Fungsi non disclosure agreement ada banyak seperti, melindungi berbagai informasi rahasia dan penting di sebuah perusahaan. Tujuannya menjaga persaingan bisnis agar tetap sehat satu sama lain, serta tercipta inovasi baru.

Untuk memahami pernyataan di atas perlu satu contoh berikut ini. Dua perusahaan burger sedang berlomba mencari pelanggan. Mereka, akhirnya menciptakan kreasi dan toko A ternyata memenangkan persaingan itu.

Mereka mampu membuat hidangan super lezat bercita rasa tinggi. Dari situ penjualan akan naik drastis. Toko A akhirnya, memberikan NDA kepada jajarannya agar tidak membocorkan rahasia tersebut ke orang lain.

Kalau bocor, Toko B pasti membuat sesuatu yang baru. Hanya saja, secara keseluruhan sama persis hanya penampilannya saja berbeda. Kondisi tersebut tidak baik untuk konsumen karena, mendapatkan produk sama.

Hanya berbeda kemasannya saja, contoh non disclosure agreement ini hanya satu dari sekian banyak kejadian. Kondisi di atas memang sulit untuk dihindari karena, para pengusaha tidak mau merugi dan bangkrut.

Jadi, lebih suka meniru saja dibandingkan menciptakan kreasi sendiri. Karena, pangsa pasarnya sangat jelas. Dengan hadirnya perjanjian tersebut, walau secara tampilan sama tetapi, rasanya pasti berbeda. Hal ini menguntungkan konsumen.

Karena, mereka akan mendapatkan ide-ide bagus dan produk selalu berkualitas dari toko. Inilah alasan penting mengapa NDA itu harus dibuat oleh perusahaan. Sebagai pengikat erat seseorang untuk menjaga rahasia.

Fungsi Non Disclosure Agreement yang Perlu Dipahami

Peran lain dari NDA ini adalah menjaga hak paten dari sebuah produk. Hal ini berlaku bagi sebuah perusahaan dimana, mereka sedang mengembangkan sebuah layanan terbaik kelas atas.

Menariknya, belum ada brand yang membuatnya. Untuk menjaga rahasia penting sebelum barang tersebut keluar. Maka, perusahaan bisa menggunakan surat ini untuk mengikat beberapa orang agar tidak membocorkannya.

Jenis jenis non disclosure agreement ini menjadi satu diantara banyak kasus yang terjadi. Perlu diketahui, informasi penting yang bocor ke tangan orang lain sebelum produk tersebut mampu diedarkan akan mengganggu.

Terutama dalam pengurusan mengenai hak paten. Kondisi ini bisa terjadi karena, banyak mereka melakukan klaim atas inovasi itu. Sehingga, perlu ada pengusutan dan data secara lengkap sehingga, menunjukkan siapa penciptanya.

Keadaan ini sangat penting bagi setiap pengusaha. Dari sana, mereka akan mendapatkan income tambahan. Karena, tidak ada brand yang diperbolehkan untuk meniru atau memproduksi sendiri secara masal

Kepentingan ini harus dijaga benar agar kerugian tidak terjadi. Oleh karena itu, para pengusaha wajib memastikan pembuatannya sesuai dengan syarat membuat non disclosure agreement agar sah di mata hukum.

Perlu diketahui, surat perjanjian tersebut harus sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Hal itu bukan tanpa sebab, dalam hukum semua sudah diatur sedemikian rupa. Mulai dari awal sampai akhir.

Jika terpenuhi maka akan melindungi satu sama lain. Bukan hanya pihak perusahaan saja melainkan, Anda sebagai tenaga profesional. Oleh karena itu semuanya harus jelas tanpa ada penutup sama sekali.

Hal yang Membatalkan Non Disclosure Agreement

Dalam UU ada beberapa poin penting harus dijelaskan dalam pembuatan surat ini. Poin tersebut wajib ada karena, kalau tidak nantinya akan membatalkan kesepakatannya. Sehingga, sulit dibawa ke meja hukum.

Poin pertama yang juga menjadi fungsi non disclosure agreement berikutnya adalah menunjukkan bagaimana batasannya. Saat pembuatan surat harus dijelaskan secara rinci apa saja yang harus dan jangan.

Jika, saat Anda membacanya kurang jelas bahkan, membuat bingung. Maka, sebagai pegawai boleh saja menolaknya atau saat pihak perusahaan mencoba memberikan sanksi. Bisa langsung disanggah begitu saja.

Karena, tidak ada kalimat yang menyebutkan dugaan tersebut. Inilah alasannya mengapa surat perjanjian langsung batal menurut UU. Selanjutnya, masalah jangka waktu, ada yang hanya 3 tahun saja.

Atau saat produk itu sudah diberhentikan karena, alasan tertentu. Ketika, masa kesepakatan itu sudah selesai, secara otomatis, pegawai terlepas dari kesepakatan, tetapi kalau seumur hidup. Maka, Anda harus mematuhinya.Begitu pentingnya surat perjanjian ini membuat perusahaan dan karyawan harus memperhatikan benar. Agar fungsi non disclosure agreement tetap terjaga dengan baik dan tidak cacat secara hukum, demi masa depan keduanya.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.