Ada banyak contoh sertifikat laik fungsi yang kini bisa Anda dapatkan. Biasanya contoh ini diperlukan untuk lebih memahami gambaran tentang jenis sertifikat tersebut. SLF adalah jenis sertifikat yang dibutuhkan oleh pemilik bangunan agar mendapatkan beberapa jaminan.

Baik itu jaminan keamanan, keselamatan, kenyamanan dan lain sebagainya. Namun, tidak semua pemilik bangunan dapat mengajukan permohonan terhadap dokumen ini, hanya bangunan yang memenuhi standar saja.

Pemberian keputusan bahwa gedung tersebut telah memenuhi standar dilakukan oleh profesional yang memang ditunjuk untuk menangani. Mengetahui cara mendapatkan sertifikat laik fungsi diperlukan jika bangunan yang Anda miliki sudah dapat diajukan.

Memahami Contoh Sertifikat Laik Fungsi 

Setiap bangunan memiliki beragam jenis dokumen penting dengan fungsinya masing-masing. Salah satunya adalah pembuatan SLF mempunyai beberapa fungsi yang membuatnya penting diajukan. Pahami beberapa fungsi SLF berikut sebelum melihat contohnya. 

  1. Perlindungan Hukum

Salah satu bentuk legalitas sebuah gedung atau bangunan yaitu dengan dimilikinya sertifikat jenis ini. SLF akan memberikan jaminan perlindungan hukum selama masa berlakunya masih berlangsung

Jadi, jika suatu saat tiba-tiba terjadi hal yang tidak diinginkan bisa diurus secara legal karena sudah ada pelindung hukum. Hal ini sangat penting untuk jangka panjang ke depannya dan masalah akan cepat terselesaikan.

  1. Jaminan Keamanan

Fungsi berikutnya yaitu menjamin keamanan bangunan. Sebuah tempat yang aman tentu saja akan meningkatkan kenyamanan. SLF juga menjadi bukti bahwa pemilik bangunan tersebut tertib dalam menjalankan administrasi.

  1. Mewujudkan Fungsi Bangunan

Pendirian gedung atau bangunan tidak boleh sembarangan supaya bisa berfungsi dengan baik. Harus ada perhitungan yang matang agar tidak memberikan masalah ke depannya. Adanya SLF akan membuat para pengembang bangunan menjadi lebih berhati-hati. 

Mengingat banyak manfaat yang akan didapatkan jika mengajukan permohonan SLF untuk gedung bangunan. Sedangkan pengajuan sertifikat ini tidak akan bisa dilakukan jika bangunan yang didirikan tidak berfungsi dengan baik.

Sebenarnya sudah banyak contoh SLF yang bisa didapatkan, baik itu dibuat oleh perorangan maupun perusahaan. Supaya lebih memahami gambaran mengenai SLF, ada salah satu contoh sertifikat laik fungsi yang bersumber dari Bandara City Mall.

Manfaat yang Bisa Didapatkan Jika Memiliki Sertifikat Laik Fungsi

Banyak orang akhirnya membuat pengajuan permohonan SLF karena memiliki banyak manfaat. Namun, sebelum melakukan pengajuan Anda harus memenuhi persyaratan mengurus sertifikat laik fungsi secara lengkap. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan diantaranya:

  1. Meningkatkan Nilai Jual Bangunan

Keuntungan adalah salah satu hal yang menjadi prioritas bagi pemilik bisnis. Nilai jual bangunan akan meningkat jika memiliki sertifikat ini. Jadi, sebaiknya Anda langsung membuat SLF setelah bangunan telah selesai proses konstruksi.

Sebelum proses tersebut, ketahui berapa biaya pengurusan sertifikat laik fungsi agar nantinya bisa mempersiapkan jumlah dananya. Akan sangat disayangkan jika pada saat penjualan tidak bisa mendapatkan harga tinggi hanya karena tidak memiliki SLF.

  1. Meningkatkan Investasi Daerah

Pembuatan sertifikat ini akan meningkatkan investasi daerah. Hal ini karena akan semakin banyak industri berkembang ketika banyak gedung dibangun, misalnya seperti hotel dan pariwisata. Investasi daerah akan meningkat dengan berkembangnya kedua sektor ini.

Selain itu, ada beberapa dokumen yang membutuhkan SLF sebagai salah satu persyaratan penting untuk dipenuhi, seperti akta pemisah. Jika Anda berencana akan membuat akta pemisah, maka harus mengajukan SLF ini. 

  1. Meningkatkan Pendapatan Daerah

Pembuatan sertifikat juga akan meningkatkan sektor pajak pendapatan daerah. Penggunaan bangunan akan dikenakan biaya PBB dan lainnya. Dari sinilah pendapatan daerah bertambah.

Apalagi PBB adalah sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan. Jika tidak, maka Anda bisa mendapatkan sanksi berupa pembayaran denda dengan jumlah tertentu.

  1. Memperoleh Pengakuan Hukum

Manfaat berikutnya adalah SLF menjamin pengakuan hukum. Bangunan dengan perlindungan hukum akan sangat dibutuhkan apalagi saat terjadi hal-hal di luar dugaan. Masalah bisa terjadi kapan saja dan tidak bisa diperkirakan.

Masalah yang kemungkinan akan terjadi bisa diselesaikan dengan lebih mudah jika ada penaungan hukum legal. Bayangkan jika Anda tidak memiliki sertifikat, sesulit apa menyelesaikan masalah tersebut.Setiap instansi mengeluarkan SLK dengan tampilan berbeda antara satu dengan lainnya. Namun, pada intinya contoh sertifikat laik fungsi memberikan informasi sama bahwa bangunan tersebut sudah memiliki surat pernyataan resmi.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.