Tips memulai bisnis waralaba berikut ini akan bermanfaat, jika Anda hendak memulai bisnis waralaba atau ingin bergabung dengan perusahaan lain. Tips berikut ini bisa membantu Anda, untuk membangun bisnis waralaba dan meraup banyak keuntungan.

Kebanyakan pengusaha yang baru memulai usahanya, memiliki tujuan utama yaitu mendapat banyak keuntungan. Namun beberapa pengusaha dinilai salah dalam melangkah, dan malah membuat usaha telah ia bangun tidak berkembang dan pada akhirnya bangkrut.

Seperti halnya kelebihan dan kekurangan waralaba, setiap jenis usaha pastinya memiliki kelemahan dan keunggulannya tersendiri. Dan pebisnis harus cermat dalam menjalani usahanya, agar kekurangan dari bisnis mereka pilih tidak berdampak pada bisnis mereka.

Waralaba merupakan usaha yang sudah berjalan sejak lama, bahkan beberapa perusahaan ternama sudah menjalankan bisnis ini dan sudah berkembang secara pesat. Kami akan menjelaskan jenis waralaba yang berkembang di Indonesia, serta tips memulai usaha tersebut. 

Tips Memulai Bisnis Waralaba untuk Meraup Keuntungan

Keuntungan menjadi tujuan utama, bagi seorang pebisnis saat memulai usahanya. Namun profit bukanlah tujuan utama wajib untuk dicapai, sebab jika hanya mementingkan keuntungan, nantinya bisnis Anda belum tentu bisa bertahan lama dalam bersaing dengan perusahaan lain.

1. Menentukan Produk yang Disukai oleh Masyarakat

Syarat mendirikan franchise adalah menemukan produk seperti apa yang akan disukai oleh masyarakat, juga tidak hanya sekedar disukai melainkan juga bisa digunakan oleh masyarakat dalam waktu yang lama atau menjadi kebutuhan bagi orang banyak.

Jangan sampai Anda salah dalam memilih produk usaha, maka usaha akan sulit berkembang. Juga akan lebih baik jika pengusaha memilih bidang usaha yang disukai, pasti akan menyenangkan jika menjalankan suatu pekerjaan berkaitan dengan hal yang pebisnis sukai.

2. Menyesuaikan dengan Modal Anda

Tips selanjutnya adalah menyesuaikan dengan modal usaha, jika biaya pengeluaran terlalu besar dan tidak sesuai dengan modal, akan lebih baik jika Anda mencari perusahaan franchise lain yang memiliki potensi serupa.

Jangan sampai usaha franchise yang Anda pilih tidak sesuai dengan budget, karena jika pebisnis terlalu memaksakan dengan melakukan pinjaman dana, dikhawatirkan pinjaman tersebut akan sulit untuk Anda lunasi, jika memilih bidang usaha yang belum tentu memiliki prospek. 

3. Memahami Kontrak Kerja Sama dengan Baik

Kontrak kerja sama merupakan salah satu dokumen penting yang wajib Anda pahami, jika pebisnis sudah menentukan perusahaan franchise yang sesuai dengan pilihan dan modal, maka ketika kontrak kerja sama dibuat, pebisnis perlu memperhatikannya dengan baik.

Jika Anda khawatir tidak mengerti isi dari kontrak kerja sama, maka pebisnis dapat menyewa jasa notaris atau pengacara. Kontrak kerja sama memiliki peranan penting, sebab perjanjian antar kedua belah pihak akan menentukan bagaimana kerja sama tersebut berlangsung.

4. Menemukan Lokasi Strategis

Tips memulai bisnis waralaba selanjutnya adalah menentukan lokasi strategis untuk berbisnis, lokasi memang memiliki peranan penting. Sebab jika lokasi yang pebisnis pilih tidak strategis, maka usaha yang Anda jalankan akan sia-sia.

Lokasi strategis dapat ditentukan melalui, tingkat kepadatan penduduk pada lokasi, lokasi usaha dengan tingkat kompetisi rendah, mudah terlihat atau ditemukan dan lainnya. Jika usaha sulit ditemukan, maka tingkat keuntungan belum tentu meningkat atau cenderung rendah.

Jenis Waralaba yang Terdapat di Indonesia

Setelah Anda mengetahui apa saja tips dalam memulai usaha waralaba, maka selanjutnya kami akan menjelaskan kepada Anda apa saja jenis waralaba yang terdapat di Indonesia dan sering Anda temui.

  1. Franchise Produk

Jenis waralaba satu ini menawarkan produk berupa barang, misalnya seperti pakaian, minuman, makanan dan lainnya. Biasanya franchise makanan sangat digandrungi oleh pebisnis, sebab peminatnya cukup banyak dan terbukti mendapat banyak keuntungan.

Makanan dan minuman menjadi kebutuhan utama bagi manusia, sehingga jenis produk ini akan selalu dibutuhkan. Anda bisa memilih franchise produk, jika berminat untuk membuka usaha franchise atau bergabung dengan pemberi franchise.

  1. Franchise Jasa

Di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan franchise jasa, seperti tempat bimbingan belajar, salon, jasa ekspedisi dan lainnya. Pastinya untuk memulai usaha tersebut, pebisnis perlu memahami contoh surat perjanjian waralaba.

Dengan menjalankan usaha dalam bidang waralaba jasa, pebisnis juga perlu memperhatikan apakah bidang usaha yang Anda pilih diminati oleh masyarakat atau tidak.

  1. Franchise Gabungan

Jenis waralaba selanjutnya adalah gabungan, dimana perusahaan membuka usaha franchise produk dan jasa menjadi satu. Tentunya jenis franchise ini, berjalan sesuai dengan dasar hukum waralaba yang berlaku di Indonesia.

Jenis franchise satu ini terbilang cukup menguntungkan, jika Anda menentukan bidang usaha yang sesuai. Cukup banyak perusahaan yang menjalankan bidang usaha jenis ini. Seperti halnya salon yang menjual produk kecantikan pada tempat usahanya. Berbagai tips memulai bisnis waralaba menarik telah kami berikan, semoga informasi ini dapat berguna bagi Anda dalam memulai usaha.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah ini.