Contoh nomor induk berusaha – sebuah usaha atau bisnis yang ingin Anda jalankan akan lebih baik jika bisnis tersebut memiliki izin. Namun sebelum itu seorang pelaku usaha perlu untuk mendapatkan NIB terlebih dulu. NIB tersebut nantinya akan digunakan ketika proses pengajuan izin usaha.

Apa Itu NIB?

NIB sendiri merupakan kepanjangan dari Nomor Induk Berusaha yang merupakan identitas dari pelaku usaha dimana NIB akan diterbitkan oleh lembaga OSS. Jika pelaku usaha sudah memiliki NIB maka membuat izin usaha dan izin komersial hingga operasional yang juga sesuai dengan bidang usaha yang sesuai.

Contoh nomor induk berusaha terdiri dari 13 angka dimana juga dilengkapi dengan pengaman hingga tanda tangan elektronik. NIB ini memiliki jangka waktu sampai usaha yang sedang dijalankan masih terus beroperasi.

Syarat Dokumen Pembuatan NIB

Sebelum Anda mendapatkan nomor induk berusaha, Anda perlu menyiapkan beberapa persyaratannya. Ada beberapa syarat membuat nomor induk berusaha khususnya persyaratan dalam bentuk dokumen seperti:

1. Nomor NIK atau KTP orang yang menjadi penanggung jawab usahanya.

2. Melampirkan bukti kepesertaan BPJS Kesehatan atau BP Jamsostek.

3. Badan usaha dengan bentuk PT atau yang didirikan oleh firma, CV, koperasi, Yayasan atau persekutuan perdata perlu dilakukan pengesahan terlebih dulu pada HAM dan Kementerian Hukum. Dalam hal ini bisa dilakukan secara online.

4. Sedangkan jika dalam bentuk perumda, badan layanan umum, perum, atau yang lainnya maka harus menyiapkan dasar hukum usaha tersebut dibentuk.

5. Surat Pengesahan RPTKA atau rencana penggunaan tenaga kerja asing jika memang dibutuhkan.

Konsekuensi hukum bila tidak memiliki nomor induk berusaha sebenarnya tidak ada. Dalam kata lain Anda tidak akan dikenai sanksi atau jeratan hukum tertentu karena tidak memiliki NIB. Akan tetapi sebuah usaha yang tidak memiliki NIB juga tidak bisa mendapatkan kemudahan dengan usaha lainnya yang memiliki NIB. 

Langkah Membuat Nomor Induk Berusaha

  • Untuk mendapatkan contoh nomor induk berusaha, seorang pelaku usaha perlu melakukan proses pendaftaran pada laman www.oss.go.id
  • Nantinya Anda akan diminta untuk memasukkan NIK, dasar hukum pendirian usaha dan nomor pengesahan akta pendirian guna mendapatkan akses OSS.
  • Setelah itu, pelaku usaha mengisi data diri yang sudah ditampilkan mulai dari nama hingga NPWP. 
  • OSS akan menerbitkan contoh nomor induk berusaha jika semua data diri sudah dilengkapi dan Anda memiliki NPWP. 

Contoh Nomor Induk Berusaha

Pada contoh nomor induk berusaha ini nantinya akan berisi mengenai informasi dasar perusahaan atau usaha yang sedang dijalankan. Mulai dari nama perusahaan hingga status penanaman modalnya. 

Contoh nomor induk berusaha akan digunakan untuk membantu Anda ketika ingin mendaftarkan izin usahanya. 

Baca juga: Kelebihan PT Dibanding CV Sebagai Badan Usaha

Layanan Retainer Justika untuk Kelancaran Usaha Anda

Dalam membangun sebuah usaha tentu tidaklah mudah. Terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mendirikan bisnis yang sesuai hukum di Indonesia. Untuk itu, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan advokat profesional yang ahli di bidang ini.

Namun, kini Justika menawarkan solusi terbaik guna menjawab kebutuhan hukum usaha Anda, yakni Virtual Retainer. Melalui layanan Virtual Retainer, Anda bisa berkonsultasi secara virtual dengan advokat dengan rata-rata 10 tahun pengalaman berkiprah di bidang hukum bisnis. Jadi Anda tak perlu khawatir karena kebutuhan hukum usaha akan ditangani oleh ahlinya selama periode tertentu.

Selain itu, layanan ini juga mencakup penyelesaian kebutuhan usaha, mulai dari pembahasan dokumen hingga pembuatan dokumen bisnis.

Konsultasikan Permasalahan Pendirian Izin Usaha Melalui Justika

Proses untuk mendirikan usaha hingga bisa mendapatkan izin usaha tidaklah mudah. Untuk itu jika Anda bingung mengenai hal-hal seputar pendirian usaha, maka bisa berkonsultasi melalui tiga layanan Justika.

Layanan Konsultasi Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan konsultasi chat dari Justika. Kunjungi laman ini dan ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi. Tunggu sesaat dan sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Apabila fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Dengan layanan ini, Anda bisa mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum dengan lebih mudah dan efektif melalui telepon selama 30 atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Ingin berdiskusi lebih lanjut? Tenang, Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika secara lebih leluasa lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Adapun lama diskusi sekitar 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.