Kini, lelang sudah dimasuki para penipu sehingga Anda perlu tahu cara melaporkan penipuan lelang agar dana yang mungkin sudah anda keluarkan dapat dikembalikan. Ini adalah bentuk perkara yang cukup fatal dan menjadi pelajaran agar Anda bisa selalu teliti ketika lelang.

Scam atau biasanya dikenal juga dengan sebutan penipuan telah sering terjadi dan langsung melibatkan banyak pihak. Semua sektor juga telah disusupi penipu sehingga Anda disarankan untuk selalu berhati-hati. Termasuk ketika mendapat tawaran mengikuti lelang barang.

Proses lelang mungkin sangat menarik karena biasanya harga barang yang didapat itu lebih rendah daripada aslinya. Tetapi tidak semua lelang bisa dipercaya. Sering kali penawaran lelang itu hanya menjebak agar banyak mengikuti dan memikirkan sanggahan lelang.

Penipu ini sudah terbiasa menjalankan aksinya sehingga semuanya dapat berjalan lancar. Penipu bahkan tidak menunjukkan indikasi buruk sebelum Anda melakukan transaksi. Sehingga, ketika sudah percaya, Anda akan mulai melakukan transaksi salah tersebut.

Cara Melaporkan Penipuan Lelang yang Marak Terjadi

Meskipun sudah marak terjadi, bukan berarti Anda bisa memaklumi penipuan ini. Nilai kecil maupun besar, sama saja itu merupakan sebuah penipuan yang harus dilaporkan. Karena Anda pastinya juga tidak ingin menjadi korban penipuan lelang seperti itu juga bukan?

Namun jika Anda sudah terjebak dalam jebakan penipuan lelang ini, akan menjadi satu hal yang sangat merugikan. Jadi, Anda bisa mulai melapornya dan berharap bisa segera diproses dan uang dapat dikembalikan. Namun, seperti apa cara melaporkannya?

1. Jika Melapor ke Polisi

Biasanya polisi akan menjadi tempat utama orang melaporkan masalah penipuan atau hal yang masih berkaitan lainnya. Jika Anda mengalami penipuan di lelang ini, maka bisa diatasi di kantor polisi terdekat. Tetapi, wajib kunjungi kantor polisi dulu.

Di sini, Anda datang ke bagian Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu. Itu merupakan badan khusus untuk menjadi pelaksana tugas yang sifatnya pokok di bidang layanan kepolisian. Jangan lupa juga untuk menulis contoh surat sanggahan lelang.

Di kantor polisi ini juga Anda diwajibkan untuk menyerahkan beberapa berkas seperti bukti percakapan, baik dalam bentuk chat atau hasil record video call. Jika Anda sudah menyelesaikan transaksi, maka diwajibkan juga untuk menuliskan bukti transfer.

2. Lapor ke Laman Lapor.go.id

Menyadari kondisi banyaknya penipuan yang terjadi, bukan hanya soal lelang, maka pemerintah juga memberikan perhatian lebih dengan membuat laman khusus untuk mengatasi masalah masyarakat. Cara melaporkan penipuan lelang ini lebih efektif.

Anda tinggal masuk ke laman resmi Lapor.go.id dan pada halaman utamanya, masuk ke menu “Lapor”. Tulis laporan di kolom yang sudah disediakan dengan jelas dan detail. Dalam waktu kurang dari 3 hari, laporan akan diverifikasi terlebih dahulu.

Setelah di tahap itu, situs ini akan melanjutkan laporan kepada instansi yang terkait dalam kurun waktu 5 hari. Dan proses penyelidikan hingga penutupan operasi kantor lelang itu akan dilakukan hingga menjadi hal yang menggugurkan peserta lelang.

3. Melaporkan ke OJK

Otoritas jasa keuangan juga menjadi tempat yang tepat untuk melaporkan segala aktivitas penipuan yang ada kaitannya dengan keuangan. OJK sendiri memiliki motto sebagai aplikasi portal perlindungan konsumen sehingga lelang juga termasuk.

Cara untuk melaporkan penipuan lelang melalui OJK ini bisa dilakukan dengan masuk ke aplikasi APPK dan pilih menu “Pengaduan”. Lengkapi form yang sudah diberikan itu dan tinggal kirim pengaduan. Setelah itu, segala proses akan di update ke Anda.

4. Laporkan Akun Media Sosial

Cara di atas memang sangat penting untuk diri Anda sendiri, tetapi jika Anda juga memikirkan kepentingan orang lain, maka melaporkan akun media sosial penipu lelang akan menjadi langkah awal yang tepat agar akun tersebut tidak bebas.

Jadi, misalnya mereka menggunakan Instagram, Anda bisa melaporkan akun tersebut dulu dan mengajak rekan-rekan juga melakukan hal yang sama. Selain itu, bisa juga Anda akali dengan menanda nomor penipu di Get Contact agar yang lain tahu.

Penipuan sudah semakin marak terjadi sehingga bukan merupakan saat yang aman untuk melakukan transaksi yang nilainya tidak masuk akal. Anda wajib tahu cara melaporkan penipuan lelang setelah mungkin penawaran Anda diterima, tetapi barang tidak dikirim.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.