Sebagai eksportir barang, kebanyakan orang belum memahami jenis jenis surat keterangan asal secara rinci. Dokumen SKA akan disertakan pada barang ketika dikirim ke luar negeri untuk memastikan bahwa produk legal. 

Apabila Anda termasuk sebagai eksportir dalam individu maupun perusahaan, sebaiknya ketahui pentingnya SKA. Biasa disebut dalam bahasa inggris, certificate of origin telah menjadi perjanjian internasional di dunia ekspor barang.

Jika barang yang diekspor tidak memiliki SKA elektronik secara resmi, maka kami jamin akan ditolak. Sehingga sebelum pengiriman berlangsung lebih baik memastikan bahwa SKA dibuat melalui website resmi e-SKA.

Sekarang cara membuat certificate of origin hanya perlu melalui website resmi di e-SKA, tidak perlu menggunakan cara lainnya. Oleh karena itu, setiap eksportir dijamin mudah membuat COO tanpa menghabiskan waktu.

Dalam dunia ekspor yang mewajibkan menyertakan surat keterangan asal pada barang, tentu ada jenis-jenisnya sesuai kebutuhan. Agar tidak kebingungan, berikut ini adalah jenis lengkap dari certificate of origin yang berlaku.

Jenis Jenis Surat Keterangan Asal Preferensi

Keberadaan SKA sangat penting bagi seorang eksportir tanpa terkecuali, oleh karena itu mulai sejak dini harus diketahui jenisnya. Anda terjamin mampu mengirimkan barang ke luar negeri dengan mudah dengan SKA.

Prosedur penerbitan surat keterangan asal cenderung mudah dilakukan oleh setiap orang yang membutuhkan COO untuk pengiriman barang ekspor. Pertama, terdapat jenis surat keterangan asal preferensi yang disertakan pada barang.

SKA Preferensi bagian persyaratan dalam memiliki preferensi yang disertakan pada sebuah barang ekspor tertentu. COO preferensi merupakan jenis dokumen memberikan fasilitas pembebasan seluruh atau sebagian bea masuk dari negara tujuan.

Berbagai macam surat keterangan asal pada preferensi berguna untuk menurunkan tarif bea cukai sehingga tidak memberikan beban berlebih kepada eksportir. Golongan jenis SKA preferensi terdapat dalam beberapa bagian.

Antara lain terdapat golongan form A, form E, form D, form AK, form ICC, form IJEPA, dan form Handicraft Product. Bagi perseorangan atau perusahaan tertentu bisa termasuk pada golongan tersebut.

Manfaat sebuah COO adalah sebagai syarat dokumen masuk komoditi ekspor dari Indonesia ke negara tujuan. Selain itu dengan COO dapat ditetapkan harga asal barang yang dihitung dari biaya ekspor.

Adapun manfaat surat keterangan asal lain untuk memenuhi syarat pencairan L/C (letter of credit) terhadap biaya ekspor. Dapat dijadikan juga sebagai data statistik guna mengetahui jumlah barang masuk ke negara.

Tidak hanya itu, jenis lain certificate of origin dapat diketahui melalui penjelasan berikut ini. Langsung saja ikuti penjelasan di bawah hingga selesai agar paham jenis lain dari surat keterangan asal.

Surat Keterangan Asal Non Preferensi

Selanjutnya, jenis jenis surat keterangan asal terdapat non preferensi yang berguna untuk dokumen pengawas. Biasa disebut juga dokumen penyerta asal barang, sehingga disertakan pada barang ekspor guna memenuhi aturan berlaku.

Jenis COO non preferensi berguna untuk memasuki negara tertentu sesuai tujuan ekspor tanpa mendapatkan fasilitas penurunan bea cukai. Walaupun tidak ada penurunan beban bea, tapi barang tetap keluar secara lancar.

Kegiatan ekspor dapat berjalan sesuai rencana bagi perusahaan, instansi, atau perseorangan hanya menggunakan jenis SKA non preferensi. Ketika Anda ingin mendapatkan SKA jenis ini, tentu harus memenuhi golongan berikut.

Setiap pembuatan masa berlaku surat keterangan asal tercantum di COO yang dibuat melalui e-SKA. Golongan SKA non preferensi adalah form Coffee (ICO), form K, form Textille Product, form B.

Anda harus memenuhi persyaratan yang berlaku untuk menjalani ekspor secara lancar tanpa harus mengalami penolakan. Jenis pada SKA akan memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan mengirim barang ke luar negeri.

Dalam pembuatannya, SKA dapat diterbitkan secara mudah melalui website e-SKA yang dikelola oleh Kemendagri. Dalam proses pengajuan COO hanya menggunakan cara online akan membantu eksportir menghemat banyak waktu maupun tenaga.

Dengan memenuhi persyaratan yang diperlukan seperti dokumen pelengkap, dijamin Anda bisa menerbitkan SKA resmi tanpa kesulitan. Ajukan sekarang juga melalui web e-SKA agar dapat melakukan kegiatan ekspor barang dengan lancar.Kedua jenis SKA dapat membantu melancarkan ekspor barang ke negara tujuan dengan keuntungan tersendiri. Jenis jenis surat keterangan asal sesuai kebutuhan perusahaan atau individu di atas masih berlaku hingga sekarang.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.