Contoh surat pengaduan pencemaran nama baik memang terbilang perlu diketahui oleh masyarakat luas agar nantinya bisa memiliki gambaran ketika memang secara kebetulan mengalami hal serupa.

Cara Melaporkan Pencemaran Nama Baik

Dijaman modern dan era digital seperti sekarang ini,  media sosial menjadi salah satu media online yang banyak digunakan.  Umumnya media sosial dimanfaatkan untuk memperluas lingkaran sosial serta berbagi informasi. Namun terkadang sosial media menjadi salah satu sarana untuk melakukan tidak kejahatan. 

Ada banyak jenis kejahatan yang bisa dilakukan melalui media sosial ini seperti penipuan dan juga pencemaran nama baik. Dan sebelum anda melihat seperti apakah contoh laporan pencemaran nama baik ini,  maka terlebih dahulu anda juga perlu mengetahui tentang seperti apakah prosedur atau cara melakukan laporan atas kasus pencemaran nama baik.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan. 

1. Mengumpulkan Barang Bukti

Hal pertama yang perlu dilakukan saat ingin membuat laporan tentang pencemaran nama baik ke polisi adalah dengan cara mengumpulkan barang bukti.  Sesuai pengertiannya bahwa pencemaran nama baik adalah sebuah tindakan membuat berita palsu untuk menjelekkan nama orang lain dimana berita tersebut tidak benar dan tidak ada buktinya. 

Untuk itu,  sebagai pelapor anda wajib menyediakan bukti – bukti. Barang bukti tersebut bisa dalam banyak bentuk.  Misal hasil screenshot percakapan atau chat,  rekaman audio, foto serta video. 

2. Mengumpulkan Saksi

Saksi juga diperlukan untuk memperkuat laporan.  Misalnya saja saksi yang ikut menyaksikan kejadian saat pencemaran nama baik tersebut berlangsung atau saksi yang ikut melihat atau menyaksikan barang bukti atas kejadian yang dimaksud. 

3. Mempersiapkan Diri

Membuat  sebuah laporan ke polis harus penuh pertimbangan.  Pertimbangan disini berupa persiapan diri anda. Baik itu berupa mental,  fisik maupun bukti – bukti yang ingin anda tunjukkan untuk memperkuat laporan yang anda buat. 

Usahakan anda sudah paham tentang alur yang ingin disampaikan.  Gunakan kalimat yang jelas,  detail dan tegas.  Sampaikan pula detail kejadian,  lokasi,  tempat maupun maupun informasi mengenai identitas dari pelaku pencemaran nama baik tersebut. 

4. Menyiapkan Kuasa Hukum

Membuat laporan ke polisi akan lebih baik jika didampingi oleh orang yang memang paham akan hukum.  Sehingga jika memungkinkan,  sebaiknya anda didampingi oleh kuasa hukum dalam membuat laporan tersebut agar anda lebih tertata dan terarah dalam proses pelaporan tersebut. 

5. Membuat Laporan

Langkah terakhir yang harus lakukan adalah proses membuat laporan.  Anda hanya perlu datang ke kantor polisi dengan bawa semua barang bukti dan didampingi kuasa hukum (jika ada). Kunjungi bagian pelayanan untuk mengajukan laporan anda. 

Biarkan pihak kepolisian menerima dan mendalami kasus yang anda laporkan kemudian tunggulah sampai surat penyelidikan atas kasus tersebut diterbitkan. Namun sebelum anda melihat seperti apa contoh laporan pencemaran nama baik, anda juga perlu mengetahui bahwa laporan pencemaran nama baik hanya berlaku selama 6 bulan saja sehingga pastikan belum kadaluarsa.

Contoh Surat Pengaduan Pencemaran Nama Baik

Informasi terpenting dalam hal kasus pencemaran nama baik adalah mengenai contoh laporan pencemaran nama baik. Berikut adalah contoh yang bisa Anda ikuti.

Nama Kepolisian

Alamat Kantor Polisi

Surat Tanda Terima Laporan

Nomor :…….

Berdasarkan laporan polisi nomor……. tanggal….. dengan ini dijelaskan bahwa :

  1. Nama : (pelapor) 
  2. Umur : (pelapor) 
  3. Agama : (pelapor) 
  4. Pekerjaan : (pelapor) 
  5. Alamat : (pelapor) 
  6. Nomer HP : (pelapor) 
  7. Telah membuat laporan di : (nama kantor polisi) 
  8. Tindak pidana : (diisi jenis laporan yang dalam hal ini adalah pencemaran nama baik) 
  9. Tempat kejadian : (lokasi tindak pencemaran nama baik) 
  10. Waktu kejadian : (wakti terjadinya tindakan pencemaran nama baik) 
  11. Terlapor : (nama yang dilaporkan) 
  12. Korban : (nama korban yang mengalami pencemaran nama baik)

Telah membuat laporan atas tindak pidana pencemaran nama baik dan fitnah yang telah dilaporkan di (nama bagian pelayanan kantor polisi) guna proses hukum yang lebih lanjut. 

Tanggal laporan dibuat, 

Ditanda tangani oleh pelapor dan petugas kepolisian yang menerima laporan

Baca juga: Jenis Komentar Di Media Sosial Yang Dikategorikan Sebagai Tindak Pidana Melanggar Hukum

Layanan Justika untuk Membantu Permasalahan Pencemaran Nama Baik

Sebagai korban, penting untuk mendalami posisi Anda lebih jauh. Biar tidak salah melangkah, disarankan untuk berkonsultasi dengan advokat yang ahli di bidang hukum. Anda tidak perlu khawatir karena  Justika menyediakan beragam layanan untuk membantu Anda.

Layanan Konsultasi Chat

Anda bisa mendapatkan layanan konsultasi hukum secara mudah dan dengan harga terjangkau. Caranya dengan mengunjungi laman ini. Selanjutnya, ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan di kolom chat. Lalu, lakukan pembayaran sesuai instruksi yang tersedia. Dan hanya dalam 5 menit system akan mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsutasi via Telepon

Jika diperlukan Tindakan yang tidak dapat diakomodasi melalui fitur chat, Anda bisa memanfaatkan Layanan Konsultasi via Telepon dari Justika. Dengan layanan ini, Anda berkesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Anda pun dapat bertemu dan berdiskusi langsung dengan para Mitra Advokat Justika lewat Layanan Konsultasi Tatap Muka. Diskusi akan berlangsung selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.