Memiliki kepentingan yang harus melibatkan pihak lain, terlebih jika harus melibatkan lembaga resmi atau instansi, memungkinkan Anda harus membuat surat permohonan agar permintaan Anda bersifat formal dan resmi. Ketahui terlebih dahulu jenis jenis surat permohonan, agar tidak salah dalam format surat permohonan yang akan Anda tuliskan. 

Seperti yang sudah Anda ketahui tujuan dari pembuatannya surat permohonan, yaitu untuk mengajukan permintaan terhadap suatu hal kepada pihak yang memiliki keterikatan dengan lembaga resmi. 

Jenis Jenis Surat Permohonan

Surat permohonan pada umumnya memiliki fungsi atau kegunaan yang sama, namun untuk membedakan kepentingan dan tujuan terhadap pihak-pihak terkait, maka dibedakan ke dalam jenis jenis surat permohonan sebagai berikut:

  • Surat permohonan beasiswa

Jenis jenis surat permohonan yang pertama yaitu surat permintaan beasiswa. Surat ini bertujuan untuk meminta bantuan beasiswa dalam program pendidikan. Sesuai dengan namanya, surat ini akan ditulis oleh pelajar atau akademisi yang berkeinginan untuk melanjutkan program pendidikan, tanpa biaya sehingga mengajukan dana pendidikan.

Namun, pada umumnya format pembuatan surat permohonan beasiswa ini akan disesuaikan langsung oleh perusahaan atau instansi pemberi beasiswa kepada para pemohon. Sehingga para pemohon cukup mengisi sesuai dengan format yang telah disediakan. 

  • Surat permohonan cuti

Surat permohonan izin cuti biasanya pihak pemohon yaitu karyawan sebuah perusahaan. Tujuan dari pembuatan surat permohonan izin cuti ini, ketika seorang karyawan dengan kondisi yang mendesak harus meminta cuti dari perusahaan tempatnya bekerja. 

Surat permohonan cuti merupakan jenis jenis surat permohonan yang bersifat sementara atau berkepanjangan sesuai dengan waktu yang dituliskan oleh pemohon. Surat ini berlaku untuk setiap pihak yang memiliki keterlibatan atau keterikatan kerja dengan instansi resmi. 

  • Surat permohonan kerjasama

Jenis jenis surat permohonan lain, yaitu surat perjanjian kerjasama. Untuk contoh surat permohonan kerjasama ini dapat Anda temukan di google, dan telah banyak yang membuatnya. Surat permohonan kerjasama biasanya ditulis oleh kedua belah pihak, yang sedang terlibat dalam perjanjian bisnis untuk memperkuat hubungan perusahaan. 

Tujuan dari diterbitkannya surat ini antara lain, sebagai permintaan bantuan kepada pihak yang terlibat kerjasama untuk membantu dalam menyelesaikan masalah atau kendala perusahaan pemohon. Hal yang wajib Anda perhatikan dari pembuatan surat ini yaitu hasil yang akan dicapai oleh pemohon, agar pihak pemberi bantuan mendapatkan keuntungan juga. 

  • Surat permohonan sponsor

Surat permintaan sponsor merupakan jenis jenis surat permohonan yang mungkin sering Anda temukan, tujuan dari pembuatan surat ini untuk meminta bantuan donasi dari sponsor. Permintaan atau pemohon dari surat ini merupakan seseorang atau organisasi yang sedang mengadakan acara resmi atau tidak resmi. 

Isi dalam surat permohonan sponsor ini harus jelas tertulis, pihak yang dimohon untuk memberikan donasi dan tujuan pencarian sponsor untuk keberlangsungan acara. Serta pernyataan dari penanggung jawab acara terkait keberhasilan acara jika didorong oleh sponsor. Pastikan juga dalam isi surat tentang keuntungan yang akan didapat oleh pihak sponsor. 

  • Surat permohonan izin acara

Jenis jenis surat permohonan terakhir yaitu surat izin sebuah acara. Pembuatan surat ini bertujuan untuk meminta izin kepada pihak terkait, untuk keberlangsungan sebuah acara agar dapat berjalan lancar tanpa ada kendala. 

Pemohon daripada surat ini biasanya ditulis dan dibuat oleh penyelenggara acara, dan akan menyangkut berbagai kepentingan dalam acara, misalnya acara pentas seni, seminar, hiburan dan lain-lain. 

Demikian penjelasan mengenai jenis jenis surat permohonan yang dapat Anda ketahui, semoga bermanfaat. 


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.