Belum mengetahui tentang perbedaan SIUP dan SITU menjadi hal yang buruk bagi pebisnis. Terutama jika ingin segera mendirikan usaha pribadinya. Kalau ada kesalahan sedikit saja, maka risiko masa depan berbahaya.

Nantinya surat izin tempat usaha (SITU) serta Surat izin usaha perdagangan (SIUP) memiliki perbedaan nyata. Jangan disamakan karena meski sama-sama berperan pada bisnis, tapi fungsinya berlainan.

Kalau Anda sedang berusaha membuatnya, pastikan memahami detail seperti fungsinya. Terlebih agar tidak salah membuat berkas yang sebenarnya kurang dibutuhkan. Begitu juga sebaliknya, tentang pembuatan dokumen wajib.

Selain itu nantinya akan menemukan juga siapa saja pihak yang harus ikut serta. Termasuk memberi syarat berkas sampai dokumen penting. Baru Anda dapat melaksanakan proses pada pihak atau badan terkaitnya.

Perbedaan SIUP dan SITU Berdasarkan Fungsinya

Fungsi surat izin tempat usaha dengan perdagangan pastinya berbeda jauh. Misalnya pada tempat, pastinya untuk mengetahui legalitas sebagai tempat bisnis. Misalnya mengenai kelayakan bangunan sampai operasionalnya.

Lalu untuk perdagangan, pastinya berhubungan dengan barang jualan Anda. Apalagi akan dibuat sendiri sehingga dibutuhkan kelayakan dari berbagai sektor. Mulai dari kesehatan, kebersihan sampai kelayakan pangan.

Sementara itu untuk dokumen yang diperlukan untuk mengurus situ serta siup juga tidak sama. Pada situ, harus ada surat berhubungan dengan setempat. Desa sampai RT/RW yang paling bawah menjadi kunci.

Lalu kalau SIUP, maka beberapa hal yang dibutuhkan berupa NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Selain itu masih harus menambahkan tentang kontrak perusahaan. Apakah memang termasuk sewa ataupun murni kepemilikan.

Nantinya karena tergolong sebagai bisnis yang baru Anda dirikan, maka akan ditambah juga dengan data neraca awal bisnis Anda. Misalnya pendapatan atau pengeluaran yang digunakan pada kebutuhan bisnis.

Jika melihat fungsinya, maka sebelum Anda memperoleh SITU, maka harus punya SIUP dulu. Terutama karena bisnis harus memiliki legalitas sebelum membangun tempatnya. Jadi, tidak dapat mengurus secara bersamaan.

Pihak yang Harus Dimintai Pembuatan Saat Mengurus Surat

Untuk perbedaan SIUP dan SITU selanjutnya yakni terdapat pada pihak yang ikut serta. Contohnya dalam SIUP, maka harus mengunjungi badan hukum terkait. Bukan yang berada dalam sektor nasional melainkan daerah.

Misalnya menghubungi Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang ada di daerah Anda. Harus berada dalam Kota atau Wilayah sekitarnya. Wajib detail sehingga proses mengurus bisnis Anda jauh lebih cepat.

Sementara itu prosedur pengurusan surat izin tempat usaha, maka terlebih dahulu menghubungi tokoh atau pemimpin setempat. Contohnya yang paling umum adalah kepala desa maupun kelurahan sekitar daerah tersebut.

Selain itu akan ditambahkan lagi dengan meminta surat rekomendasi dari camat. Hal ini juga termasuk syarat formal meski sifatnya hampir mirip seperti pertemuan biasa. Nantinya lebih sulit kalau usahanya besar.

Tidak dapat kita pungkiri syarat terpenting dalam pembuatan SITU memang adanya kerja sama dengan pihak sekitar daerah tersebut. Contohnya paling penting warga sekitar. Meski disetujui kepala desa, mungkin warga belum.

Jadi, yang paling penting sebenarnya mencari persetujuan semua pihak dulu. Terutama mengenai letak dan besar bangunan yang akan dibuat. Termasuk juga pembuangan sampah sampai poin yang tidak merugikan warga.

Syarat Khusus dan Proses Pembuatan Terbaru

Agar Anda dapat menyelesaikan pembuatan berkas ini, dapat terlebih dahulu cek contoh surat izin tempat usaha. Disana terdapat syarat penting yang harus dilengkapi. Akan lebih baik khusus dari pemerintah setempat.

Mungkin saja pada beberapa daerah bisa ditambah dengan syarat tambahan. Contohnya dengan pembuatan tempat pembuangan sampah yang tidak boleh mengganggu. Bahkan harus dijauhkan dari masyarakat agar tidak menjadi gangguan.

Beberapa syarat khusus lain seperti tentang tempat membangun industri perdagangan Anda juga penting. Misalnya pada daerah dekat area penjagaan lingkungan dan lainnya. Harus bertanya dengan pihak pemerintah setempat.

Sementara itu pada proses pembuatan SITU lama waktunya tergantung dengan kesepakatan bersama warga. Misalnya ada gugatan atau konflik, mungkin lebih lama. Tapi kalau saling sepakat, maka sehari saja sudah cukup.

Lalu kalau SIUP sebenarnya lebih cepat karena jika membuatnya, pasti sudah punya SITU. Pastikan berkas dan kesiapan bagus. Hasilnya biaya pembuatan surat izin tempat usaha maupun SITU bisa hemat. Umumnya proses mengurus kedua surat tersebut akan sulit saat pertama kali. Tapi selalu dibantu oleh pihak terkait yang Anda datangi. Jadi, bisa sekaligus meminta bantuan tentang perbedaan SIUP dan SITU.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.