Di era digital seperti sekarang ini, kegiatan manusia semakin dipermudah dengan adanya layanan serba online. Salah satunya adalah kegiatan berbelanja. Namun, kemudahan tersebut juga kadang masih banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk melakukan penipuan termasuk penipuan secara online. Seperti barang yang tidak kunjung datang padahal uang sudah di transfer, maupun barang yang datang tidak sesuai dengan barang yang dipesan. Itulah sebabnya, di bawah ini akan dibahas seputar bagaimana cara melaporkan penipuan belanja online supaya kegiatan belanja Anda semakin terjamin keamanannya. 

Lapor Melalui Cekrekening.id

Cara melaporkan penipuan online yang terjadi saat Anda berbelanja di situs-situs online salah satunya adalah dengan melaporkan nomor rekening si penipu. Caranya cukup mudah, Anda hanya butuh data berupa nama bank dan nomor rekening penjual yang melakukan penipuan tersebut kemudian masukkan pada situs cekrekening.id untuk mendapatkan informasi lanjutan dari si penipu. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan situs ini untuk melakukan pengecekan nomor rekening penjual online sehingga dapat terungkap apakah nomor rekening tersebut memiliki riwayat laporan penipuan atau tidak. Dengan demikian, Anda tidak perlu melanjutkan kegiatan belanja online jika sekiranya nomor rekening si penjual mencurigakan.

Lapor Melalui Kredibel.co.id

Langkah lain yang bisa Anda lakukan saat mengalami kejadian penipuan belanja online adah dengan lapor di situs kredibel.co.id. Cara melaporkan penipuan belanja online yang satu ini juga tidak kalah mudah dengan langkah pelaporan sebelumnya. Yakni lakukan dengan membuka situs kredibel.co.id kemudian lanjutkan dengan login menggunakan akun Facebook maupun akun Google. Setelah itu, Anda akan diarahkan pada halaman pemilihan laporan. Setelah memilih, isi formulir terkait laporan penipuan, kemudian klik perintah kirim laporan. 

Lapor Melalui Lapor.go.id

Situs yang dikelola langsung oleh Kementerian PANRB ini juga menyediakan layanan pelaporan penipuan belanja online dengan cara yang cukup simpel. Pengaduan penipuan belanja online melalui lapor.go.id diawali dengan pengisian formulir pada halaman awal di situs tersebut. Sedangkan untuk sistem kerja situsnya sendiri yaitu pengaduan melalui penulisan formulir laporan, verifikasi, tindak lanjut, dan pemberian tanggapan. Dalam proses pelaporannya, Anda juga membutuhkan beberapa data seperti kronologi kejadian penipuan, nama akun si penipu, kerugian yang diperoleh, lokasi kejadian, tanggal, dan kelengkapan lainnya guna kepentingan pelapran yang nantinya diproses.

Baca juga: Cara Melaporkan Penipuan Transfer Bank, Mudah Tanpa Ribet

Lapor ke Bank

Cara lain yang bisa Anda lakukan saat mengalami penipuan adalah dengan lapor ke customer service bank yang bersangkutan maupun datang langsung ke kantor cabang terdekat. Sampaikan dengan detail kejadian atau kronologi penipuan yang Anda alami, bila perlu kumpulkan banyak bukti untuk memperkuat laporan Anda. Dengan demikian, bank akan memblokir rekening si penipu yang berada di bawah naungannya.Itulah beberapa cara melaporkan penipuan belanja online yang wajib Anda ketahui. Supaya kejadian penipuan tidak terjadi, jangan lupa untuk waspada dan hati-hati saat melakukan kegiatan belanja online apa lagi dalam melakukan kegiatan transaksinya.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.