Contoh surat pernyataan kesanggupan memang penting untuk dipelajari. Surat pernyataan kesanggupan adalah bukti tercatat yang cukup penting dalam persoalan jual, sewa, dan membeli rumah. Nantinya, surat surat tersebut bisa menjadi dasar kesepakatan di antara dua belah pihak agar tidak terjadi permasalahan tunggakan setelah kesepakatan tersebut. 

Contoh surat pernyataan kesanggupan ini juga wajib diperhatikan guna sah dimata hukum, hingga bila ada permasalahan keterlambatan pembayaran,kedua belah  pihak bisa menerima risiko yang sudah disetujui bersama.

Pada umumnya, surat kesanggupan membayar hutang dan lainnya berisi beberapa hal yang penting untuk disepakati kedua belah pihak. Untuk itu, Justika telah merangkum beberapa contoh surat pernyataan kesanggupan guna mengetahui cara membuat surat pernyataan kesanggupan.

Beberapa Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

Berikut beberapa contoh surat pernyataan kesanggupan yang bisa Anda jadikan sebuah referensi. Penting untuk diketahui, Sebuah surat sah sebaiknya berisi jujur berdasar data yang terdaftar. Disamping itu, penting untuk mengikutkan tanda-tangan dan materai yang berperan memberi kekuatan hukum surat pernyataan kesanggupan.

1. Contoh surat pernyataan kesanggupan bayar hutang

Surat Pernyataan Kesanggupan Membayar Hutang

Melalui mediatoran surat ini, saya yang bertanda tangan,

Nama :

NIK :

Alamat :

Mengatakan ke,

Nama :

NIK :

Alamat :

Jika saya siap bayar sampai lunas kekurangan hutang ke Bapak/Ibu (……..) yang identitasnya tertera di atas. Adapun, jumlah hutang yang perlu saya lunasi capai (angka) (huruf), dan saya bersedia untuk membayar hutang itu selambatnya pada (tanggal, bulan, tahun). Bila datang di tanggal diartikan saya tidak dapat membayarnya, karena itu saya siap disampaikan pada pihak yang berwajib dan dituntut di depan pengadilan.

Begitu surat pernyataan kesanggupan ini dibikin dengan sebenar-benarnya dan pada kondisi sadar tanpa desakan dari faksi mana saja.

(nama tempat),

Saya yang mengatakan,

(Tanda tangan dan materai)

Nama jelas

2. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Bayar Hutang Dengan Jaminan

Surat Pernyataan Kesanggupan Bayar Hutang Dengan Jaminan

Saya yang bertanda tangan berikut ini,

Nama :

NIK :

Tugas :

Alamat :

Mengatakan,

Jika di tanggal (…..), saya pinjam uang sejumlah (……….) dari saudara (…….), dan akan mengembalikannya dalam periode waktu (..) bulan.

Berkenaan dengan utang itu, saya sama ini memberi agunan ke Saudara (……..) berupa(…………), atas nama saya sendiri, (………).

Bila saya tidak bisa membayar utang diartikan sampai datang pada batasan saat yang sudah disetujui, karena itu saya, dengan kerendahan hati, meminta kemudahan ke Saudara (……..) agar memberi keringanan waktu sampai 30 hari.

Tetapi, bila saya tidak juga bisa membayar hutang sampai pada batasan waktu tambahan itu, Saudara (………) memiliki hak mengambil alih mobil saya, memiliki, atau menjualnya untuk membayar hutang saya.

Surat pengakuan ini saya bikin pada kondisi sadar dan tanpa memperoleh penekanan dari faksi mana saja.

Jakarta, 22 Mei 2021.

Yang Mengatakan,

(nama jelas peminjam)

3. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Bayar Cicilan

Surat Pernyataan Kesanggupan Bayar Cicilan

Yang bertanda tangan berikut ini,

Nama : …

NIK : …

Tempat&Tanggal Lahir : …

Tugas : …

Alamat : …

sama ini mengatakan ke,

Nama : …

Tugas : …

Alamat : …

Jika saya betul beli rumah di (lokasi property) secara credit yang diadakan oleh (nama pengembang).

Saya mengatakan jika saya siap dan mampu bayar cicilan tiap (tanggal yang disetujui) sepanjang (masa tenor), dengan cicilan (nilai cicilan).

Bila saya tidak sanggup bayar cicilan bulanan secara tepat waktu, saya siap dituntut dan diolah sesuai ketentuan yang berjalan di (nama pengembang).

Begitu surat pengakuan ini saya bikin tanpa mendapatkan desakan dari faksi mana saja untuk dapat menjadi referensi di masa datang.

(kota, tanggal dan tahun)

Yang mengatakan,

(nama komplet)

4. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Bayar Ganti Rugi

Surat Pernyataan Kesanggupan Bayar Ganti Rugi

Terkait dengan persyaratan dan kewajiban sebagai penyewa rumah, saya yang bertanda tangan berikut ini,

Nama :

Tipe Kelamin :

Usia :

Tugas :

Alamat :

Siap bayar ganti kerugian sejumlah Rp (……..) ke Saudara (…….) sebagai si pemilik rumah bila saya secara sepihak di masa datang menggagalkan persewaan rumah yang sudah dijanjikannya pada 2 Februari 2020 dengan periode sewa tiga tahun.

Bila saya memungkiri isi surat itu di masa datang, saya siap dituntut secara hukum.

Begitu surat pengakuan ini dibikin untuk dipakai seperti semestinya.

(Lokasi, tanggal/bulan/tahun) Hormat Saya,

(materai)

Nama

Itu tadi beberapa contoh surat pernyataan kesanggupan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Dalam membuat surat pernyataan tersebut juga penting memperhatikan beberapa hal tersebut guna tetap menjaga kekuatan hukum yang dimiliki dari surat tersebut.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.