Bagaimanakah langkah hukum menghadapi anggota keluarga Pengguna narkoba? Jika terdapat salah satu anggota keluarga dimana terlibat dalam kasus ini, maka harus segera melaporkannya kepada pihak-pihak berwajib. 

Hal tersebut agar kasus inipun bisa segera ditangani sehingga akan memperoleh solusinya. Sebenarnya sudah ada undang-undang yang mengatur tentang narkotika tersebut yakni UU 35 Tahun 2009 mengenai narkotika. 

Keberadaan UU inipun sudah disahkan oleh mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono di tahun 2009. Adapun tujuannya adalah dapat digunakan sebagai pedomanan maupun proses hukum terhadap pengguna ataupun mengedar obat-obatan terlarang. 

Tidak hanya itu saja, aturan dan tindak pidana bagi pengguna maupun pengedarnya ternyata juga sudah tertuang didalam pasal 112 dan 114. Dimana perbedaan pasal 112 dan 114 UU narkotika adalah mengenai jenis pidana dan ancaman didalam penyalahgunaan pengguna ataupun pengedar. 

Jika ternyata terdapat salah satu anggota keluarga yang terlibat didalam kejahatan satu ini, maka terdapat sejumlah langkah hukum menghadapi keluarga pengguna narkoba tersebut. Untuk memahaminya lebih lanjut, maka Anda bisa membaca langkah-langkah berikut ini. 

Langkah Hukum Menghadapi Anggota Keluarga Pengguna Narkoba

Sebagai anggota keluarga, pastinya akan merasa terpukul ketika terdapat salah satu keluarga yang terlibat dengan kasus hukum satu ini. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena penggunaan obat-obatan inipun ternyata sangat dilarang karena bukan hanya merugikan Negara tetapi juga para penggunanya. 

Itulah mengapa pentingnya buat memahami bagaimanakah langkah hokum dalam menghadapi keluarga pengguna narkoba atau barang haram berikut ini. 

  1. Segera Laporkan Kepada Pihak Berwajib

Hal paling utama apabila Anda menemukan adanya anggota keluarga yang menyalahgunakan narkotika, maka segera dilaporkan kepada pihak berwajib. Hal tersebut karena ternyata terdapat pasal menyembunyikan anggota keluarga terkait narkoba yakni pasal 134 UU tentang Narkotika tahun 2009. 

  1. Bawalah ke Rehabilitasi Narkoba 

Apabila sudah dilaporkan kepada pihak berwajib. Maka langkah hukum menghadapi anggota keluarga Pengguna narkoba selanjutnya Anda harus segera membawa anggota keluarga ke Pusat Rehabilitasi Narkoba. 

Terlebih lagi jika terlihat adanya ketergantungan narkotika tersebut. Ada baiknya segera membawanya ke pusat rehabilitasi tepat dengan adanya sistem operasional sesuai dengan peraturan hukum. 

  1. Jangan Panik Terlebih Dahulu

Memang berita mengenai keluarga yang terkena kasus narkoba akan membuat kita semua syok bukan? Tetapi ada baiknya agar jangan pernah panic. Sebab ketika panic ternyata bisa mengakibatkan cara berpikir menjadi tidak jernih bahkan menyebabkan dapat mengambil keputusan terlalu gegabah. 

Cobalah serahkan semuanya kepada pihak berwajib sehingga bisa mendapatkan penanganan dan proses hukum yang tepat. Jangan lupa memberikan support bahwa mereka bisa keluar dari lingkaran hitam narkotika. 

Cara Mencegah Rantai Narkoba di Anggota Keluarga 

Memahami langkah hukum menghadapi anggota keluarga pengguna narkoba saja ternyata masih belum cukup. Sebab, Anda juga harus memahami dengan baik bagaimanakah mencegah rantai narkoba didalam lingkungan keluarga diantaranya adalah 

  1. Cobalah untuk memberikan rasa sayang, aman sekaligus perhatian yang cukup kepada mereka. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena sebagian besar penyebab penggunaan narkoba adalah karena perhatian buruk ayah dan ibu
  2. Berikan pendidikan seputar agama maupun akhlak kepada mereka 
  3. Selalu berdiskusi dan mengajak berkomunikasi mereka untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan 
  4. Berikan kebebasan bagi mereka dalam hidup tetapi tetap berikan pengawasan khusus kepada mereka. 

Bahaya Penyalahgunaan Narkoba yang Perlu Dihindari

Selain itu, memberikan pemahaman seputar bahaya dari penyalahgunaan narkotika inipun juga sangat penting dilakukan. Adapun beberapa bahaya dibalik penggunaan obat-obatan terlarang ini diantaranya adalah sebagai berikut: 

  1. Bisa Mengakibatkan Ketergantungan

Bahaya pertama yakni bisa menyebabkan ketergantungan karena adanya zat adiktif didalamnya. akibat dari ketergantungan itulah maka lama kelamaan akan membuat sel-sel otak menjadi rusak sehingga bisa mengakibatkan dampak bahaya lainnya. langkah hukum menghadapi anggota keluarga pengguna narkoba penting untuk menyelamatkan nyawa mereka.

  1. Perubahan Sel Saraf Pada Otak

Seperti sudah disinggung sebelumnya, para pengguna narkoba inipun ternyata juga bisa mendapati adanya sel saraf pada otak yang berubah. Bahkan bisa mengakibatkan komunikasi antar sel menjadi terganggu. 

  1. Membuat Daya Ingat Menurun

Tidak sampai disitu saja, ternyata dengan penggunaan narkoba bisa mengakibatnya daya ingat menjadi menurun. Karena biasanya terdapat efek sedatif ataupun mengantuk bahkan terganggunya koordinasi tubuh. Ketika mendapati saudara atau anak terkena kasus narkotika, Anda pasti akan merasa panic dan syok bukan? Sebagai warga Negara baik, maka memahami bagaimanakah langkah hukum menghadapi anggota keluarga pengguna narkoba sangat penting.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.