Banyak pelaku usaha enggan mendaftarkan izin edar Badan Pengawas Obat dan Makanan untuk produknya karena khawatir mengenai membutuhkan biaya daftar BPOM dan waktu lama tidak sedikit. Padahal pada kenyataannya biaya akan dikenai tidak sebanyak yang dikira.

Cara daftar BPOM makanan juga tidak membutuhkan waktu yang lama, saat ini Anda juga dapat memanfaatkan e-BPOM yaitu aplikasi khusus untuk mempermudah para pelaku usaha untuk mendaftarkan di Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Dengan mendaftarkan izin edar pada setiap barang diperjual belikan, Anda mendapatkan banyak sekali keuntungan. Salah satunya membantu Anda memiliki pasar yang lebih luas lagi.

Keuntungan dari Mendaftarkan Produk ke BPOM untuk UMKM

Tidak usah mengkhawatirkan biaya daftar BPOM tinggi, karena dengan mendaftarkan Badan POM pelaku usaha mendapatkan keuntungan-keuntungan yang sangat banyak. Terutama bagi UMKM berencana untuk mengembangkan usahanya ke pasar yang lebih luas.

Salah satu keuntungan yang didapatkan dari mendapatkan izin BPOM adalah membantu usaha Anda berkembang dan dapat memasarkan usaha lebih luas. Selain itu, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap produk pangan pun menjadi meningkat.

Mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sangat penting, izin edar ini memberikan rasa aman terhadap barang pangan yang akan dikonsumsi atau dipakai oleh masyarakat Indonesia.

Selain itu izin edar ini dapat meningkatkan daya saing usaha. Karena produk telah diberikan izin otomatis telah tervalidasi keamanan dan terbuat dari bahan baku yang tidak membahayakan. Selain keuntungan-keuntungan tersebut, inilah manfaat lainnya yang didapatkan.

  1. Kualitas produk terjamin legalitasnya

Mengurus izin BPOM makanan dapat meningkatkan kualitas dan menjamin legalitasnya. Tetapi sayangnya masih banyak pelaku usaha mengabaikan hal ini karena menilai dengan mengurus perizinan ini akan membutuhkan waktu yang lama dan biaya tidak sedikit.

Padahal keuntungan yang didapatkan sangat banyak, dengan usaha terjamin legalitasnya produk tersebut akan mudah dipercaya oleh masyarakat.

  1. Terjamin keamanannya untuk dikonsumsi

Yang menjadi bukti bahwa produk pangan tersebut terjamin keamanannya adalah jika telah terjamin legalitasnya dari Badan POM. Apalagi saat masa new normal di tengah pendemi covid 19.

Masyarakat semakin memerhatikan tentang higienitas dan telah banyak masyarakat memberlakukan pola hidup sehat dan bersih. Sehingga membuat barang pangan yang memiliki izin edar akan menjamin keamanannya untuk dikonsumsi.

  1. Citra Produk Baik dan Meningkat

Sangat penting membuat citra produk baik dan meningkat, membangun citra yang baik bisa ditingkatkan jika makanan tersebut telah terdaftar pada Badan POM. 

Karena jika produk sudah terdaftar akan menampilkan citra bahwa usaha tersebut telah memenuhi syarat dan keamanan untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

  1. Dapat memasuki Pasar yang luas

Dapat menumbuhkan pertumbuhan bisnis, tentu saja juga memberikan keuntungan lebih besar. Sehingga tidak ada kerugian sama sekali saat Anda mendaftarkan permohonan izin edar untuk produk pangan Anda.

Sebaliknya, hanya akan ada keuntungan lebih besar karena izin edar ini membantu produk dapat memasuk pasar yang lebih luas bahkan pasar luar negeri.

Biaya Daftar BPOM untuk Izin Edar Makanan

Pendaftaran izin Badan Pengawas Obat dan Makanan makanan saat ini bisa dilakukan secara daring melalui laman https://e-bpom.pom.go.id. Sangat mudah, Anda hanya perlu melengkapi persyaratan BPOM untuk produk pangan.

Persyaratan tersebut nantinya akan diminta untuk diunggah dan dikirimkan langsung ke alamat kantor Badan POM. Mengenai biaya pendaftaran dimulai dengan harga Rp 100.000 per item makanan atau obat-obatan.

Hal ini tergantung dengan risiko pangan, makin tinggi risikonya dapat tinggi juga biaya harus dikeluarkan. Nomor izin edar akan keluar paling lama 10 hari setelah dokumen Anda tervalidasi dan dinyatakan benar dan lengkap.

Tetapi akan menjadi lebih lama untuk barang pangan risiko tinggi sekitar 90 sampai 120 hari. Masa berlaku nomor izin edar ini adalah 5 tahun, nantinya Anda diwajibkan untuk memperpanjang masa berlakunya dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 1000.000 untuk produk pangan dan obat-obatan.Mengurus izin edar makanan BPOM sangat penting bagi pelaku usaha ingin memperluas pasar produknya. Tidak perlu mengkhawatirkan waktu lama dan biaya daftar BPOM tidak sedikit karena keuntungan akan didapatkan akan setimpal dengan usaha yang dikeluarkan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.