Ada beberapa syarat membuat non disclosure agreement yang harus dipenuhi agar surat tersebut sah secara hukum. Semuanya sudah di atur dan dijelaskan dalam pasal 1320 KUH Perdata.

Pertama, harus ada dua belah pihak atau lebih yang sepakat untuk mengadakan kerja sama. Contohnya seperti ini, Budi melamar bekerja di sebuah restoran mewah bintang lima. Pihak perusahaan setuju untuk rekrutmen.

Asalkan ada sejumlah syarat harus dipenuhi oleh karyawan yaitu menyetujui adanya NDA. Karena, Budi melamar sebagai Head Chef di restoran tersebut. Sesuai dengan pasal 1320 KUH perdata.

Bila keduanya tidak sepakat maka, secara otomatis non disclosure agreement yang dibuat tidak sah. Kesepakatan tersebut sebagai tanda pengikat. Bahwa, nantinya Budi tidak akan membocorkan rahasia apa saja.

Termasuk resep, teknik memasak, sampai bahan dasar yang digunakan kepada orang lain. Jika, melanggar akan terkena sebuah sanksi. Syarat berikutnya adalah adanya hak dan kewajiban diantara keduanya.

Apa saja yang boleh dilakukan oleh pihak restoran hingga karyawannya. Misalnya mereka tidak boleh memberitahu informasi mengenai bumbu dasar membuat semua menu. Jika, ada satu orang mengetahui maka dikatakan melanggar.

Melanggar tersebut harus jelas maksud dan kasus kejadiannya. Agar mendatang saat terjadi hal tidak diinginkan bisa teratasi dengan jelas. Bukan ambigu saja yang membuat kekuatan surat tersebut menjadi melemah.

Syarat Membuat Non Disclosure Agreement dengan Pembatasan

Bukan hanya menyampaikan hak dan kewajibannya saja. Perusahaan juga harus menjelaskan batasan yang diperbolehkan. Contohnya, membuka buku resep utama boleh sendiri atau harus didampingi oleh atasannya lebih tinggi.

Saat ada karyawan lain bertanya mengenai menu dengan detail boleh atau tidak. Serta masih banyak lagi. Hal ini turut mendukung juga fungsi non disclosure agreement sebagai pelindung terhadap produk.

Menyampaikan batasan menjadi hambatan dan langkah tepat bagi Budi untuk tidak melanggarnya. Bahkan, secara terperinci juga disebutkan apakah di luar ruangan kerja boleh menyebutkan atau tidak.

Dalam bisnis, informasi kecil sangat penting untuk disimpan dan dijaga dengan baik. Agar tidak jatuh ke tangan orang lain. Walau belum tentu produknya menjadi viral serta banyak konsumen menyukai.

Takutnya, saat jatuh ke resto lain dan dikembangkan lebih jauh, mereka menjadi mendapatkan perhatian dari pelanggan. Hal tersebut bisa terjadi karena banyak faktor. Seperti pengadaan barang serta kualitasnya.

Dalam mendukung jenis jenis non disclosure agreement syarat berikutnya adalah jangka waktu yang harus ditetapkan sejak awal. Sampai kapan mereka harus menyimpan informasi penting tersebut, apakah 1 atau seumur hidup.

Kondisi tersebut disesuaikan dengan industri masing-masing bergerak dibidang apa. Restoran biasanya, sesuai kontrak utama. Karena, mereka selalu berkreasi dengan menu. Bahkan, bumbu dasarnya saja selalu berubah dalam waktu cepat.

Semua itu tergantung dari banyak hal mulai dari kondisi viral. Misalnya, bakpao menjadi tren maka mereka akan berlomba membuatnya. Sampai dengan mencoba berkreasi sendiri sehingga, menciptakan tren tersendiri.

Contoh Non Disclosure Agreement Berdasarkan Syarat Pembuatan

Perlu jadi catatan penting, dalam informasi rahasia ini akan berlaku legal bila semua produk tersebut diperbolehkan oleh negara. Misalnya, pembuatan narkoba yang diproduksi menjadi obat masal untuk penyakit tertentu.

Bila kementerian kesehatan dan seluruh jajaran terkait mengizinkan bahan tersebut. Maka, perjanjian itu sah di mata hukum. Tetapi, bila sebaliknya, ternyata perusahaan tersebut belum memiliki izin resmi.

Surat perjanjian yang dibuat tidak sah. Pegawai wajib melaporkannya ke pihak berwenang agar terbebas dari jeratan hukum. Bukan hanya sebuah produk saja, melainkan catatan penting seperti, keuangan juga.

Syarat membuat non disclosure agreement ini harus dipenuhi oleh para pengusaha. Bahkan, pegawai dan badan usaha lainnya harus mengetahui juga. Sebagai bagian dari koreksi bila ada salah dalam pembuatannya.

Perlu diketahui juga, dalam prosesnya setiap pihak harus mengetahui isi detailnya seperti apa. Jangan hanya langsung tanda tangan saja. Surat ini sangat penting karena, sifatnya mengikat pergerakan Anda.

Dengan memahami batasan tersebut Anda sendiri bisa hati-hati saat bekerja. Agar jangan salah dalam melakukan tindakan, nantinya akan menjadi merugikan. Karena, ada sanksi menunggu bila melanggar perjanjian tersebut.Surat perjanjian ini sangat penting, oleh karena itu pembuatannya harus tepat dan tidak boleh melanggar ketentuan sesuai UU. Jadi, pahami benar bagaimana syarat membuat non disclosure agreement


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.