Menjadi negara dengan mayoritas penduduk beragama muslim, label sertifikat halal MUI masih menjadi aspek utama khususnya ketika membeli sebuah produk makanan dan minuman. Setiap perusahaan dalam sektor makanan dan minuman memprioritaskan label halal MUI untuk setiap produk yang mereka keluarkan, tujuannya untuk memberikan kesan aman dikonsumsi bagi umat Muslim di Indonesia. 

Sertifikasi halal dikeluarkan oleh MUI, untuk sebuah produk setelah melalui proses pendaftaran dan hasil rapat MUI. Ketidakadaannya label halal MUI akan menyebabkan produk tersebut samar dalam hal keharaman dan kehalalannya, produk yang melalui tahap audit dan didaftarkan label MUI yaitu; 

  • Pangan (makanan dan minuman); 
  • Kosmetik
  • Obat-obatan
  • Produk kimia
  • Produk rekayasa genetik
  • Produk biologi dan; 
  • Barang yang dipakai oleh masyarakat

Untuk mendapatkan label halal MUI tentunya setiap produk harus lolos pengujian LPPOM yang bertugas sebagai lembaga Independen dalam pengurusan sertifikat halal MUI. Menurut Undang-Undang No. 3 Tahun 2004 diwajibkan untuk seluruh produk yang beredar di Indonesia harus memiliki sertifikat halal MUI, kecuali produk yang sudah jelas non-halal.

Tentu hal perlu diperhatikan jika Anda seorang wirausaha, yang memiliki sebuah bisnis dengan produk yang sudah disebutkan diatas. Memiliki sertifikat halal MUI memiliki manfaat untuk bisnis Anda agar produk yang Anda jual kepada masyarakat diterima dengan baik.

Manfaat Sertifikat Halal MUI Untuk Produsen

  • Produk dengan sertifikat halal MUI tentu memiliki jaminan kualitas, karena untuk proses mendapatkan sertifikat halal MUI tidaklah mudah.
  • Konsumen akan lebih percaya terkait produk tersebut, karena sertifikat halal  memiliki standar dari segi norma agama, bisnis dan industri.
  • Produk dengan sertifikat halal akan memudahkan produsen untuk mendapatkan akses pasar global, karena sudah teruji standar kualitasnya. Tentu akan lebih mudah diterima oleh pasar luas terutama oleh masyarakat dunia yang beragama Muslim. 

Manfaat Sertifikat Halal MUI Untuk Konsumen

Selain manfaat yang dimiliki untuk produsen sertifikat halal juga memiliki manfaat untuk konsumen;

  • Produk yang sudah memiliki sertifikat halal atau label halal MUI akan membuat konsumen merasa aman dan terjamin, karena mereka tidak akan meragukan bahan pokok produk tersebut.
  • Sudah dapat dipastikan bahwa produk yang dihasilkan setelah melalui uji halal LPPOM MUI, memiliki jaminan produk yang lolos uji keamanan dan kehalalannya. Sehingga konsumen akan merasa produk tersebut dapat konsumsi tanpa harus mempertimbangkan haram dan halalnya.

Setiap produk yang akan diperjualbelikan di Indonesia memang sudah diwajibkan memiliki label halal, sehingga setiap produsen akan mempertimbakan mendapatkan sertifikat halal. Cara mendapatkan label dan syarat mendapatkan sertifikat halal yang tidak mudah, terbayar dengan tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk tersebut.

Baca Juga:

Tanyakan Pada Justika Perihal Proses Mendapatkan Label Halal

Ketika Anda baru memulai sebuah bisnis banyak hal yang perlu di pertimbangkan untuk mengikuti peraturan perundang-undangan di Indonesia, salah satunya mengurus sertifikat halal MUI. Anda bisa mengkonsultasikan perihal persyaratan dan cara untuk mengurus sertifikat halal MUI dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan Konsultasi Tatap Muka.

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Dengan Konsultasi via Telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.