Jika sebuah perusahaan ingin melakukan pengurangan modal maka harus mengetahui prosedur pengurangan modal PT. Apalagi modal merupakan modal penting untuk sebuah bisnis, bisnis akan berjalan dengan adanya modal. 

Akan tetapi sering juga terjadi adanya perubahan modal dalam menjalankan sebuah usaha. Kondisi yang tidak menentu ini tentu terkadang membuat perusahaan harus mengajukan pengurangan modal. Adapun beberapa prosedurnya adalah sebagai berikut: 

Melakukan Perubahan AD Dalam RUPS

Prosedur pertama yang harus Anda ketahui adalah mengenai perubahan Anggaran Dasar atau AD dalam Rapat Umum Pemegang Saham. Rapat Umum Pemegang Saham merupakan kepanjangan dari RUPS. Dalam rapat tersebut baru dibahas mengenai sistem pengurangan. 

Adapun rapat dapat dilaksanakan apabila dalam ruangan terdapat 2/3 peserta yang hadir dalam RUPS tersebut. Seluruh pemegang saham harus mengikuti rapat tersebut atau ada yang mewakilkan. Lalu kemudian keputusan akan dianggap sah apabila ada kesepakatan.

Kesepakatannya adalah 2/3 bagian dari orang yang memberikan suara. Atau kesepakatannya berasal dari apa yang sudah ditentukan pada Anggaran Dasar. Adapun setelah mengetahui kesepakatannya maka baru bisa dilakukan pengurangan modal.

Cara pengurangan modalnya adalah dengan meminta kembali saham yang telah diberikan oleh pemegang saham lalu membuat aturan baru dengan memperbarui nominalnya. Jadi proses pengurangan modal untuk perusahaan PT harus melalui RUPS terlebih dahulu. 

Memberi Tahu Semua Kreditor untuk Pengurangan Modal

Selain mengenai prosedur penambahan modal PT, ketika akan mengurangi modal PT juga perlu memberitahukan kepada semua kreditor. Informasi ini diberitahukan kepada para kreditor setelah mengetahui keputusan yang didapatkan dari rapat umum.

Kemudian dewan direksi akan memberitahukan kepada semua kreditor mengenai pengurangan modal dari perusahaan PT tersebut. Adapun informasi tersebut juga tidak boleh sembarangan diberikan, ada batasan waktunya.

Dewan direksi boleh mengirimkan kabar tersebut 1 atau maksimal 7 hari setelah keputusan di rapat umum didapatkan. Selain itu hak yang akan didapatkan oleh kreditor adalah boleh menentang keputusan tersebut dengan menyampaikan alasan secara tertulis. 

Adapun surat yang telah ditulis oleh kreditor tersebut juga harus ditembus pada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia atau Menkumham. Kemudian setelah itu pastikan juga waktu penembusan surat tidak lebih dari 60 hari setelah kabar tersebut diumumkan. 

Kreditur Bisa Mengajukan ke Pengadilan Negeri

Selain memperhatikan prosedur pengurangan modal PT ada hal lain yang juga harus diperhatikan yaitu kreditur dapat mengajukan ke pengadilan negeri. Hal ini bisa kreditur lakukan apabila PT melakukan dua hal berikut ini:

  1. Jika pihak kreditur keberatan atas pengurangan modal yang diajukan maka PT bisa menyampaikan keberatannya juga. Akan tetapi apabila sampai 60 hari sejak keberatan diajukan PT diam saja maka kreditur akan melaporkannya ke pengadilan negeri
  2. Jika perusahaan Anda menolak atau tidak menyelesaikan apa yang sudah disepakati sejak 30 hari setelah kreditur menerima keputusan pengurangan. 

Meminta Persetujuan Pengurangan dari Menteri

Prosedur pengurangan modal PT yang berikutnya adalah permintaan harus mendapatkan persetujuan dari menteri. Menteri Ekonomi dan Hak Asasi Manusia atau MENKUMHAM harus mengetahui bahwa Anda meminta pengurangan untuk modal usaha di PT. 

Hal ini juga berpengaruh pada perubahan Anggaran Dasar jadi harus meminta persetujuan dari menteri terlebih dahulu. Lalu selain itu pengiriman informasi mengenai pengurangan modal untuk PT paling lambat adalah 30 hari sejak akta notaris mengenai perubahan AD keluar. 

Akan tetapi ini masih belum selesai karena yang harus Anda tunggu adalah apakah pengurangannya tersebut diterima atau tidak oleh menteri. Jadi Anda harus menunggu sampai keputusannya diumumkan. 

MENKUMHAM bisa menolak permintaan tersebut apabila hasil keputusannya bertentangan dengan isi dari Undang Undang PT. Biasanya hal ini terjadi apabila pengurangan modalnya mencapai di bawah 25% dari modal dasar. 

Tidak Berlakunya Anggaran Dasar Baru

Sesuai dengan aturan hukum pengurangan modal PT bahwa harus mendapatkan persetujuan dari menteri maka hal ini berlaku jika disetujui. Akan tetapi jika menteri menolak maka anggaran dasar yang sudah diperbarui tidak sah atau tidak berlaku lagi. 

Selain itu Anda juga harus memperhatikan aturan apakah boleh melakukan penarikan modal secara diam-diam apabila akan mengurangi modal PT. Artinya bahwa masih berlaku Anggaran Dasar sebelum diberlakukannya pengurangan modal pada PT. 

Akan tetapi yang terjadi adalah sebaliknya, apabila menteri menyetujui mengenai pengurangan modal maka Anggaran Dasarnya menjadi berlaku. Itu adalah prosedur pengurangan modal PT yang penting untuk Anda perhatikan. Sebelum mengajukan keringanan sebaiknya memahami bagaimana prosedurnya terlebih dahulu. Baru setelah itu Anda bisa langsung mengajukan pengurangan sesuai dengan prosedur di atas. Akan tetapi keputusan akhir ada di tangan MENKUMHAM.

Justika Dapat Membantu Jika Anda Bingung dalam Prosedur Pengurangan Modal PT

Anda bisa mengkonsultasikan perihal prosedur pengurangan modal PT tersebut dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan  Konsultasi Tatap Muka.

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Dengan Konsultasi via Telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.