Apa itu surat pernyataan? Surat pernyataan memang kerap disebutkan dalam beberapa pembicaraan. Selain sering difungsikan untuk berbagai kepentingan, Dalam dunia kerja kerja sendiri, Surat pernyataan kerap dimanfaatkan untuk kepentingan perjanjian penting lainnya.

Pada dasarnya Surat pernyataan adalah surat yang dibuat  oleh faksi pihak terkait guna menjamin atau mengikat perorangan maupun sebuah badan atau organisasi guna menjamin secara hukum sebuah kesepakatan, lantas bagi Anda yang masih menanyakan apa itu surat pernyataan, secara tidak langsung dapat dikatakan sebagai surat yang menerangkan suatu hal atau menjamin suatu hal dan resiko yang hendak ditemui.

Dalam pembuatannya surat pernyataan seringkali dilaksanakan dengan cara resmi karena sebagai wujud kesiapan atas suatu hal. Pasalnya, fungsi surat pernyataan sendiri kerap menjadi bagian penting dari perjanjian atau kesepakatan besar. Oleh karenanya, dalam soal pembuatan surat pernyataan wajib dilaksanakan secara benar dan tepat.

Dalam surat pernyataan sendiri terdapat beberapa ciri ciri surat pernyataan yang menjadi faktor validitas yang perlu dicatat. Untuk memperoleh pernyataan hukum karena itu surat pernyataan juga wajib diberi tanda tangan diatas materai guna membuat landasan hukum surat pernyataan menjadi sah. 

Beberapa Tujuan Dalam Membuat Surat Pengakuan

Pembikinan surat pengakuan mempunyai beberapa Tujuan. Dalam pertanyaan Apa itu surat pernyataan sendiri wajib diketahui juga beberapa tujuan dibuatnya surat pernyataan tersebut. Berikut beberapa tujuan dari pembuatan surat pernyataan :

1. Untuk Kepentingan Umum

Dalam masalah ini surat Pernyataan dibikin bertujuan untuk pendamping sebuah syarat, seperti misalnya pada masalah lamaran tugas yang mengharuskan menyertakan surat pernyataan.

2. Tujuan Dalam Pekerjaan 

Apa itu surat pernyataan dalam pekerjaan? Dalam masalah ini Pembuatan surat pernyataan digunakan untuk memperlancar masalah sebuah pekerjaan. Pasalnya jika ada surat pernyataan akan jadikan tugas lebih cepat dan mudah dilaksanakan.

3. Untuk Kepentingan Sebuah Lembaga atau Instansi

Tujuan Surat Pernyataan untuk instansi adalah sebagai pernyataan dalam sebuah pekerjaan guna membuat pekerjaan tersebut dalam berjalan maksimal dan mendapatkan hasil sesuai dengan yang di inginkan.

Jenis Surat Pernyataan

1. Surat Pernyataan Diri

Apa itu surat pernyataan diri? Surat pernyataan diri adalah surat yang digunakan untuk dapat menjelaskan keterangan diri sendiri, mengatakan keadaan individu atau menerangkan hal yang penting disebutkan ke beberapa pihak tertentu.

2. Surat Pernyataan Hutang

Surat pernyataan ini umumnya berisi pernyataan mempunyai sebuah hutang dan janji berkaitan waktu pembayaran pelunasan pembayaran yang mempunyai ketentuan hukum permanen.

3. Surat Pernyataan Kesiapan

Seperti namanya, surat pernyataan kesiapan berisikan kesiapan seorang untuk jalankan ketentuan atau hal yang lain, misalkan kesiapan bayar biaya sekolah saat sebelum tenggat waktu tertentu dan yang lain.

4. Surat Pernyataan Bebas Narkoba

Apa itu surat pernyataan bebas narkoba yang sering diminta saat melakukan banyak hal? Surat pernyataan bebas narkoba adalah contoh surat pernyataan yang umumnya diperlukan oleh seorang yang akan mendaftarkan ke perguruan tinggi, melamar kerja atau yang lain. Surat inilah yang nantinya akan menjelaskan jika Anda merupakan seseorang yang bebas dari narkoba atau narkotika.

Justika Dapat Membantu Jika Anda Memiliki Pertanyaan Mengenai Surat Pernyataan!

Anda bisa mengkonsultasikan perihal format surat pernyataan yang baik dan benar sesuai dengan tujuan Anda tersebut dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan  Konsultasi Tatap Muka.

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Dengan Konsultasi via Telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.