Memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi sebuah badan usaha atau usaha perorangan memang sangat diperlukan, terlebih jika seorang pelaku usaha atau badan usaha akan melakukan aktivitas usahanya berskala internasional. Hal lain yang menjadi pertimbangan pelaku usaha atau badan usaha yaitu masa berlaku nomor induk berusaha.

Penjelasan Terkait Masa Berlaku Nomor Induk Berusaha

Kepemilikan Nomor Induk Berusaha (NIB) wajib dimiliki oleh pelaku usaha, tujuannya adalah untuk mempermudah langkah membuat nomor induk berusaha di OSS (Online Single Submission) yang akan terintegrasi secara elektronik.

NIB merupakan nomor identitas berjumlah 13 digit angka, yang diberikan kepada pelaku usaha untuk mempermudah badan usaha melaksanakan aktivitas usahanya sesuai dengan bidang usaha. 

Nomor Induk Berusaha (NIB) tidak hanya memiliki fungsi sebagai identitas. Namun, berlaku sebagai Angka Pengenal Impor, Akses Kepabeanan Perusahaan dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Untuk aktivitas ekspor impor sebuah badan usaha.

Ketentuan yang mengatur terkait perizinan berusaha integrasi secara elektronik tersebut tertuang dalam PP No.24 Tahun 2018. Sebagai pelaku usaha yang ingin mendapatkan NIB harus melakukan pendaftaran melalui oss.go.id. Sebelum melakukan pendaftaran sebaiknya pelaku usaha memahami syarat membuat nomor induk berusaha terlebih dahulu. .

Masa berlaku nomor induk berusaha yaitu seumur hidup, yang artinya selama pelaku usaha masih menjalankan badan usahanya NIB ini masih tetap berlaku. Masa berlaku nomor induk berusaha berbeda dengan masa berlaku TDP, hal ini tentu menguntungkan untuk pelaku usaha karena tidak perlu melakukan perpanjangan nomor induk berusaha.

Selain masa berlaku nomor induk berusaha yang tidak ditentukan kapan berakhirnya, pada dasarnya tidak ada konsekuensi hukum bila tidak memiliki nomor induk berusaha bagi pelaku usaha tersebut. Namun menurut Peraturan Menteri Keuangan No. 71/PMK.04/2018. Jika, sebuah badan usaha akan melakukan kegiatan usaha ekspor impor diwajibkan melakukan registrasi kepabeanan ke Direktorat Jenderal Bea dan Cukai agar mendapatkan akses kepabeanan. Salah satu syarat untuk mengurus registrasi kepabeanan yaitu dengan memiliki NIB. 

Selain itu, jika ingin membuka rekening perusahaan beberapa bank telah menjadikan NIB ini sebagai syarat pendaftaran rekening perusahaan.

Oleh karena itu, walaupun NIB tidak diwajibkan untuk mempermudah aktivitas usaha, memiliki NIB sangat dianjurkan. Terlebih dengan masa berlaku nomor induk berusaha yang berlaku selamanya, tentu menjadi keuntungan pelaku usaha karena cukup sekali melakukan proses registrasi untuk sebuah badan usaha

Dapatkan Saran Hukum Dari Justika

Anda dapat berkonsultasi dengan mitra advokat andal dan profesional Justika perihal informasi masa berlaku nomor induk berusaha tersebut. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan Konsultasi Tatap Muka.

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Dengan Konsultasi via Telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.