Anda pasti sudah sering kali mendengar kata “somasi”  bukan? Akan tetapi tahukan Anda bagaimana cara membuat surat somasi ini? Jika Anda belum tahu, Anda bisa lihat contoh somasi penipuan berikut ini supaya lebih mudah jika akan membuat surat somasi sesuai dengan kebutuhan Anda: 

No : (berisi nomor surat, diberikan oleh pihak kuasa hukum pihak 1)

Lampiran : (Jumlah halaman terlampir)

Perihal : (Jenis somasi, contohnya somasi peringatan)

Kepada Yth.

Sdr. (Nama Pihak 2)

Di alamat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dengan hormat,

(sebutkan nama advokat)

Para Advokat dan kuasa hukum pada Kantor Hukum (nama kantor hukum), beralamat di (alamat lengkap kantor pengacara). Berdasarkan Surat Kuasa Khusus tanggal 19 September 2021 bertindak untuk dan atas nama serta mewakili kepentingan Klien kami (nama pihak 1 atau perusahaan milik pihak 1), beralamat di (alamat lengkap pihak 1), dengan ini menyampaikan Perintah (somasi) kepada Saudara, sebagai berikut:

Bahwa berdasarkan keterangan (nama pihak 1) dan bukti-bukti yang telah di kumpulkan, saudara telah menerima uang (proyek kerja sama), sebesar Rp (nominal yang menjadi sengketa) dan akan mengembalikannya dalam jangka waktu (waktu yang dijanjikan);

Bahwa hingga surat peringatan (somasi) ini dikeluarkan, Saudara (pihak 2) belum memenuhi kewajibannya untuk membayar uang terhutang untuk dana proyek (nama proyek) sesuai dengan yang surat pernyataan kerja sama (nama proyek) yang telah disepakati bersama dan di tandatangani dengan materai;

Bahwa, apabila Saudara tidak juga menyelesaikan kewajiban dalam waktu perpanjangan (waktu yang ditetapkan pihak 1), maka kami akan menempuh jalur hukum dalam upaya penyelesaian perkara ini. Pilihan jalur hukum di dukung dengan pasal 378 dan atau 372 KUHP tentang penipuan dan atau penggelapan berdasarkan bukti-bukti yang sudah kami kumpulkan.

Berdasarkan perihal tersebut, kami menyampaikan peringatan ini. Supaya saudara (nama pihak 2) segera menjalankan kewajibannya yang sudah di janjikan hingga tenggat waktu yang sudah di tetapkan. 

Lewat dari batas waktu yang sudah di berikan dan biaya terhutang masih belum di lunasi maka masalah ini akan di bawa ke jalur hukum untuk diselesaikan dengan undang-undang yang berlaku

Demikian surat Somasi peringatan ini disampaikan untuk saudara (pihak 2) segera melaksanakan kewajibannya. Atas perhatiannya Kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

(tempat dan waktu pembuatan surat somasi)

Hormat Kami,

Kuasa Hukum

(Nama Kuasa Hukum yang terlibat)

Sesungguhnya cara membuat surat somasi ini bisa digunakan untuk banyak perkara. Beda perkara beda juga perihalnya. contoh somasi penipuan di atas bisa di ubah perihalnya dan isinya untuk memudahkan Anda yang ingin membuat surat somasi baik untuk somasi perintah, somasi perikatan sendiri dan juga akta Soorgelijke.

Baca juga:

Konsultasikan Dengan Justika Mengenai Permasalahan Somasi

Permasalahan penipuan yang terjadi pada Anda bisa diselesaikan dengan cara memberikan somasi. Untuk itu, Justika menyediakan layanan bagi Anda untuk mendapatkan nasihat hukum yang spesifik dengan para Mitra Advokat profesional, di antaranya:

Layanan Konsultasi Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan konsultasi chat dari Justika. Kunjungi laman ini dan ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi. Tunggu sesaat dan sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Apabila fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Dengan layanan ini, Anda bisa mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum dengan lebih mudah dan efektif melalui telepon selama 30 atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Ingin berdiskusi lebih lanjut? Tenang, Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika secara lebih leluasa lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Adapun lama diskusi sekitar 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.