Artikel ini bermaksud untuk menjelaskan bagaimana cara lapor penipuan online ke polisi dengan secara baik dan benar. Penipuan berbasis online memang tidak bisa dihindari, sebab kejahatan ini tak bisa ditemukan secara cepat.

Cara lapor penipuan online ke polisi dianggap merupakan langkah yang paling jitu ketika anda mengalami penipuan yang sangat sering terjadi di jagad online. Namun apakah anda sudah mengerti bagaimana alur melapornya?

Nah pada kesempatan kali ini artikel ini akan menyediakan 5 langkah cara lapor penipuan online ke polisi dengan cara yang tepat. Jangan sampai anda lewati yah, ini sangat penting dan perlu selalu diingat. Yuk simak penjelasannya secara cepat di bawah ini. 

Perhatikan 5 Langkah Cara Melaporkan Penipuan Online Langsung ke Kantor Polisi

Ada yang perlu anda perhatikan ketika sedang mengalami penipuan berbasis online secara langsung kepada pihak yang berwajib yaitu kepolisian, antara lain:

1. Barang Bukti Harus Ada

Pertama-tama yang perlu anda siapkan untuk melaporkan penipuan online langsung pada kepolisian adalah menyiapkan barang bukti yang akurat agar pengaduan anda bisa diyakini.

Caranya yaitu menyiapkan rekaman pembicaraan anda dengan penipu, jangan lupa kalo ada pembicaraan yang dinilai tak masuk akal maka anda bisa langsung rekam sebagai barang bukti.

2. Datang ke Kantor Polisi

Setelah anda menyiapkan rekaman yang bisa dipertanggungjawabkan, maka anda bisa langsung datang ke kantor polisi untuk mengajukan pengaduan laporan. hal ini diupayakan agar anda tidak kelamaan untuk melaporkan si penipu itu. Pasalnya jika mengandalkan lapor polisi online, anda tentu membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama.

3. Menuju Ruang Pelaporan (SPKT)

Setelah anda tiba di kantor polisi anda bisa langsung segera masuk ke ruangan Setra Pelayanan Kepolisian Terpadu. Hal ini untuk melaporkan penipuan online dengan barang bukti yang sudah disiapkan.

4. Lakukan Komunikasi Dengan Petugas yang Berjaga

Anda akan melakukan komunikasi dengan petugas yang sedang berjaga. Petugas tersebut akan memberikan beberapa pertanyaan untuk anda jawab sebagai upaya penyelidikan yang akan segera dilakukan. Dengan begitu maka laporan anda akan diterima dan penyelidikan akan segera dilakukan. 

5. Tunggulah Laporan Kelanjutan

Nah langkah yang terakhir dari cara melaporkan penipuan ke polisi, anda tinggal menunggu laporan kelanjutan yang akan segera disampaikan pada anda sebagai pelapor di beberapa hari kemudian. Susahnya tingkat penyelidikan akan mempengaruhi lamanya kasus yang sedang ditangani oleh kepolisian. Maka bersabarlah. 

Selain itu juga ada cara lain untuk lapor penipuan online, yakni melalui website lapor.go.id. Ada beberapa tahap yang bisa Anda lakukan seperti:

  1. Pilih kategori laporan yaitu pengaduan
  2. Kemudian tuliskan judul pelaporan
  3. Tuliskan dengan detail mengenai kejadian penipuan yang Anda alami. Mulai dari nama akun penipu, jumlah kerugian hingga keterangan yang lainnya dengan lengkap.
  4. Pilihlah tanggal kejadian
  5. Pilih lokasi kejadian
  6. Pilih instansi tujuan yang berhubungan dengan laporan Anda
  7. Pilih kategori tindak pidana pada bagian situasi khusus
  8. Jika ada bukti dokumen maka bisa Anda lampirkan
  9. Pilih kategori pengadu dan pilih lapor
  10. terakhir isi data diri serta beberapa ketentuan dan persyaratan

Tahapan diatas juga bisa menjadi cara melaporkan penipuan lewat wa. Sedangkan untuk cara lapor rekening penipu dengan memblokirnya, maka Anda bisa menghubungi cs bank yang digunakan penipu. Nantinya akan ada petugas yang membantu untuk menindaklanjuti.

Akan tetapi cara melaporkan tersebut perlu disertai dengan bukti konkret hingga jika ada banyak yang mengajukan pengaduan serupa.

Begitulah cara mengajukan laporan penipuan online secara langsung pada pihak yang berwajib yaitu kepolisian. Jangan sampai keliru dalam proses pelaporan kepada petugas kepolisian. Karena polisi akan bekerja semaksimal mungkin untuk menemukan penipu tersebut.Dengan demikian semoga bisa menjadi catatan yang berguna bagi anda yang sedang mengalami musibah penipuan online. Semoga bermanfaat.

Tanyakan Jalur Hukum Kasus Penipuan Online Kepada Justika

Anda bisa mengkonsultasikan perihal kasus penipuan online tersebut dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan Konsultasi Tatap Muka.

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Dengan Konsultasi via Telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.

Baca Juga:


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.