Tidak bisa dipungkiri apabila saat ini banyak pengguna internet merasa penasaran mengenai bagaimana langkah hukum apabila menjadi korban penipuan berkedok investasi. Hal ini menjadi suatu hal wajar karena banyak sekali kasus seperti itu akhir-akhir ini.

Sebab tidak semua orang bisa mengetahui apakah investasi yang mereka ikuti itu memang benar-benar terpercaya atau memang hanya investasi bodong. Sebab menjadi salah satu aktivitas dari masyarakat saktimu untuk memperkaya diri mereka dengan uang yang dimiliki.

Yang benar apabila cara yang mereka lakukan itu tidaklah salah. Hanya saja tempat di mana mereka melakukan investasi itulah yang menjadi permasalahan saat ini. Sebab tidak sedikit dampak yang akan diterima oleh investor jika terkena penipuan tersebut. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai contoh kasus penipuan investasi yang ada saat ini.

Namun jika  Anda  memang sudah terlanjur menjadi korban dari tindak penipuan ini, mungkin bisa memanfaatkan informasi berikut. Mengapa? Karena akan dijelaskan mengenai langkah hukum kehendak melaporkan tindakan tersebut.

Beberapa Macam Indikasi Investasi Bodong

Mungkin kebanyakan dari  Anda  melakukan langkah hukum tersebut jika sudah mengetahui dan merasakan apabila terkena penipuan tersebut. Tetapi tidak bisa dipungkiri apabila tidak semua orang dapat mengetahuinya saat itu juga.

Apabila ada saat ini tengah ikut dalam suatu investasi maka harus memastikan beberapa indikasi berikut ini untuk memastikan apakah layanan yang  Anda  gunakan itu terpercaya atau tidak. Sehingga jika sudah terbukti memang bodong, maka bisa mencoba mengambil langkah hukum apabila menjadi korban penipuan berkedok investasi.

  1. Hasil Menggiurkan

Salah satu indikasi yang biasa ditawarkan oleh investasi bodong untuk bisa menarik perhatian para calon investor ialah memberikan hasil menggiurkan. Pemberian tingkat return yang tinggi, calon investor akan terasa tertarik untuk mencobanya karena akan memberikan mereka keuntungan pada akhirnya. Karena itulah perlu berhati-hati jika menemukan indikasi seperti ini.

  1. Badan Hukumnya Tidak Jelas 

Salah satu hal terpenting sebelum melakukan investasi iyalah memastikan apa kita lembaga keuangannya itu memang benar-benar terpercaya. Pastikan lembaga ini sudah terdaftar ke dalam OJK apabila ingin mendapatkan keamanan yang tinggi.

Inilah Langkah Hukum Apabila Menjadi Korban Penipuan Berkedok Investasi

Setelah memastikan apabila  Anda  memang terjebak dalam suatu investasi bodong, maka tidak ada kata terlambat untuk bisa mengambil langkah agar tidak jatuh ke dalam penipuan lebih jauh lagi. Salah satunya ialah dengan mengambil langkah hukum untuk melawan penipuan ini.  Caranya cukup mudah seperti pada informasi berikut ini.

  1. Mengumpulkan Korban

Salah satu cara agar dapat melawan tindak penipuan tersebut ialah dengan cara mengumpulkan korban terlebih dahulu. Sudah pasti ada banyak orang yang akan ikut lembaga ini karena berhasil memberikan penawaran menggiurkan. Karena itulah  Anda  bisa mengumpulkan banyak korban agar nantinya dijadikan sebagai saksi untuk memperkuat bukti.

  1. Mengajukan Hukum Perdata

Sudah sangat jelas apabila pasal penipuan investasi itu terlampir pada suatu undang-undang mengenai pencucian uang. Karena itulah  Anda  bisa mencoba untuk mengajukan hukum perdata agar bisa segera menyelesaikan masalah. 

Sebab kegiatan keuangan itu memang diatur pada hukum perdata.  Anda  bisa melakukan hal ini data atau bukti yang terkumpul sudah kuat serta memenuhi syarat. Sebab terdapat beberapa syarat melaporkan penipuan investasi yang harus dipenuhi.

  1. Mengajukan Hukum Pidana

Apabila  Anda  merasa apabila pelaku memang patut untuk mendapatkan hukuman penjara, maka bisa mengajukan hukum pidana.  Anda  bisa membantu banyak orang agar tidak terkena penipuan lebih lanjut dengan menggunakan tahapan ini walaupun memang proses hukumnya cukup lama serta memakan biaya.

  1. Memilih Pengacara yang Kompeten

Salah satu kunci kemenangan apabila ingin menyelesaikan kasus di pengadilan ialah dengan memilih pengacara yang kompeten. Sebab dengan kehadirannya pengacara tersebut akan membuat proses hukum bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan yang  Anda  inginkan.

Sebelumnya kamu sudah melampirkan informasi detail mengenai bagaimana cara untuk mengambil tindakan apabila terkena penipuan investasi bodong dalam ranah hukum. Hal ini dilakukan untuk membuat  Anda  tidak terjatuh terlalu larut dalam penipuan.Atau selebihnya bisa memberikan keuntungan kepada  Anda  karena uang yang sudah diinvestasikan sebelumnya memiliki potensi kembali ke tangan  Anda  lagi. Karena itulah pahami dengan baik mengenai langkah hukum apabila menjadi korban penipuan berkedok investasi.