan proses permohonan RPTKA Anda akan ditolak.

Contoh Surat Permohonan RPTKA

Untuk Anda yang masih bingung tentang surat permohonan penggunaan RPTKA ini, ada baiknya simak contoh kasusnya seperti berikut :

Kabupaten Bekasi dikenal sebagai kota kawasan industri yang banyak didirikan perusahaan-perusahaan besar. Pada beberapa perusahaan tersebut menggunakan tenaga kerja asing untuk membantu kegiatan usaha di perusahaan tersebut.

Sedikitnya ada 1500 tenaga kerja di Kabupaten Bekasi dan beberapa di antaranya ada yang merupakan tenaga kerja asing. Dari beberapa tenaga kerja tersebut, ada yang berasal dari Korea dan Jepang.

Terkait penggunaan TKA tersebut, perusahaan yang bersangkutan harus mengajukan permohonan RPTKA. Tidak hanya itu, jika masa berlaku habis, maka perusahaan juga harus mengajukan pembuatan contoh surat permohonan perpanjangan RPTKA jika masih membutuhkan KTA yang bersangkutan.

Berkaitan dengan TKA yang ada di Kabupaten Bekasi, telah diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 19 tahun 2001 tentang hak dan kewajiban tenaga kerja asing. Salah satu poin yang tertera dalam aturan tersebut adalah menyetor uang sebesar $100 per bulan kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Dana yang didapatkan dari kompensasi TKA tersebut nantinya akan dimasukkan dalam anggaran penerimaan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Bekasi. Cara ini secara tidak langsung juga berfungsi sebagai pengawasan karena setiap bulan akan diketahui berapa jumlah TKA yang ada di Kabupaten Bekasi.

Mendatangkan tenaga kerja asing memang diperboleh jika untuk tujuan mengembangkan potensi bisnis dan tidak ada tenaga kerja lokal yang mampu menanganinya. Meskipun demikian, pastikan dalam penggunaan contoh surat permohonan RPTKA lakukan dengan benar karena telah ada aturan yang mengatur tentang TKA di Indonesia.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.