Contoh surat penangguhan penahanan berisi permintaan penangguhan masa penahanan kepada hakim dan pejabat berwenang atas tindak pidana yang dilakukan. Surat ini diajukan langsung oleh tersangka atau terdakwa lewat kuasa hukumnya.

Di dalam surat ini berisi kesediaan tersangka atau terdakwa untuk memenuhi syarat dan memberikan jaminan sesuai yang ditentukan. Besarnya jaminan ditentukan oleh penilaian pejabat yang terkait.

Pada saat ditahan, tersangka dapat mengajukan penangguhan masa tahanan agar tidak ditempatkan di rumah tahanan selama proses penyidikan, penuntutan pada kejaksaan dan persidangan pada keadilan.

Jenis – jenis Tindak Pidana yang Perlu Diketahui

Tindak pidana adalah kegiatan melawan hukum yang membuat pelaku dihukum menurut peraturan yang berlaku. Tindak pidana di bawah ini memungkinkan tersangka mendapatkan penangguhan penahanan. Jenis tindak pidana di Indonesia, diantaranya adalah:

1. Kejahatan dan Pelanggaran

Menurut KUHP, kejahatan bertentangan dengan keadilan. Sedangkan pelanggaran baru disadari sebagai tindak pidana setelah disebutkan oleh undang – undang.

2. Tindak Pidana Formil dan Materil

Tindak pidana formil titik beratnya pada perbuatan yang dilarang sedangkan tindak pidana materil pada akibat yang dilarang seperti hilang nyawa pada tindakan pembunuhan.

3. Tindak Pidana Commissionis dan Ommisionis

Tindak pidana commissionis adalah pelanggaran terhadap larangan seperti mencuri. Tindak pidana omisionis adalah pelanggaran terhadap perintah seperti tidak datang ke pengadilan.

4. Tindak Pidana Dolus, Culpa dan Praparte Dolus Proparte Culpa 

Tindak pidana dolus adalah ada unsur kesengajaan, tindak pidana culpa ada unsur kealpaan. Tindak pidana proparte dolus pro parte culpa ada unsur kesengajaan dan kealpaan.

5. Tindak Pidana Aduan dan Bukan Aduan

Tindak pidana aduan dilaksanakan setelah ada aduan dari korban, tindak pidana bukan aduan dapat dituntut meski tidak ada aduan dari korban.

6. Tindak Pidana Tunggal dan Berganda

Tindak pidana tunggal adalah cukup dilakukan sekali, tindak pidana berganda baru bisa dituntut apabila dilakukan berulang kali seperti tindak pidana penadahan seperti kebiasaan.

7. Tindak Pidana yang Berlangsung Terus Menerus

Adalah keadaan yang dilarang dan berlangsung terus menerus seperti mengambil kemerdekaan seseorang.

8. Tindak Pidana Sederhana

Adalah kegiatan atau tindakan dalam kategori yang masih sederhana tetapi melanggar hukum seperti pencurian.

Untuk tindak pidana dengan masa hukuman di bawah 5 tahun, tersangka dapat mengajukan permohonan masa penangguhan tahanan dengan membuat contoh surat penangguhan penahanan.

Baca juga: Syarat Penangguhan Penahanan Atas Tindak Pidana

Unsur – unsur Tindak Pidana dan Penangguhannya

Ada yang membagi unsur pidana menjadi dua yaitu unsur subjektif dan unsur objektif. Unsur subjektif dilihat dari orang yang melakukan perbuatan yaitu dilakukan oleh orang yang mampu bertanggung jawab dan ada kesalahan yang dilakukan.

Sedangkan unsur objektif adalah perbuatan kejahatan yang dilakukan seperti adanya perbuatan melawan hukum dan ada akibat yang menyertainya.

Penahanan merupakan suatu bentuk pengambilan kemerdekaan karena membatasi gerak seseorang. Hal ini dilakukan karena khawatir tersangka melarikan diri atau merusak barang bukti dan mempersulit pemeriksaan.

Penahanan adalah penempatan tersangka di suatu tempat tertentu sesuai dengan peraturan Undang – Undang. Pada tindak pidana kejahatan dengan ancaman pidana di bawah 5 tahun, penangguhan dapat diajukan oleh tersangka atau terdakwa. 

Masa penangguhan adalah salah satu bentuk kemurahan pejabat negara agar tersangka yang kebebasannya diambil tidak dirugikan kepentingannya. Permohonan penangguhan dapat dikabulkan apabila terpenuhi syarat penangguhan penahanan dan jaminan.

Demi untuk menjaga kewibawaan aparat penegak hukum dan agar tidak menjadi sorotan publik, hanya perkara yang tidak meresahkan masyarakat dapat diajukan masa penangguhan dalam penahanannya. 

Contoh Surat Permohonan Penangguhan Penahanan

Jakarta, 17 Januari 2019

Kepada:
Yth. KEPALA KEPOLISIAN
RESORT JAKARTA SELATAN

Di Jakarta Selatan

Dengan Hormat,

Yang bertandatangan dibawah ini:

Nama: (Nama pemohon penangguhan penahanan)
Umur:
Pekerjaan:
Alamat lengkap:

Bahwa pada hari ini, Rabu 17 Januari 2019, Saya selaku penjamin atau pemohon mengajukan Permohonan Penangguhan Penahanan terhadap (nama tersangka) dengan identitas berikut:

Nama: (nama tersangka)
Umur:
Pekerjaan:
Alamat:

Yang ditahan di (alamat tersangka ditahan dan tanggal penahanan) dalam perkara (disebutkan dengan jelas tindak pidana yang dilanggar)

Apabila permohonan tersebut dikabulkan maka Saya sanggup dan bersedia untuk:

(Pada bagian ini dijelaskan dengan rinci mengenai jaminan dan syarat yang diberikan jika permohonan dikabulkan)

Demikian Surat Permohonan ini Saya buat dengan sebenar-benarnya dengan harapan kiranya dikabulkan.

Hormat Saya,

Pemohon

ttd

(Nama pemohon)

Bagian Surat Penangguhan Penahanan Pidana

Contoh surat penangguhan penahanan cukup sederhana yaitu terdiri dari tanggal surat, nomor surat, lampiran (bisa dilampirkan surat kuasa atau surat keterangan menjamin), hal atau perihal (diisi dengan permohonan penangguhan nama tersangka).

Lalu ditujukan kepada (diisi alamat tempat tersangka ditahan), alamat tujuan yakni alamat instansi, salam pembuka lalu isi permohonan. Pada bagian isi permohonan dapat ditulis identitas lengkap tersangka atau terdakwa.

Ditambahkan poin – poin yang dapat meyakinkan hakim atau pejabat berwenang untuk meloloskan permohonan, selain itu dituliskan juga jaminan dan syarat yang akan dipatuhi yaitu wajib melapor dan tidak pergi keluar rumah atau keluar kota. 

Surat kemudian ditutup dengan salam penutup, dituliskan nama pengirim dan tanda tangan pemohon dan kuasa. Surat penangguhan masa penahanan merupakan salah satu syarat penangguhan tahanan yang harus dipenuhi.

Cara mengajukan penangguhan penahanan adalah dengan surat permohonan penangguhan yang diajukan langsung oleh tersangka atau terdakwa atau kuasa hukumnya. Diberikan kepada hakim atau jaksa penuntut di instansi tempat penahanan.

Kemudian permintaan penangguhan ini disetujui oleh hakim atau pejabat berwenang dengan dasar pertimbangan bahwa tersangka atau terdakwa dapat mematuhi jaminan dan syarat yang diberikan. Masa penangguhan adalah hak yang dapat diminta oleh tersangka kepada hakim atau jaksa penuntut. Melalui prosedur yang tepat yaitu dengan memenuhi syarat dan jaminan, pengajuan dilakukan melalui contoh surat penangguhan penahanan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.