Kelebihan dan kekurangan waralaba merupakan beberapa hal wajib Anda ketahui, sebab di setiap bisnis tidak hanya kelebihan atau keuntungan bisa didapatkan. Namun pebisnis juga perlu mempersiapkan diri, untuk menghadapi kekurangan pada bisnis tersebut.

Memang tidak mudah dalam memulai suatu bisnis, banyak hal perlu dipersiapkan dan pastinya perlu dikorbankan. Terlebih Anda juga akan menghadapi berbagai macam tantangan ketika memulai bisnis, dan tentunya tidak ada usaha berjalan dengan mudah. 

Seperti halnya dalam usaha waralaba, pebisnis perlu paham mengenai contoh surat perjanjian waralaba. Jika baru terjun dalam dunia bisnis ini, maka semuanya pasti akan terdengar asing bagi Anda, sehingga informasi yang akan kami berikan barangkali dapat berguna bagi pebisnis. 

Namun ketika tujuan bisnis sudah tercapai, dijamin pebisnis akan merasa bangga terhadap diri sendiri. Sebelum itu kami akan memberikan beberapa informasi mengenai usaha waralaba, mulai dari kelebihan serta kekurangannya, juga kriteria waralaba yang penting untuk diketahui. 

Mengenal Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Waralaba

Waralaba atau biasa disebut sebagai franchise, merupakan suatu perjanjian atau perikatan dibuat antar kedua pihak untuk menggunakan hak yang diberikan. Namun sama halnya dengan jenis bisnis lainnya, waralaba juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. 

1. Mempermudah Kerja Sama Bisnis

Saat memulai suatu usaha, biasanya pebisnis akan sulit untuk bekerja sama dengan pihak lain. Dengan brand yang belum banyak diketahui oleh orang banyak, juga dengan pelanggan loyal belum banyak dimiliki, membuat bisnis akan terasa berat dijalani di awal.

Namun dengan Anda bekerja sama dengan pihak lain, melalui usaha waralaba mereka. Maka kerja sama yang terjalin juga bisa membuatnya lebih mudah, untuk menjalin kerja sama dengan pihak lain, seperti pihak supplier dan periklanan atau pemasaran. 

2. Manajemen Bisnis sudah Terbentuk

Pastinya kelebihan dan kekurangan waralaba akan selalu ada, dan salah satu kelebihan wajib dimiliki oleh usaha waralaba adalah manajemen bisnis sudah terbentuk dengan baik. Dengan bergabung dengan usaha franchise lain, maka Anda tidak perlu repot tentang manajemen bisnis.

Mulai dari ide bisnis, brand hingga sistem bisnis yang sudah terbentuk, maka pebisnis hanya memikirkan bagaimana menjalankan usaha tersebut dan meraup keuntungan. Lokasi untuk menjalankan usaha juga sudah ditetapkan, sehingga prosesnya akan lebih mudah. 

3. Dikendalikan oleh Franchisor Sepenuhnya

Ada beberapa dasar hukum waralaba perlu diketahui, dengan begitu penerima dan pemberi franchise dapat mengetahui masing-masing hak dan kewajiban mereka. Salah satu kekurangan biasa dimiliki pada bisnis ini adalah, usaha Anda akan dikendalikan oleh franchisor.

Sebagai pemilik merk dan usaha, tentunya franchisor tidak akan lepas tangan begitu saja setelah menyerahkan haknya. Namun usaha yang Anda jalankan, masih berada di bawah kendali franchisor sehingga Anda tidak bisa dengan mudahnya mengubah produk atau berinovasi. 

4. Pembagian Keuntungan

Kelebihan serta kekurangan waralaba tentunya akan Anda rasakan, dan salah satu kekurangannya adalah pembagian keuntungan. Sayangnya keuntungan Anda dapatkan dari usaha, tidak bisa Anda gunakan sepenuhnya untuk diri sendiri.

Namun terdapat perjanjian mengenai pembagian keuntungan, yang akan diberikan kepada franchisor. Pembagian keuntungan harus dibahas dengan jelas, agar tidak ada salah paham atau salah satu pihak merasa dirugikan.

Kriteria Waralaba yang Wajib Anda Ketahui

Setelah mengetahui kelebihan serta kekurangan waralaba, kami akan memberikan informasi mengenai kriteria dari sebuah waralaba yang wajib Anda ketahui. 

  1. Memiliki Produk yang Unik

Salah satu kriteria wajib usaha Anda miliki sebagai franchise adalah, memiliki produk unik dan berbeda dari yang lain. Namun bukan hanya sekedar unik, namun Anda juga perlu memikirkan produk seperti apa yang akan disukai oleh masyarakat.

Sama halnya jika Anda ingin menjadi penerima franchise, maka pilihlah perusahaan yang memiliki produk usaha yang diminati oleh banyak orang. Jika perusahaan pilihan Anda sudah memiliki pelanggan loyal, maka tidak akan terasa sulit untuk menjalankan usaha.

  1. Brand Awareness

Syarat mendirikan franchise lain yang menjadi kriteria adalah, melakukan promosi atau marketing dengan memanfaatkan media sosial agar mendapatkan brand awareness dari masyarakat. 

Brand awareness merupakan hal yang disukai oleh perusahaan, dimana masyarakat bisa mengenali suatu produk dengan mudah dan mengingatnya.

  1. Manajemen Berpengalaman

Membuka usaha franchise juga harus memiliki kemampuan dalam manajemen usaha, seperti halnya Standar Operasional Perusahaan yang harus tertulis dengan jelas dan dimengerti oleh semua karyawan.

  1. Perhitungan Keuntungan yang Jelas

Tips memulai bisnis waralaba salah satunya adalah membuat perhitungan keuntungan dengan jelas, jika keuntungan yang Anda terima dapat dikatakan ideal untuk membuka usaha franchise, maka tidak ada salahnya untuk memulainya sekarang.

Mulai dari biaya sewa dan jumlah pendapatan orderan setiap harinya, Anda harus melakukan perhitungan dengan masuk akal, agar mengetahui berapa keuntungan yang pebisnis dapat. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan waralaba, maka Anda bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memulai bisnis tersebut.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah ini.